Tentang Polisi


Polisi, petugas yang satu ini kok kenapa ketika muncul di berita adalah yang buruk-buruk, kelakuan negatif, tukang minta upeti, tukang nyari kesalahan dll. Padahal yang baik juga banyak. Tahukah anda jawabannya?

Jawabannya adalah : Jika polisi baik, itu adalah seharusnya, sudah menjadi tugasnya, jadi normal-normal saja, tidak menarik untuk diberitakan. Jika dia buruk, maka itu adalah sesuatu yang keluar jalur, menarik untuk dibahas.

Tentang polisi, saya belum pernah punya pengalaman negatif. Saya di jalan sering dicuekin polisi malahan. Jika pernah kena tilang, saya akui itu memang saya yang salah. Polisi-polisi yang saya kenal (keluarga, sodara, teman) rata-rata berkelakuan baik.

Ketika di Jakarta, saya salut dengan polantas yang mengatur lalu lintas. Pagi-pagi dia ada di perempatan Mampang, siang di perempatan Duren Tiga, malam di perempatan Imigrasi. Mereka polisi yang bermandi polusi.

Hmmm, terlalu serius, saya sebenarnya hanya sedang mengingat artikel Oom Benny dan membandingkan dengan foto yang saya dapat di Boyolali ini:

Bapak petugas ini menggunakan motor 2 tak Yamaha Super Deluxe. Sekilas tampak terawat, beliau juga berjalan di sebelah kiri, santai dan selalu diovertake bahkan overlap kendaraan lainnya.

Kira-kira dari clue itu, sifat bapak yang satu ini bagaimana ya? 🙂

Iklan

34 pemikiran pada “Tentang Polisi

  1. sabar dan pasrah..lha gimana mau ngebut..motornya segitu doang…xixixi..

    ttg polisi, image ane selalu jelek, soale pengalamannya juga selalu jelek..dari mulai nendang spakbor sampai adu mulut itu sering kejadian oom..

    barangkali polisi di jateng lebih beradab ketimbang polisi jakarta???

    Suka

  2. wah,nek kae,polisi jujur yae,,,,,,,,mtornya jg mtor jaman ora enak hehehehe,tp emang sdh menjadi rahasia umum,kalo kebanyakan polisi ‘seneng’ duit,jd ap2 bs jd sumber penghasil uang,ap lg polantas,tp knapa ya polisi kdang ‘pekewuh’ kalo mo nilang biker cwe????yg ad cuma diperingatin doank

    Suka

  3. di jateng beradab apa Om Ben, kemaren saya ditilang gara2 melanggar lampu kuning kok, pas minta surat tilang dia gak ikhlas nulisnya gitu, dia nakut2i nanti di sidang bisa habis 250 rb, katanya d suruh damai di situ ckup byar 100rb aja…ya aku emohh, mending uang buat negara aja daripada buat Pak Sibagairang

    doakan saya divonis ringan ketika sidang ya..hehehe

    Suka

  4. Kalo saya sih slalu brusaha mnghindar supaya ga da urusan dg polisi, caranya taat thp praturan pmerintah, safety dlm brkendara, mlengkapi diri dg piranti kslamatan ktika brkendara

    Suka

  5. jadi inget pak pol yang sering ke kantor saya mengajukan pencairan dana.. Beliau berdua di bag keuangan polres.. Kesannya rendah hati..

    Suka

  6. dari semua polisi, yang paling kubenci cuma lakalantas. Kalo yang lain kan biasanya pelanggaran/salah kita sendiri (walo kadang di cari2). Tapi kalo bagian lakalantas orang paling hina dina sedunia, sudah orang celaka masih juga dipalak. (pengalaman pribadi)

    Suka

  7. Tetepppp…
    Ada yg baik dan ada yg buruk…
    Semua profesi pasti ada “oknum”nya
    Bahkan pemuka agama-pun juga ada
    oknumnya…

    Saya sendiri punya pengalaman yg baik
    dan buruk dgn pak Pol ini…
    Baiknya :
    Tahun 90 ketika kuliah, motorku HSC700
    ditangkap pak Pol. Dinaikkan pickup trus
    dibawa ke kantor polisi. Bahkan sampé
    8 bulan motor itu disana. Bayangkan
    kondisi motornya…
    Sementara kalo aq pulang ke rumah beralasan
    di pinjam teman dan ijol²an. Setelah punya
    uang (ngumpulkan uang n utang²) aq nyari
    motor n skaligus pak Pol yg nilang.
    Walahhh….
    Motorku ternyata nggak ada ndik parkiran
    kantor Pol itu. Bingung setengah mampus
    aq. Setelah tanya kesana-kemari, akhirnya
    ditunjukkan sebuah nama. Tak cari nggak ada,
    tapi setelah tak hub, beliau ngajak ketemu
    soré hari pas pikét. Sorénya ketemu orangnya
    skaligus motorq. Pangling pol. Bayangkan,
    SuperCup700-q yg asliné gak karu²an (gak ada
    spakbor depan, belakang, knalpot plong, dan
    ke-kemprohan lainnya)…hari itu aq lihat
    mulus ada dek putih plus lampu kota khas
    SC700 dan lampu²nya pada nyala semua…

    Ketika beliau tak tanya, bilang terserah
    untuk biaya penggantiannya (setelah lihat
    KTP n Kartu Mahasiswa). Dengan berat hati,
    saat itu aq bilang trima kasih dan “cuma”
    bisa mengganti perawatan tersebut sebesar
    30ribu. Beliau lgsg masukkan ke saku clana.
    Aq takut kalo dilihat beliau marah…
    Alhamdulillah enggak.
    Akhirnya ya tak tuntun keluar trus tak bawa.
    Senengnya aq saat itu…motor kembali tak
    paké, ke ésokan harinya lgsg tak bawa pulang
    ke rumah untuk menampakkan ke ortu. 🙂

    Buruknya :
    Kurang lebih sama. Malah kalo kelihatan kita
    agak mbandel n mbantah dia juga tambah sok²an.
    Aq sudah ngasih uang, meski memang sedikit,
    dia minta tambah, ya nggak ada. Akhirnya di
    kampus aq punya teman seorang anggota PASKH*S.
    Tak suruh ngambilin SIM n STNKq…
    Gak sampé se-jam, semua sudah balik ke aq…
    Sip tenannn….

    Jadi intinya…
    Semua makhluk di bumi yg disebut manusia,
    ada baik dan buruknya…tidak terkecuali
    Aq yang kadang ngawur dalam ber komén…. 🙂

    Suka

    • @Benny, shark, kompor, haicy
      Sebenarnya image buruk itu ada dimana-mana. kalo polisi jakarta juga ada kebaikannya, seperti aku tulis di atas:

      Ketika di Jakarta, saya salut dengan polantas yang mengatur lalu lintas. Pagi-pagi dia ada di perempatan Mampang, siang di perempatan Duren Tiga, malam di perempatan Imigrasi. Mereka polisi yang bermandi polusi.

      @ladygagap
      mmm mungkin wanita dianggap bawel

      @Tiyo 2010
      like this

      @mercon C & teaser
      heheheh…rata-rata memang begitu

      @Pak Mitra
      seingatku ada spionnya. sepertinya tertutup jaket itu.

      @Cak Wiro
      wah, bagus

      @Kang Tri
      Masa sih, desa mana? kecamatan mana? kabupaten mana? 🙂

      Suka

  8. banyak banget yg mati matian pingin jd polisi. bahkan ada yg sampe stress. memang berat kalau kita dicoba ALLAH dg diberi kekuasaan spt polisi. berat untuk tdk menyelewengkannya.

    Suka

  9. kmrn kapolda diy di koran bilang. kalo lihat polisi tidak ramah. tdk senyum. disuruh motret. yuk lomba spyshot polisi yg tdk ramah.

    Suka

  10. @mas maskur : mungkin bukan katanya lg mas, temen2 yg jd polisi tak tanya semua min 70 juta, yg dbawah 70jt trakhr tmen stm 55jt masuk thn 2003/04

    Suka

  11. Ping balik: ILIKEMETAL « Ahsanfile's Blog

  12. Polisi ada yg baek ada yg ugal2an jg, main pungli seenaknya,
    tanya kenapa……….?
    SEJAUH YANG SAYA TAHU, MAU JADI POLISI ATAU TNI HARUS PAKE UANG BANYAK, PULUHAN SAMPAI RATUSAN JUTA BRO…. MASUK AKPOL SEMARANG, SIAPKAN MINIMAL 150JUTA (MUNGKIN BELUM CUKUP)
    TAHUN KEMAREN SEPUPU SY MASUK TNI AU TAMTAMA, HABIS 65JT, PENEMPATAN HABIS 25JUTA, TANPA UANG MANA LULUS UJIAN WALOPUN BISA…
    SODARA SY YG UDAH DI MARINIR, BIAR BISA MASUK JADI TENTARA GARUDA YANG KE LEBANON 2006, HARUS BAYAR 30JT….
    BEGITULAH POTRET SUMBER APARAT KITA, JADI KALO MENGHARAPKAN APARAT BERKUALITAS N BERSIH, YA…MASIH MIMPI …

    Suka

  13. semua yg melanggar aturan adalah ‘oknum’ bro…
    kita g bisa menilai instansi terkait adalah bobrok(walaupun kenyataan demikian)
    semoga instansi yg seharusnya melindungi, mengayomi kita akan lebih baik kedepannya

    Suka

  14. sebenarnya cermin polisi paling langsung itu benar adalah polantas, maka bagaimanapun prestasi polisi masyarakat menilai bagaimana sikap polisi di jalan raya 🙂

    viva Indonesia police!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s