Review MotoGP Musim 2010, Jorge Lorenzo Paling Konsisten


Musim 2010 ini MotoGP menghasilkan juara baru yaitu Jorge Lorenzo. Kenapa dia bisa juara dunia? Banyak faktor yang mendukungnya. Selain karena dua faktor utama yaitu Performa motor dan Skill Pembalap yang bagus, tahun ini Lorenzo adalah satu-satunya pembalap MotoGP yang selalu start dan selalu finish.

Tahun ini kita tidak lagi melihat kejadian seperti ini:

Pembalap lain selalu saja ada yang DNF ataupun tidak start. Statistiknya bisa dilihat di image dibawah ini (click to enlarge):

Terlepas dari pendapat sinis yang menyatakan: “J-Lo juara karena pembalap lain sial!”

Namun pendapat-pendapat tentang “sial” tersebut pasti selalu ada di setiap kompetisi. Bisa saja dibilang :

  • “Randy De Puniet sial karena motornya cuma KW3, padahal orangnya lumayan nekad.”
  • “Dulu Doohan juara karena saingannya sial tidak punya motor sehebat NSR500.”
  • “Biaggi tidak jadi juara karena sial, skill dan motornya kalah dari Rossi.”

Kita semua harus maklum, untuk jadi juara itu melibatkan banyak faktor.

Rasanya jika melihat skillnya, kita bisa melihat Lorenzo adalah pembalap yang mempunyai skill tinggi, berani duel di sirkuit dan bukan tipe “drag racer”.  Bukan pula pembalap yang sekedar main aman, namun dia juga berani ambil resiko. Sepertinya orang lebih tidak rela jika gelar juara jatuh ke tangan pembalap yang sekedar konsisten namun jarang juara.

Bagaimana menurut anda?

18 pemikiran pada “Review MotoGP Musim 2010, Jorge Lorenzo Paling Konsisten

  1. Foto di atas adalah 1 dari sekian banyak “aksi” mengerikan Lorenzo jatuh dari motor di tahun pertamanya belajar menjinakkan M1.

    Dalam sejarah MotoGP, belum ada pembalap yang mengalami kecelakaan parah beruntun sampai patah kaki & tangan dalam satu musim tapi berhasil bangkit dan menjadi seorang pembalap hebat, selain Jorge Lorenzo… CMIIW.

    Bukti kekuatan mental seorang juara dunia MotoGP 2010.
    Congratulation Jorge!

    Suka

  2. Gue sudah ngefan sama jlo sejak msh dikelas 250cc. Dia pnya mental n skill yg bagus serta cukup nekat itu yg gue suka. Menurut gue dia bakal jd pembalap terbaik kedua stlh rosi. Coz dg motor yg sama dia berani dan bisa ngimbangi rosi saat head to head, tp syg dia masih kalah pengalaman saja.

    Suka

  3. Yg sy kecewa adl si dovi, pdhl dulu saat dikls 250cc dg mtr yg inferior dia sering bgt fight hbs2an dg jlo. Tp skrg dg mtr yg kemampuanya sepadan dg punya jlo knp dia skrg malah mlempen ya bikin kcw aja.

    Suka

  4. 2011 tahun pembuktian:

    > Honda (HRC) dengan 3 riders, akankah bisa jadi juara dunia? (kalo ga kebangeten :mrgreen: )
    > Lorenzo #99 setting mesin tanpa bantuan Rossi, akankah menjadi the next doctor (paling ga ya setingkat ingsinyur dulu :mrgreen: )
    > Rossi dengan ‘kekasih’ barunya, akankah juga ‘jodoh’
    > ada yg mau nambahi? 🙂

    Suka

  5. saya pernah baca dimana lupa (biografi rossi ?) … dia bilang pembalap crash di tahun pertama itu biasa karena dgn begitu dia tahu tolok ukur kemampuan maksimum motor & pembalap.
    saat tahun 2000 pertamakali rossi masuk GP500, sering sekali dia dlosorr terutama saat hujan tp tahun berikutnya sdh nggak lagi.
    demikian jg lorenzo tahun pertama masuk motogp, jatuh berkali2 bahkan lebih mengerikan tp sumpah anak ini sangat2 bandel & nekatt!! di seri china dia nggak bisa jalan tp nekat balapan.

    Suka

  6. konsistensi tdk datang dg sendirinya. Jorge mempersiapkan diri dg sangat baik, bahkan Lin Jarvis sendiri tdk menyangka kalo Jorge akan tampil sebaik itu..

    Suka

  7. @Cak Poer

    Jutaan fans motogp didunia juga menunggu aksi Ben dan Simonceli dimana tahun ini dg team satellite dia bisa membuktikan kalo dia bisa berada di depan (kadang2). Kita tau dua orang itu punya talenta dan keberanian yang dibutuhkan untuk menjadi juara dunia

    Ben sudah pasti ke team utama menggantikan The Doctor sedangkan Simonceli menurut rumour dia juga akan dapat pasokan mesin yang sama dg yg digunakan Stoner, Dani dan Dovi.

    Kita tinggal berharap semoga Ben, Simonceli, Stoner dan Vale langsung bisa “nyetel” dg tunggangannya masing2 sehingga tahun depan akan sangat banyak rider yg kompetitif sehingga pada ujungnya motogp akan jauh lebih menarik ketimbang tahun2 sebelumnya.

    Khusus untuk Lorenzo tahun 2011 dia akan masih sangat kuat mengingat motor yg digunakan masih sama dg th 2010, apakah cara dia mengembangkan motor sama geniusnya dg Vale baru akan dibuktikan pada th 2012 dimana motogp akan kembali menggunkan mesin 1000cc.

    Bravo Motogp

    Suka

  8. Dari klass 250 Jlo emang dah mantep,setelah doi masuk motoGP Enyong ngejagoin musim ke-2 mesti juara, tp musim 2011 banyak yang punya kans mungkin Dovi salah satu yg layak untuk di plototin, or VR46 dng kekasih baru, atau Stoner …

    Suka

    • Mmm mayoritas setuju kalo JLo memang juara bukan karena “yang lain sial”. Tentang Dovizioso, memang ketika musim terakhir dia di GP250, tampak bisa bersaing ketat dengan Lorenzo dan bisa menggila juga, nemun kenapa sekarang ke”gila”annya seperti hilang

      Suka

  9. 2010 ini emang tahunnya Lorenzo dan Spaniard lainnya…
    terlepas karena cederanya Rossi dan Pedrosa, dia emang konsisten..9 kali menang dan finish terburuknya adalah posisi 4!!
    congrat buat Lorenzo dan Spaniard lainnya…
    tahun depan, dia yg jadi ‘sasaran’ dari rider yg lain..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s