Kesan Saya Tentang Suzuki FXR


Suzuki FXR 150. Mendengar nama ini saya jadi ingat artikel di Kafemotor yang menyebutnya sebagai sebuah mahakarya atau masterpiece. Tidak berlebihan kiranya disebut demikian karena fitur dan teknologi yang diusungnya sudah tergolong advanced di jamannya. Apalagi didukung fakta bahwa di Indonesia, motor bermesin 150 cc DOHC ini hanya ada dalam jumlah yang terbatas.

Saya tidak akan membahas secara teknis tentang motor ini, nanti dibilang Nguyahi Segara. Cukup kesan saya terhadap motor ini saja yang akan saya tulis.

Saya pertama kali melihat motor ini di Solo. Suatu malam di tahun 2002 saya membonceng teman saya naik Astrea Grand Impressa. Melintas di sekitar depan Lapas Solo, di tengah kerumunan motor, ada yang menyalip dari sebelah kanan, motor berfairing bermerk Suzuki bermotif mirip Motor Telefonica Movistar-nya Kenny Robert. Wah motor apalagi ini, pikir saya.

Karena banyak kendaraan (malam minggu) kita jadi seperti jalan berjejeran sampai dengan Gladak dengan kecepatan rendah. Selama itu saya bisa memperhatikan motor sport fairing ini. Monoshock, velg racing, lengan ayun kekar, bentuknya seperti motor balap, speedometernya menyala berwarna jingga dengan display digital. Benar-benar canggih!

Lihat blok silindernya…walopun tertutup half fairingnya, namun terlihat bahwa motor ini sileindernya besar. Rangkanya juga kotak dan besar, yang disebut deltabox. juga tertulis DOHC yang biasanya dipake motor-motor besar. Wah top banget nih Suzuki. Bahkan setelah lihat dari sisi kanan, ternyata lengan ayunnya berbentuk melengkung yang dikenal dengan model pisang, yang banyak menjadi model modifikasi di tabloid.

Jaman itu sedang booming motor-motor CBU dengan harga selangit. Honda dengan Nova Sonic serta Nice, Yamaha dengan Tiara, Touch dan 125Z, Suzuki dengan Raider 125, Cool dan FXR ini. Kenapa Suzuki kok kesannya racing banget, pikir saya. Dulu cuma RGR motor sport fairing yang serius dijual di sini, NSR pun terkesan tidak serius. Tambah lagi Suzuki juga sedang merajai rodarace dalam negeri dengan RG Sports di kelas 2 tak dan Shogun 110 di 4 tak.

FXR ini benar-benar mendahului jamannya dengan fitur canggih dan performanya. Sayang motor ini mati muda. Berbahagialah anda para pemiliknya. Anda mempunyai barang antik, langka dan memang benar-benar masterpiece.

==============================================

Tambahan, karena dulu saya hanya kenal motor bebek, maka melihat lampu motor ini kok mirip lampu Yamaha Jupiter. Setelah Jupiter keluar versi burung hantu terus saya berpikir gimana kalo lampu depannya diganti dengan lampu bersorot tajam ini, pasti makin gahar. Kurang lebih seperti ini:

Menurut saya aksen bulat tajam akan membuatnya lebih terasa hidup.

Iklan

60 pemikiran pada “Kesan Saya Tentang Suzuki FXR

  1. ➡ sampai sekarang Pakdhe FXR motor terbaik di kelasnya… pernah lihat spek pabrikan tenaga mencapai 20 HP, belum lagi speedometernya itu looo… mulai odometer, bensin, takometer, adalah digital… dan red line sampai 14.000 RPM… 😳

    body-nya juga keker, dan katanya monoshocknya empuuuukkkk… :mrgreen:

    Suka

  2. @Kang Propus
    Selamat datang kang..kemana saja…eh Mocin apa?
    @Tiyo
    hunting apa? jangan2 dia ke AHM mau protes! 🙂
    @Beny
    daripada tidak sama sekali.
    @arif rakhman
    maksud “kurang intimidatif” itu bagaimana?
    @Amamoto
    iya benar..ikut berburu nggak
    @Nick
    Titan full silver, kalo FXR hitam dengan cover pelat warna silver…jadi beda banget 😦

    Suka

  3. masa itu rasanya motor-motor yang dijual masih banyak yang “kencang”…maskipun rata2 CBU dan harganya lumayan…kalo sekarang paling cuma ninja dan FU150 yang beneran punya image kencang..meskipun sekarang lebih beraneka ragam (sport-skutik-betik-bebek)

    Suka

  4. inget bener waktu ngeliat pertama kali motor ne, kesannya mewah n’ paling gagah dari motor sport laen pada waktu itu. tapi sayang didiskontinue, karna ga banyak yang beli. kalo sekarang di brojolin lagi, wuih..!!! ga kebayang larisnya kayak kacang rebus kali..

    Suka

  5. kalo gak salah dulu 23jt-an barunya
    sewaktu motor batangan yg lain berkisar antara 14-17jt hehehe
    mantab, tapi saya malah di belikan GL padahal minta Rx-king lho? Gak nyambung hehehe

    Suka

  6. sori bro ane pernah naik nih motor kok terasa berat banget klw mulai jalan, jdi pegel di tangan klw macet, lebih berat dari cbr aplgi sma vixi, putaran atasny sih mntep, tpi klw awalny itu lho berat banget kayak boncengin dua orang di belakang rasanya…, apa karena karakter dohc bgitu bro, mf mhon pncerahan…

    Suka

  7. Sy jatuh cinta pd motor ini wkt ngliat di tabloid otomotif thn 1999 silam. Wkt itu beritanya FXR bakal segera launching. Bahkan tabloid otomotif smpt nyebut motor ini sisipit mata kelinci. Namun sayang krismon mengurungkan niat bapak sy buat kasi kado spesial hehehehe.

    Motor ini bs dibilang maju 10thn pd jamannya, bahkan hingga skr motor ini msh sgt cantik dan canggih. Bahkan spidonya sanggup mencatat top speed tertinggi yg pernah diraih.

    Cuma sayang…motor ini lahir pada waktu yg salah. Kasusnya sama spt ymh TZM150 yg lahir pd waktu yg salah. Smp sekarang kedua motor tersebut msh terlihat sgt cantik dibandingkan dg motor2 batangan yg berkeliaran dijalan jalan.

    Suka

  8. motor ini mang cantik bro,racing abis,tp tetangga ane pya nih motor sperpart nya audubilah mahal amat dan jarang,ampe mau d jual susah,klo dah cinta sih lain ceritanya ,biarin mahal ,apapun dilakukan

    Suka

  9. @arif vixion
    karakter sport murni emang gitu bro
    janganken yang 4 tak, yang 2 tak macam nsr aja galaknya kalo rpm tinggi kok, kalo rpm rendah mah beraaat…
    vixi kan cenderung ke motor harian

    Suka

    • Sebenarnya banyak yeng tertarik motor ini ternyata.
      Masalah onderdil mahal sepertinya itu konsekuensi dari motor langka dan high-class.
      Masalah akselerasi awal sudah banyak yang mengarahkan, antara motor berkarakter sport dengan daily-use memang beda.

      Suka

  10. Ping balik: Suzuki FXR dan Satria FU sama-sama 150cc Kok Power Beda Jauh? « Motor Balap | Balap Motor

  11. ➡ alhamdulillah…

    39. sabdho guparman
    Masbro,di Kebon Jeruk 7 banyak kok sparepartnya… Insya Alloh mau mampir… :mrgreen:

    Sukses yak buat semuanya… SEMANGAT!

    Suka

  12. ikut nimbrung 😀
    setahu ane bukan mati muda tp fxr basicnya pasar international n suzuki indonesia mau masok tp cuma di kasih jatah 550 unit brcampur antara cbu n ckd, kalo diluar fxr brjibun kek brazil, argentina, newzeland, malaysia, thailand,
    knp cuma 550 unit? krn fxr mahal bgt di tahun 1999 yg waktu kondisi ekonomi kita lg fase krisis sampe turun jd 24jt di tahun 2004 yg versi keny robert
    seandainya fxr skrng reborn dgn harga 25jt pun pasti laris
    lumayan kenceng neh motor bisa ngbuntutin jarak 1.5m ninin RR walaupun ga bisa nyalip:D

    Suka

  13. @vickytrack , maksut ane kalo di test bareng fxr standar hanya sanggup ngebuntutin dgn jarak 1 ampe 1.5m dibelakang ninin di trek 1km, udh itu ga bisa nyalip kecuali bore up hha,
    cobain dah pinjem fxr sapa ke n ninin temennya pasti ketagihan hha..
    @maskur , ya gtu deh mas krn dulu lg krisis takut ga laku jd dijatahinnya sedikit hhe, pdhl skrng orang kita udah mampu beli ninin 250, bahkan moge bersurat, seharusnya suzuki melek, n masukin gsxr 125 yg jd isu di eropa, dr mesin, kaki2nya fxr abis cuma bodinya yg beda

    Suka

  14. @Sanrui ,thn 2007 sudah saya tes bro ,saudara saya pake FXR versi KR gue pake RR Thailand sama-sama masih standar dites di jalan yg gak lebih 1km tetap RR menang dari start jauh bgt juga ktinggalannya sekitar belasan meterlah ,sory bukan bakar-bakaran ane hanya penggemar motor piss ..

    Suka

  15. @Vickytrack wah hasil resultnya beda2 ea hha,
    emang ni motor unik bro bawahnya berat krn ni motor maen digasingan yg tinggi, selain DOHC, stroke motor ni pendek dah gtu ditambah karbu vakum pula, jadi kalo yg maen asal bejek yg ga keluar tenaga badaknya hha
    jangankan sama rr sama sodaranya satria z bisa di asepin hhe,
    thanks bro sharenya hha ane n lainnya cuma berharap supaya ni motor reborn, biar sparenya turun harganya, wkwkwk, masalah ketersedian ga sejauh ni ga masalah krn rumah ane deket sama pabriknya hhe, tp mahalnya itu loh

    Suka

  16. Oia tambahan neh, fxr tahun 2003 atau yg ver kr berbeda spek sama fxr yg keluaran awal yg tahun 2000, dr mesin di gear primernya beda mata, ga tau knp pdhl sama2 fxr hhe selebihnya sama..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s