Pakdhe


Hehe…saya selalu tersenyum kalo ada yang menulis atau memanggil saya dengan kata “Pakdhe” . Kesannya saya tuh tuaaaa banget. Kalo anak-anak muda yang nyebut sih wajar. Tapi yang lebih tua seperti Pak Camat, Pak Mitra dll juga ikutan manggil “Pakdhe” .

“Pakdhe” dalam bahasa jawa adalah panggilan kepada kakak laki-laki dari bapak atau ibu kita, baik langsung maupun sepupu. Namun sekarang ini kata “Pakdhe” di daerah Jawa (kecuali Banyumas), sudah jamak sebagai panggilan sehari-hari untuk panggilan akrab. Sebagai sesuatu yang dianggap lebih sopan daripada nyebut “kowe” dan lebih santai daripada “Sampeyan” atau “Njenengan” . Yah sama dengan panggilan Boss, Bro, Sob, Juragan, Kang, Cak, Lik dan sebagainya.

Tidak ada masalah sih, cuma herannya kok panggilan “Pakdhe” itu sepertinya cuma mengarah ke saya ya? Padahal masih ada Pakdhe Bonsai atau Pakdhe Wiro yang lebih pantas. :mrgreen:

Sebenarnya siapa sih yang memulai kok saya dipanggil “Pakdhe” . Tak lain tak bukan adalah foto ini, lengkap dengan berbagai julukannya.

(hari ini tidak online, jadi post via email)

Iklan

31 pemikiran pada “Pakdhe

  1. @rifqi
    Rika…ya boleh..lha banyumas asli .
    @ridertua
    pokoknya lebih muda dari Pak Camat, Pak Hadiyanta, Pak Taufik, Pak Nadi, Pak Edo, Pak Triyanto, Pak Triatmono, Pak Mitra…
    tapi lebih tua dari Alrozi, Kentas, Adicuzzy, Rifky Mercon, Alvian, Dnugros
    Seumuran dengan Ady Dhuwur lah.
    @Pak Nadi
    Nggih mbah kung…
    Lha dirimu kan orang kota, ngaku-aku orang desa…

    Suka

  2. :mrgreen: leres, Pakdhe… ngakak dulu… wkwkwkwk… tapi bener lo, Pakdhe itu julukan bagi orang yang “dihormati” karena ilmunya… makanya dulu tidak salah khan kalau ada istilah; MASKURPEDIA… maksudnya itu, Pakdhe… :mrgreen:

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s