TVS RockZ, Ini Dia Fitur Keamanan Gandanya


Ketika melintas di jembatan penghubung Citrland dengan Matahari Semarang, saya melihat ada stand TVS yang memajang dua unit produknya.

Sebenarnya tidak terlalu menarik, karena produk sudah agak lama juga sudah banyak diulas oleh blogger-blogger dan media lain. Namun karena ada seorang pengunjung lain, saya mengikuti saja penjelasan dari salesnya.

Untuk TVS NeoX3i tidak banyak yang “unik” karena dia hanya menonjolkan kekuatan, ngetesnya ya harus di jalan. Untuk TVS RockZ agak menarik, terutama dengan fitur-fitur uniknya. Yang paling unik adalah adanya MP3 player dan USB port lengkap dengan speakernya. Untuk fitur lain bisa dibaca di postingan Seorang Blogger Papan Atas asal Solo.

Untuk kedua motor ini pernah ada yang nulis katanya material plastiknya kuat menahan beban. Ketika saya tanyakan ke salesnya, dia malah menyuruh untuk mencoba. Saya mencoba sedikit yaitu dengan menginjak spakbor depan dengan satu kaki, sampai melekuk. Dan memang kuat, karena dia kembali semua tanpa ada bekasnya.

Khusus untuk RockZ, yang menarik bagi saya adalah masalah kunci pengaman yang dikatakan kunci ganda anti maling (double anti theft lock). Saya lalu minta ditunjukkan fitur keamanan yang dimaksud.

Kunci standar, untuk memati-hidupkan dan kunci stang.

Engine Cut-Off di bawah jok. Kalo dulu sempat ngetrend buatan sendiri dengan sebutan “Kunci Rahasia”.

Nah ini dia yang unik, mengunci standar tengah lewat kunci jok. Jadi ketika mengoperasikan standar tengah, kemudian mengaktifkan stand lock, maka standar tengah itu akan tetap tegak tidak bisa ditekuk ke dalam.

Untuk yang terakhir, sebenarnya metode ini sudah diaplikasikan di bebek honda sampai dengan Astrea Grand Supra X 125, namun dengan cara kerja manual. Yaitu adanya pelat dan lubang yang memungkinkan dipasangkan kunci gembok. Ketika standar tengah diaktifkan, lalu gembok dipasang, maka standar tengah tidak bisa ditekuk ke dalam.

Foto diambil dari MR.B

Akhirnya terjawab penasaran saya tentang kunci keamanan ganda ini.

Tentang TVS sendiri kenapa kok kayaknya sepi-sepi saja, beda dengan tetangga satu kampungnya yaitu Bajaj yang kayaknya namanya sudah terkenal. Sepertinya karena marketing dan advertisingnya kurang gencar mengiklankan produknya.https://maskurblog.wordpress.com/2010/10/09/tvs-rockz-ini-dia-fitur-keamanan-gandanya/

Atau lebih tepatnya mengenalkan : “Ini lho TVS, motor canggih, harga murah, pabriknya ada di Indonesia dll dll..” Karena selama ini brand TVS belum dikenal publik awam, walaupun pernah menggandeng Iwan Fals yang justru sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Iklan

37 pemikiran pada “TVS RockZ, Ini Dia Fitur Keamanan Gandanya

  1. Iya ya…secara kualitas dan fitur khususnya untuk CUB-nya, sepertinya sudah cukup mumpuni. Tinggal dari segi promosi dan edukasi kepada konsumen nih, kayaknya perlu banyak belajar kepada Yamaha, strategy marketingya saya acungi jempol deh 🙂

    Plus satu lagi dari desain mungkin juga harus pintar menyesuaikan dgn karakter org indonesia, tapi tentunya dengan tidak menghilangkan ciri khas TVS-nya.

    * komentar jadi agak serius (jaim), demi link yg “terpaksa” jadi tersebar luaskan oleh sales warung gratisan xixixi :mrgreen:

    Suka

  2. Bajaj lebih terkenal di kota-kota besar, utamanya Jakarta. TVS kota2 sisanya… begitu yang saya pahami

    Suka

    • @Dnugros
      Lha memanganya di blogmua ada artikel TVS RockZ yah. Itu aku cari di google yang kaluar paling atas ya yang tak ambil.

      @Cak Poer
      kira-kira bagaimana langkah yang harus ditempuh oleh TVS menurut yang anda maksud dengan …..pintar menyesuaikan dgn karakter org indonesia…………?
      btw kok blog http://waroengsebelah.wordpress.com/ masih Hello World

      @Arif rakhman a.k.a Penerjemah
      Tapi di daerah (Jawa Tengah) tetap lebih banyak Bajaj dari pada TVS

      Suka

  3. @ kang MR:
    Wa..curang iki link-e lha kok tambah diumbar wkwkwk 😆

    * IMHO begini mungkin kang (serius mode:ON), untuk CUB sebenarnya TVS bisa mengambil inpirasinya dari desain abs. Revo atau Jupiter-Z burhan yg katanya laris-manis itu, tentunya dengan sedikit modifikasi dan tambahan fitur2 yg sudah di benamkan di CUB TVS sekarang. Nah biar identitas TVS-nya ga ilang banget, selain wajib memasang stiker atau emblem logo TVS 😀 mungkin dari desain muffler, disk rem depan atau velg CW-nya bisa dibuat model khas TVS yg terus akan menjadi common part CUB2 TVS berikutnya atau untuk tipe2 lainnya.

    Mayoritas masyarakat kita itu belum siap menerima sesuatu yang baru dengan cara yg “drastis” (lihat kasus CS-1), melainkan harus dgn cara bertahap, kita bisa melihat metaformosis desain bebek:

    dari pemakaian rem tromol –> cakram
    dari mika lampu sein warna kuning –> bening
    dari letak lampu sein di setang –> tebeng
    dari bagasi cuma muat tools-set –> muat helm full face

    Bayangkan jika ditahun 1995-2000 awal, AHM ngeluarin desain motor HSX-125 yg versi terbaru sekarang, atau Yamaha langsung ngeluarin New Jupter-Z yg banyak lampunya itu, mungkin bisa lain ceritanya kan? 🙂

    Suka

    • @KB
      Wah, kasihan Viarnya, kali di Cilacap dua-duanya zepppiii

      @daris
      Oooo di Vixy ama MX ada juga to, belum tahu aku.

      @Cak Poer
      Wah Mantab ulasannya..
      logis…laziz…dan mantab!

      @Pak C*m*t
      Kurang greget jadi bikin gregetan :mrgreen:

      @Harry Nizam & Darmawan
      Iya tuh, mbok mbajak salah satu orang YMKI hehehe

      @Lekdjie
      Selain penetrasi, juga Bedah, Kondom serta yang terbaru Aborsi…eeeh Abrasi ding 😛 😮 😆 😯

      Suka

  4. Bro Maskur,
    Gw akhirnya beli satu setelah uji coba langsung unit tes yang disediakan oleh dealer TVS.
    Jujur, kalau bicara kualitas, sampai 2 bulan ini belum ada keluhan sama sekali.
    Soal performance, jangan ditanya…puas!!!
    Tinggal masalah daya tahan komponen yang masih menunggu waktu untuk menjawabnya.

    Kalau dibilang kenapa tidak begitu laris, menurut gw itu sangat wajar.
    Untuk dapat laris atau minimal dikenal di segala tempat dan lapisan masyarakat, brand image harus dibangun oleh TVS.
    Ini bisa diraih dalam waktu lama, sangat lama atau mungkin singkat. Tergantung usaha, strategi dan kesabaran TVS.

    Mungkin kalau mau mengejar larisnya saja tanpa membangun pondasi brand image yang kuat, TVS bisa saja menempuh jalur short cut seperti motor-motor Cina.
    Tapi jalan pintas, bertahannya juga dipastikan pintas.
    Jalan pintas menjual laris manis, jual dengan harga rendah agar terjangkau masyarakan golongan bawah (sorry…).
    Tapi harga rendah harus dibayar dengan kualitas rendah, kalau tidak perusahaan gak bisa untung.
    Kualitas rendah, pamor dan brand image juga rendah…lama kelamaan mati.

    So, menurut gw, jalan yang ditempuh TVS dalam positioning produknya sudah tepat.
    Kualitas tetap diutamakan, harga reasonable, mencari celah yang belum dimiliki pesaing (e.g. mp3 & anti theft).

    Tinggal butuh konsistensi dan kesabaran dalam promotion, quality control product, after sales services, menjalin kemitraan yang adil dan sehat dengan dealer motor, perusahaan leasing, maupun jaringan suku cadang, dll.

    Kalau TVS disiplin dan sabar, pelan tapi pasti cita-cita TVS untuk menjadi pemain utama R2 di tanah air bakal terwujud.
    Untuk masuk 3 besar mungkin sulit tapi untuk menggeser Kawazaki menurut gw bukan hal yang mustahil.

    Suka

  5. atas nama tim marketing TVS Semarang kami mengucapkan terima kasih banyak atas review positif dari maskur. . kalau njenengan pengen nyoba test ride TVS RockZ silakan datang ke dealer kami di jl.pamularsih no.71. .
    regards

    Suka

  6. ikut nimbrung nih, aku adalah pengguna sepeda motor TVS versi apache 160 dan minggu kemaren kakakku mebeli juga produk dari TVS yaitu TVS RockZ, domisili aku di Bandung,aku mengenal TVS ini di suatu kegiatan pasar malam didaerah bandung, dan pada saat itu aku dan kakakku melihat ada stand TVS sehingga setelah ak dijelaskan tentang semua profil dan fitur-fiturnya, ak dan kakakku jd tertarik dan membelinya, singkatnya aku dan kakakku pergi ke dealer TVS Kopo Bandung, didealer ak jg liat banyak produk2 TVS termasuk TVS RockZ, saya begitu tertarik dgn fitur2 unggulannya termasuk kunci anti malingnya, dan memang bukan hanya satu atau dua kunci saja yg disuguhkan tetapi tiga kunci sekaligus yang bisa membuat kita tenang klo parkir di luar,selain itu kita juga bisa dengerin musik pada USB port yg tersedia di depan dan gak ketinggalan ada juga port buat ngecas HP,itu yg paling penting buat para bikers yg suka perjalanan jauh dan kita gak perlu repot2 cari listrik, tinggal tancepin saja di port yg sudah tersedia di motor TVS RockZ ini, penasaran? silahkan kunjungi dealer2 TVS dikota anda dan rasakan fitur2 dari TVS…thanks

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s