Parameter Performa Motor


Ketika membahas kemampuan suatu motor, ada paramete-parameter tertentu yang digunakan di dalamnya.

Parameter-parameter tersebut menjadi pertimbangan orang untuk menilai kira-kira seperti apakah karakter motor dimaksud.Parameter pertama yang menjadi acuan adalah kapasitas mesin. Parameter ini diketahui oleh orang awam sekalipun. Orang akan mempertimbangkan apakah membeli motor 100 cc, 110 cc, 125 cc atu 150 cc dan seterusnya. Gambaran umum adalah : “makin besar kapasitas mesin maka makin besar tenaganya, makin cepat larinya.”

Parameter selanjutnya, adalah Power Maksimum dan Torsi Maksimum. Jika ada dua motor dengan kapasitas sama, barangkali power dan torsi jadi pertimbangan selanjutnya. Kesan yang didapat secara awam adalah: “makin besar power dan torsinya, makin kuat membawa beban dan makin kencang.”

Selanjutnya adalah karakter bore dan stoke. Orang bisa mempertimbangkan apakah akan memilih motor yang oversquare (overbore), undersquare (overstroke) atau square. Konsumen yang mempertimbangkan ini adalah yang mengetahui mesin walaupun mungkin sedikit. Secara sederhana karakter bore dan stroke berhubungan dengan putaran mesin, baik untuk mencapai power atau torsi maksimum.

Parameter-parameter di atas adalah bisa dikatakan parameter di atas kertas, dan merupakan gambaran secara sederhana (tidak detail).

#penulis bukan pakar mesin, hanya pengamat#

Iklan

23 pemikiran pada “Parameter Performa Motor

  1. parameter performa mesin ada dirangka!! segede apapun mesinnya…kalo tenaganya kecil rangkanya ya biasa ajah…lihat sepeda mesin jaman awal 1900-an…meski 1000cc tenaga dikisaran 7dk…rangkanya cukup frame sepeda!! di era sekarang mesin 150cc tenaga bisa 21dk…rangkanya gak jauh2 dari model2 delta box,perimeter ataupun tipe2 rigid yag lain….

    Suka

  2. Nanya pak, parameter ini ditujukan untuk speedfreak, sport, harian ,dirtbike atau motor tua pak? kalo teknologi yang diusung, apa bisa dijadikan pertimbangan? misalnya sama2 motor sport, motor BSA 600 cc dengan CBR 600, sepertinya oke yang CBR karena teknolginya itu CMIW

    Suka

  3. @yponk & Danan
    Wah kalo itu sih sepertinya sudah lebih advanced pengetahuannya.
    @anto
    Dalam hal ini orang mau beli motor baru.
    @pak darmawan.
    Dalam hal ini untuk harian. Dimulai dari level orang awam..

    Suka

  4. Ping balik: Parameter Performa Motor (2) « Learning To Live

  5. “makin besar kapasitas mesin maka makin besar tenaganya, makin cepat larinya”..menurut saya pernyataan ini tidak selelu benar..bandingkan aja org kurus dengan orang gemuk

    Suka

    • tidak ada prbandingannya antara manusia dngan mesin.

      mesin di rancang dengan tehnologi pasti, bukan kira”……
      mesin besar tapi speknya kendaraan armada atau harian memiliki batasan limit,untuk mejaga umur mesin tahan lama sesuai power max yg d rekomendasikan pabrikan.

      lain halnya dengan mesin kecil namun dengan spek sport,atau racing yg tidak memiliki batasan power n speed….

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s