Honda Riding Trainer


Ketika melintas di dekat Stand Honda yang ada di Citraland Mall, ada sesuatu yang menarik. Terlihat ada semacam alat simulasi, sesuatu yang cukup menarik untuk dicoba.

Begitu datang, si mbak berbaju biru langsung menawarkan untuk mencoba alat bernama HRT (Honda Riding Trainer) ini sekaligus menerangkan apa dan bagaimananya. Let’s try.

Alat ini berupa tempat duduk dan stang yang didesain menyerupai motor. Monitor menggambarkan kondisi lalu lintas yang akan dilalui. Ada juga dua layar kecil kanan-kiri yang menggambarkan spion. Jujur saja ketika duduk, karena bentuk dan posisi tempat duduk, otak langsung nyambung bahwa kita sedang mengendarai “matic”!

Padahal di stang ada semacam handle kompling. Tuas presneling juga menggunakan model yang menyediakan bentuk untuk dicungkil. Jujur saja, otak saya jadi kacau karena merasa style untuk motor sport, dengan posisi duduk matic, namun ternyata pengoperasiannya model bebek.

Pertama kali coba, masih penyesuaian karena memandang monitor, otak langsung nyambung bahwa ini game, kalo game biasanya bawanya kayak matic, gas dan rem saja. Namun dalam simulasi ini kita harus mengoperasikan seperti halnya naik motor bebek.

Walaupun otak belum nyetel, tetap harus dicoba. Di monitor muncul petunjuk untuk start, juga ada display panel speedometer. Kita dipandu dengan petunjuk visual dan audio untuk menyusuri jalan di suatu kota, lengkap dengan rambu petunjuk, kendaraan lain, sepeda juga kondisi semacam orang sedang menyebrang, yang akan menjadikan handicap yang harus kita lalaui.

Saya mencoba 2 kali dan hanya dapat poin B. Yang pertama nilai minusnya melewati batas kecepatan, jujur saja agak sulit mengkoordinasi  antara gas, rem dan presneling, lebih mudah motor beneran. Percobaan kedua, sudah bisa mengendalikan kecepatan (karena cuma pake gigi 1 dan 2), namun dapat minus lagi karena tabrakan dengan mobil yang membelok mendadak.

Lumayan karena mendapat semacam bingkisan kecil berupa sticker, brosur safety riding dan gantungan kunci CS1. Yah sebelum punya motornya, punya gantungan kuncinya dulu :). Padahal jika dapat poin A, ada kesempatan diikutkan undian dengan hadiah sebuah helm open-face.

Bagi yang ada di Semarang, silahkan mencoba karena HRT ini ada di Citraland Mall sampai bulan depan.

Iklan

16 pemikiran pada “Honda Riding Trainer

  1. wakakka seeeepppp

    eh, ngomong2 ujian gini juga berlaku buat bikin sim B2 Umum juga kynya, dulu di Polwil Surakarta pas sodara masih tugas disana ada test buat bus & truck driver. mirip game simulasi & hampir tidak ada yg lulus sempurna 😀

    Suka

  2. Pernah servis di AHASS Wangon eh… nangkring konsole HRT, coba tak naikkin sambil tolah-toleh ke mbaknya, eh…malah ga direspon babar blas (mbok sing ngerti iki lagi kemaruk) :mrgreen:

    Suka

  3. hahahaha….
    saya selalu kalah sama anak kecil…
    maksutnya kalo sudah nyoba (mainin) gak mau gantian dia….terus2 an sampe orang tuanya selesai servis (kebetulan di AHASS sini ada yang masang HRT)

    Suka

  4. bisa setting sport juga mas, nyoba pas di pasific he..he di semprit terus, yg nglanggar kec.lah, jarak trlalu dkat lah

    Suka

  5. Honda Memang care terhadap keselamatan berkendara di jalan raya, cuman itu alatnya sulit banget. soalnya pernah coba juga, kok kondisi di jalan nya sangat nggak tertib banget. BTW mantaplah setidaknya pengin tau juga dapat b atau c?hihihihihihihi

    Suka

  6. Aq nyoba alat diatas…
    Sewaktu kerja bareng anak Tekhnik Unbraw
    dengan Honda…yang saat itu lagi gencar²nya
    ngenalin CS1 dan BeAT, pada tahun 2008.
    Bertempat di Samantha Krida Unbraw.
    Akhirnya 2 motor tersebut juga hadir di
    rumah…
    Sippp…

    Suka

  7. Ping balik: Brosur Keselamatan Berkendara « Learning To Live

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s