Tentang Marking Gambar Di Blog


Artikel ini terinspirasi dari komentar Mr Long’s di artikel Kamen Rider Scorpio Z, tentang pemberian marking di foto/gambar yang kita digunakan di postingan blog kita.

Dalam menulis blog kita sering dan banyak yang mengharuskan adanya tampilan berupa gambar. Kadangkala kita tidak mempunyai gambar yang kita anggap sesuai dengan topik yang kita bahas. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan browsing. Hasil browsing tersebut lalu kita pasang di artikel kita.

Sering sekali suatu gambar itu beredar dari satu situs satu ke situs lain tanpa tahu source asalnya. Mungkin ada yang sedikit “tidak terima” karena tidak merasa dihargai sebagai sumber asli seperti Kentas di blog Iwanbanaran:

Karena itulah banyak gambar di blog ini yang saya pasang marking. Namun awal mulanya hal tersebut saya lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Saya pernah menulis hasil foto tentang Jupiter Z stripping Jorge Lorenzo yang tidak saya marking.
  2. Gambar tersebut dicopy paste oleh blogger lain dengan diberi watermark blog miliknya di postingan INI, dengan menuliskan sumbernya dari blog saya ini.
  3. Ada juga blog lain yang mengambil untuk dijadikan postingan ITU. blogger ini mengambil foto ber-watermak dari blog sebelumnya.

Saya tidak masalah jika foto dari blog ini dicopy di tempat lain, namun jujur saya agak tidak terima dengan penambahan watermark atas nama blog tersebut. Sejak itu saya memberi marking untuk foto-foto yang saya ambil sendiri. Padahal saya juga tidak menderita rugi sama sekali.

Ehm mungkin saya juga pernah melakukan hal yang sama, yaitu memberi watermark terhadap foto yang saya temukan. Mungkin jika pemilik aslinya tahu dia juga tidak terima. Saya minta maaf dan tidak akan saya lakukan lagi.

Tambahan : kalo ada olah digital juga saya kasih marking di tulisannya.

Sebenarnya masalah copy-paste seperti ini di dunia internet adalah hal biasa. Yah lebih baik kita mengambil langkah preventif.

Iklan

21 pemikiran pada “Tentang Marking Gambar Di Blog

    • @Cyber
      kadangkala kita punya gambar, downloadnya udah lama, kita nyimpen di hard disk kita. kan lupa sumbernya. terpaksa dipasang tanpa nyebut sumber

      @Phantomxy
      Blogmy kan gak ada gambarnya wkwkwkwkwk

      @Sigit Jahe
      kalo ambil dari blog lain, baiknya emang link langsung ke sumbernya, tapi kadang link asli itu hilang/di remove sam yang punya. jadi enakan copy paste dan diupload lagi

      Suka

  1. Thanks bro.. ane kadang lupa ngasih watermark di Photo2.
    Malah ada yg lucu, Photo udah ane kasih watermark. Eh di blog lain photonya diterbitkan dengan dihapus watermarknya tanpa ada kata2 menunjukkan sumbernya.
    Mungkin di versi cetaknya juga demikian.. gak tau deh.
    Mudah2an bermanfaat aja deh… :peace:

    Suka

    • @Cak Poer
      Sumbu…udah gak musim pake kompor sumbu…kalo sekarang pepatahnya mungkin
      :”Blogger harus gak gampang bocor tabung gasnya”
      🙂

      @The Wheels of Life
      yah kasih watermarknya yang agak sulit di buang. kalo gambar dari blog ini malah gampang dibuang, tinggak di crop ilang deh
      **waduh malah ngasih tahu**

      Suka

  2. kalo ane ngk keberatan..coz itu menandakan orang lain menghargai karya kita…yg parah pernah ada fotorafer yg upload gmbrnya ke forum fotografer..terus ada yg ngambil…dan parahnya di jual laku 5 jetian..dan si fotografer itu ngk dapet apa2..namun ttp ikhlas dan bangga bahwa gambarnya itu berharga 5 jeti..kadang ikhlas itu susah lo pakde :mrgreen:

    Suka

    • @Lingga & Adjokasep
      Mmmm menghargai tapi jangan diakui…

      @Nick
      kalo aku kadang pas lagi iseng bisa saja membuka alamat yang tercantum di gambar orang lain.

      @Ocho & Kang Tri
      sekedar curhat… 😎

      Suka

  3. Ping balik: Saya Mencuri | Triyanto Banyumasan Blogs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s