Pak Harto Pernah Menyamar [KASKUS]


Sekarang ini sedang banyak dibahas tentang penetapan mantan Presiden Soeharto sebagai Pahlawan Nasional. Terlepas dari kontroversi permasalahan yang menyangkut beliau dan Orde Baru, menurut saya beliau termasuk tokoh yang banyak berjasa juga.

Pagi ini saya buka-buka kaskus dan menemukan sesuatu yang menarik. Tidak ada salahnya saya copy paste disini, karena menurut saya ini menarik. Berikut postingannya:

Mengenang 1000 hari wafatnya Pak Harto, saya mau sharing tentang sisi humanis beliau sebagai seorang presiden Republik Indonesia kala itu. Sayabikin thread ini tidak ada hubungannya dengan pro kontra menjadikan beliau sebagai pahlawan nasional. Terlepas dari masalah-masalah hukum yang pernah menimpa beliau, saya yakin setiap orang punya sisi positif dan negatif. Langsung aja gan, cerita ini ane ambil dari sebuah majalah jadul berbahasa Jawa, terbitan tahun 1976. Ceritanya mengenai perjalanan Pak Harto menyamar menjadi rakyat biasa yang berkeliling ke pelosok negeri untuk mengetahui secara langsung kondisi rakyatnya

Ini majalahnya, Panjebar Semangat (baca: Panyebar Semangat), terbitan 4 Desember 1976. Berbahasa Jawa.

Perjalanan menyamar (incognito) Pak Harto ini dilakukan tanggal 17-21 November 1976 ke beberapa daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perjalanan menggunakan kendaraan darat tanpa diiringi para pejabat pemerintah, hanya sekelompok kecil pengawal dan staf. Rombongan kecil tersebut meninggalkan Jakarta menggunakan jeep. Pak Harto hanya didampingi Dan Satgas Pomad Kol. Munawar, ajudan Presiden Kol. Tri Sutrisno, dokter Kol. Mardjono dan Kepala Dokumentasi dan Mass Media Drs. Dwipojono.

Perjalanan Pak Harto menyamar ini menjadi artikel utama di edisi tersebut

Tidur di Pendapa Tujuan pertama adalah beberapa daerah di Jawa Barat, antara lain kabupaten Purwakarta, Subang, Bandung, Garut, Tasikmalaya. Selama di jalan, beberapa kali Pak Harto turun dari kendaraan dan melakukan wawancara langsung dengan para pedagang atau petani. Anggota rombongan tidak ada yang mengenalkan kepada para penduduk tersebut mengenai identitas Pak Harto yang sesungguhnya, sehingga banyak yang mengira pria yang mengajak mereka wawancara itu adalah mantri tani atau mantri pasar. Sebab hal-hal yang ditanyakan oleh pria berbaju batik, bertopi prop dan bertongkat itu mengenai seputar perdagangan atau pertanian. Di kabupaten Purwakarta, Pak Harto singgah dua kali, wawancara dengan petani-petani yang sedang menggarap sawah.

Dari wawancara itu beliau mendapat keterangan langsung dari petani seputar penggarapan tanah, pemakaian pupuk dan hal-hal yang menjadi kesulitan para petani. Ketika singgah di sebuah Puskesmas, beliau menanyakan kepada para perawat mengenai program keluarga berencana dan pengelolaan Puskesmas. Setelah berkeliling seharian, Pak Harto dan rombongan menginap di pendapa Kawedanan Banjar, Kabupaten Ciamis. Sudah pasti kehadiran Kepala Negara yang mendadak itu membuat kalang kabut para pejabat setempat, seperti Camat dan Wedana karena tidak ada satu pun dari mereka yang diberi tahu mengenai rencana kunjungan Presiden tersebut.

Pak Harto dikira seorang Mantri Tani karena menanyakan hal-hal seputar pertanian

Masuk Pasar Di daerah Wijahan Kemranjen Banyumas Jawa Tengah, Pak Harto singgah dan masuk ke dalam pasar menemui para pedagang dan menanyakan seputar harga barang-barangdan keuntungan yang diperolehnya. Dari kunjungan ini beliau mendapat gambaran harga kebutuhan pokok rakyat. Meski sempat menjadi perhatian para pedagang, namun mereka mengira pria tersebut adalah Mantri Pasar yang memeriksa hasil pajak pasar dan cara penyetorannya.

Di pasar, Pak Harto dikira Mantri Pasar

Di Sekolah Dasar Pak Harto singgah di sebuah SD Inpres untuk mengetahui secara langsung kondisi sekolah dan proses belajar mengajar. Ada kejadian unik yaitu ketika beliau mengoreksi kesalahan salah seorang guru ketika menyampaikan pelajaran, namun apa jawaban Pak Guru tersebut? “Memang, ini untuk menguji tingkat keseriusan para siswa dalam menerima pelajaran”.

Di Bank Rakyat Di sebuah Bank Rakyat Indonesia unit desa, Pak Harto menanyakan hal-hal seputar perkreditan untuk petani dan besarnya tunggakan kredit yang belum lunas. Beliau juga memberikan arahan langsung hal-hal teknis kepada pimpinan bank mengenai penanggulangan kredit-kredit dari petani yang masih menunggak. Setelah itu beliau menginap di kantor desa Sendangsari, 30 km sebelah utara kota Yogyakarta untuk persiapan melanjutkan perjalanan berikutnya ke Jawa Timur.

Di Lumajang, Pak Harto meninjau korban banjir

Meninjau Korban Banjir Di Jawa Timur, Pak Harto menyinggahi tempat penampungan pengungsi korban banjir di kecamatan Pasirian kabupaten Lumajang. Beliau juga menengok dapur umum dan merasakan masakan yang akan dikirim kepada para korban. Pak Harto juga memberikan pidato sejenak untuk membesarkan hati para korban banjir yang sedang kesusahan. Presiden juga menganjurkan kepada para korban untuk bertransmigrasi ke luar Jawa, karena dengan bertransmigrasi akan lebih menyejahterakan para petani sebab lahan pertanian lebih luas daripada di pulau Jawa. Seusai melaksanakan serangkaian perjalanan penyamaran ini, rombongan menuju lapangan terbang Abdurachman Saleh, Malang untuk kembali ke Jakarta.

Di sela-sela perjalanan, Pak Harto istirahat sejenak di pinggir jalan kampung. Perhatikan, beliau juga duduk di tanah!

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5676930

Komentar, kalo jaman sekarang ada yang menyamar seperti ini pasti ketahuan, akan banyak beredar spyshot yang ditulis di blog, forum, facebook, twitter dan milis :mrgreen:


Baca Juga

Iklan

50 pemikiran pada “Pak Harto Pernah Menyamar [KASKUS]

  1. Memang lepas dari dosa-dosanya , Beliau itu berjasa membangun Indonesia , banyak yang sudah bikin bangsa kita maju, jadi ingat bapake inyong tahun 1996 beli motor suzuki ternoda cuma 3 juta perak,,,

    Suka

  2. “Namun rakyat tidak heran atau marah. Seakan sudah jamak seorang presiden harus bohong dan buka mulut seenaknya. Rakyat Indonesia rata-rata memang pemaaf dan baik hati. Kebohongan dan kesalahan pemimpin selalu disambut dengan dada lapang. Hati mereka bagai mencari, betapa pun langit makin mendung, sinarnya tetap ingin menyentuh bumi”

    ini adalah kalimat2 terakhir dari cerpen : Langit Makin Mendung “kipandjikusmin” tahun 1968

    tak banyak berubah kawan.. kebaikan hati rakyat Indonesia.. tak banyak berubah.. pelupanya juga.

    Suka

  3. Inget jaman ny orde baru ekonomi keluarga long’s meningkat tajam tapi sayang kaum minoritas keturunan tionghoa seperti kami di larang merayakan hari imlek saat itu 😥

    Untung sekarang udah boleh 🙂
    Ini berkat jasa alm bpk gusdur yg tidak membeda beda kan agama

    Vote alm bpk gusdur sebagai pahlawan 😉

    Suka

  4. bener2 pahlawan…dan presiden kedua terhebat setelah Soekarno..ngk ada tandingannya dah dijaman sekarang :mrgreen:
    Btw Panjebar semangat majalah langganannya Alm Kakek ane…asli isine boso jowo… :mrgreen:

    Suka

  5. Jujur, bagi petani era pak harto adalah era emas (tahun 80-90an pertengahan), dimana terjadi perubahan drastis dalam pengelolaan pertanian yang merubah kesejahteraan petani. Saat itu arah pembangunan pertanian di jawa jelas terencana, namu sekarang peran pemerintah makin mengecil utk pengembangan pertanian, petani cenderung diumbar, sak karepe tanpa dampingan, akhirnya yang kreatif ya maju, yg tdk kreatif ya ndlosor…. coba subsidi pupuk yg cuma 15T aja mau dihapus (padahal utk jutaan petani) sedang penyehatan perbankan yg ratusan Triliun tetap diberikan, padahal hanya buat segelintir orang (bangkir).
    Unek-nek wong ndeso kluthuk….

    Suka

  6. bagaimanapun pak harto telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk kemajuan bangsa indonesia, terlepas dari segala kekurangannya selama memimpin indonesia berpuluh-puluh tahun…

    Suka

  7. pak harto adl paporit ane, josss tenan, dr org biasa tba2 jd org no1 d indonesia…
    Ap benar p harto salah? Kan pengadlan tdk pernah memtuskn! He he he pro orba
    slam kenal ane newbie

    Suka

  8. yang mau lihat kampung halaman pak harto, nanti aku bisa jadi guide, karena aku tonggone pak harto, SMP dan SMA ku juga dibuat oleh keluarga suharto 😀

    Suka

    • @All
      Hmmm..banyak juga yang merasa dia berjasa. Wallahu a’lam apa karena dia memang berjasa atau karena pintar menutupi, namun ada baiknya kita khusnuzan saja.

      @abe
      itulah yang masih terpatri di memori mayoritas rakyat Indonesia, harga2 murah.

      @El
      karena tidak ada yang benar2 mengungkap. Dan yang jelas banyak rakyat yang tidak merasa bahwa dia telah di curangi presidennya.

      @The Wheels of Life
      presiden sekarang, dan juga pejabat sampai tingkat Bupati saja sok-mriyayeni. Feodal banget, kayak kembali ke jaman kerajaan ketoprak.
      Kalo pak Irawan yang ada kans jadi Camat itu jadi pemimpin kayaknya tetap down to earth. Tetep mau kopdar dengan koboys. Vote Pak Irawan for Camat! 😎

      @Mr_Long’S
      Ooo gitu yah, kontradiktif dong.

      @van der syur
      benar benar betul…contohnya ya pemberian parcel kepada orang yang lebih kaya. Jadi kayak upeti saja. sekali lagi kembali ke jaman ketoprak.

      @Kang tri
      Bapakku dulu juga langganan Panjebar Semangat. Walaupun majalah Jatim tapi ada kolom Banyumasan disana.

      @El
      adakah George Bush di http://www.moreorless.au.com/killers/

      @Ndeso Kluthuk
      sekarang pemerintah ngurusinya orang kota. Mau bikin jembatan Selat sunda malah. lahan pertanian dijadikan real estate saja. kalo krisi beras ya beli ke luar. kalo duit kurang ya utang. kan yang nanggung utang anak cucu kelak.

      @Lakdjie
      mmmm nggak sebegitunya kali

      @cak Poer
      Lumajang, daerah mana tuh? :mrgreen:

      @maxsus, isdiyanto, kang_ulid, azizyhoree
      Wah kompakan nih.
      Bukan djisamsoe tapi djamboe bol wkwwkwk

      @Pak Hadi
      ya kan memang orang Djokdja beliau.

      Suka

  9. salut ma pak harto, setiap orang punya sisi baik & buruk. ambil baiknya, jadikan contoh. buang sifat buruknya, jadikan pelajaran.

    Suka

    • @Cerdas
      Ya kita khusnuzon saja

      @Azizy
      Lu majang dimana? :mrgreen:
      Heheheh ya aku tahu walopun belum pernah kesana, sekedar lewatpun (terlalu mencil ya ) 😎

      @El
      Ya Bush dua-duanya lah

      Suka

  10. @mas imam maskur
    “@El karena tidak ada yang benar2 mengungkap. Dan yang jelas banyak rakyat yang tidak merasa bahwa dia telah di curangi presidennya.”
    yah, yang diungkap yang bagus2 aja yak .. hehehe ya kaya gini. :mrgreen:
    “@El adakah George Bush di http://www.moreorless.au.com/killers/
    George bush yang mana ini 😀 yang George Bush atau George W Bush ? tapi tenang mas.. DUA DUANYA ADA !! hehehe noohh ga usah kuatir presiden amerika direnteng jadiin satu wkwkwkwkw kebanyakan kali klo dibikin satu2 wkwkwkwk http://www.moreorless.au.com/killers/us-presidents.html
    KILLER!!

    Suka

  11. sisi terbaik yang ada di Pak Harto adalah…dulu setiap panen, terutama TEBU kalau Madiun, petani langsung iso tuku motor anyar, mangkane simbahku iso ngrasakne Honda Baru dari CB100 sampe GL-PRO :mrgreen: …lha klo jaman sekarang boro-boro beli motor baru, lha wong hasil panen aja buat mbayar hutang pupuk kadang masih kurang…

    Suka

  12. Pak harto ya??yg jelas bg transmigran sumatera,beliau banyak berjasa.ga ky th 2000an,mau trans aja kudu bayar.dulu asal mau trans aja semua yg menanggung kehidupan transmigran selama 2 th yo pemerintah.entah mo korup kek utang kek yg pntg pembangunan dulu jalan terus,rakyat ga susah cari kerja.pak harto is the best for me….

    Suka

  13. Dulu gw ndemo Haji Harto abis2an, skrg gw baru ngerase ngga ada yg sebaik belio, nyamain aja masih jauh. Terlepas segala hal yg ditutupi. Beliau masih yg terbaik. (Aktvs Reformasi 97-98 )

    Suka

  14. Bangga, punya presiden yg mau turun mendekati rakyatnya.
    Prihatin, ternyata saat itu arus informasi sangat terbatas, sampe2 rakyat nggak tahu muka presidennya.. Hehe.

    Suka

  15. Nice artikel mas bro. Jadi terharu bacanya. Kangen punya pemimpin kayak mbah Harto. Bodo deh sama hujatan orang2 ttg beliau. Beli NSR aja dulu 9juta. Tiger cuma 6,4juta. Sekarang..??? Waaaaa gaji berapapun ludes nggak berbekas. Lawong semua mahal amir.Lucunya pejabat dengan enteng bilang…yah nanti normal lagi soalnya sekarang cuaca lagi nggak bagus makanya panen tersendat dan harga naik. Prettt!!!!

    Suka

  16. KANGEN SAMA PAK HARTO…

    – SAMA ISTRI SETIA
    – KALO OMONG DIBUKTIIN GAK SEKEDAR JANJI
    – AMA PREMAN TEGAS, LANGSUNG DI DOR

    ,LHA PEMIMPIN SEKARANG…BORO2 INGET RAKYAT, INGET MA SIKSA NERAKA YANG BAKAL MENIMPANYA AJA NGGAK…!!!

    SESUNGGUHNYA KAUM MUNAFIK LEBIH BURUK KETIMBANG KAUM KAFIR, INI CIRI2NYA :

    – BILA BERKATA DUSTA
    – BILA BERJANJI INGKAR
    – BILA DIBERI KEPERCAYAAN GAK AMANAH

    SAPA LAGI ORANG2 TERSEBUT KALO BUKAN DARI ORANG POLITIK SUPER BUSUK DI JAMAN SEKARANG

    Suka

    • @Amamoto
      sama dulu jaman aku kecil, tiap panen cengkeh apa-apa baru

      @Bogelz
      iya banyak tetanggaku yang jadi transmigran di Suamtra

      @Ari
      wah gossip ya tidak bisa bebas.

      @Joesrr
      Wah! berarti menyesal nih demonya dulu.

      @go
      sepertinya jaman dulu dimana-mana informasi belum secanggih sekarang. jangan kan Tv koran saja tidak masuk ke desa.

      @iwanbanaran
      wah suatu kehormatan dikunjungi blogger ngetrend.
      Itulah yang selalu membekas di hati rakyat. HARGA MURAH

      @haicy & Zaqy
      wah sepertinya sudah pada lupa kata MUNAFIK. artinya juga sudah berubah kerena penggunaan yang salah

      Suka

  17. Segitunya ya pak Harto yang rame dibicarain orang, tapi ko yang keliatan sisi burukknya saja ya,

    Trims om dah berbagi ceritae pak harto.

    Jaman pak harto masih presiden, aku masih belom tau berita, sekolah aja belum,

    Salam,

    One Heart.

    Suka

  18. bagaimanapun juga, faktanya kehidupan rakyat kecil lebih enak saat jamannya pak harto dibanding sekarang. saiki okeh wong pinter, sayange pintere di enggo minterin wong, dadine yo bubrah kabeh.

    Suka

  19. Bagus…
    Gini donggg…
    xixixi

    Saya adalah salah satu pengagum pak Harto…
    Semoga dengan segala kebaikan dan do’a yg
    sudah di-unjukkan segenap kawulo yg men-
    cintai beliau, dapat diringankan segala
    kesalahan beliau….
    Aminnn…

    Suka

  20. Dikala orang sadar, banyak hal baik yang bisa diperbuat, kebalikannya, saat orang mabuk, kejeleka lah yang dilakukan. Termasuk Soeharto yang dimabuk kekuasaan.
    Harap dicatat, bahwa perjalanan incognito yang dilakukan adalah pada kurun waktu kurang dari 10 tahun kekuasaannya.
    Setelah itu, …. hmmm, Mabok dolo ahhhh, hick.

    Suka

  21. ya tahun 1976 pak harto anak anak nya masih kecil kecil dan masih idealis.
    rusak nya kan setelah anak anak beliau ngerti duit.
    hancur lah dia, satu lagi info: Bambang dan Tommy mau bikin mobil nasional dan pakai Hyundai dan KIA, Jepang marah dan kalang kabut akhir nya Jepang telp Washington gimana cara nya utk dongkel pak harto karena kalau mobil nasional sukses Jepang yg berbisnis mobil bakal pulang pakai celana kolor……..
    so runtuh nya Pak Harto bukan karena dia lalai dll, itu Konspirasi International lewat antek antek CIA.
    terbukti sudah bahwa tidak ada 1 pun negara berdaulat di dunia ketika bersinggungan dengan kepentingan Politik Dan Ekonomi pasti di gempur habis contoh Hugo Chaves, Kim Jong Il, Khadafi dan Saddam adalah contoh extrem ketika tikus tikus CIA tidak mampu mendongkel lewat jalan damai, mereka pakai senjata dan agresi militer. Jadi kalau mau bangsa ini mandiri dan kelola SDA demi rakyat harus siap di Hujat sama Asing! siap kah?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s