Pilih Broadband, Tentukan Tower Terdekat Rumah


Sedikit sharing di bidang sendiri.

Internet bukanlah barang istimewa karena sekarang dimanapun kita bisa browsing selama masih terjangkau sinyal. Operatorpun sudah banyak menawarkan paket Broadband dari yang GSM sampai CDMA.

Dalam memilih paket broadband biasanya kita melihat faktor harga dan quota. Namun ada satu faktor lagi yang perlu dipertimbangkan adalah jarak tower dengan tempat tinggal kita.

Akan percuma kiranya jika anda sudah membeli paket Broadband namun kecewa kerena level sinyal yang kita dapat ternyata mengecewakan.  Secara sederhana kita bisa membuat sebuah perkiraan, jarak optimum antara tower dengan rumah kita untuk mendapatkan sinyal yang bagus kurang lebih 1 km.

Jika anda bertempat tinggal di kawasan padat penduduk atau masih di dalam kota biasanya tidak jadi masalah dengan sinyal. Karena di kota jarak antar tower tidak terlalu jauh. Jika anda berada di luar kota, semoga sedkit sharing ini bisa membantu.

Ciri Khas Tower

Menurut pengalaman saya, kebetulan di wilayah Jawa Tengah-DIY, setiap Operator mempunyai ciri khas masing-masing di towernya. Mayoritas tower di luar kota towernnya tipikal, memang ada beberapa yang susah dibedakan karena tower khusus.

Sebagai contoh:

Tower Telkomsel bisa diketahui dengan warna pagarnya yang berwarna biru.

Untuk tower Indosat secara garis besar mempunyai bentuk seperti di bawah ini:

4 Legged tower dengan mounting antenna seperti di atas adalah ciri khas tower indosat.

Untuk Excelcom, juga mempunyai ciri tersendiri:

Mayoritas tower XL menggunakan 3-legged tower. Baik yang dicat maupun tidak. Ciri khas lain adalah mounting antenna yang berlengan panjang, seperti Indosat tapi berbeda.

Sebenarnya ada faktor lain yang berperan, seperti azimuth (sudut tembak) antenna, ketersediaan 2G/3G dan sebagainya. Namun satu faktor ini patut dipertimbangkan.

Karena keterbatasan (ide mendadak) waktu barangkali itu dulu yang bisa saya share.

Bonus :

Tower Indosat bersebelahan tower XL

33 pemikiran pada “Pilih Broadband, Tentukan Tower Terdekat Rumah

  1. Wah, berguna ini..
    Nah, trus nyari towernya kemana ya =.=a

    Trus itu yang gambar bawah sebelah kanan punya XL
    Sebelah kiri punya Indosat bener ndak om?

    Suka

  2. @Lekdjie
    Lek… Justeru MAESTRO tower Internet dan kawan-kawan itu ya Pakdhe… Bener kok kalau Pak Kepala Suku itu ahli Tower, tetapi tower TV…

    Oya dulus aya melakukan speedtest dulu Pakdhe… setelah operatornya nyampe rumah dan saya yakin, ketebus degh SMA^T EVDO… :mrgreen:

    Suka

  3. Rumah gue d daerah,tp 50 m utara rumah ada tower frend,50 m selatan rumah tower three,150 m utara rumah tower indosat,1km barat rumah giliran telkomsel,2km selatan rumah ada XL,jd rumah gue termasuk strategis nich,xixixi

    Suka

  4. kenapa XL kebanyakan 3 legged? mungkin karena XL sudah di akuisisi perusahaan malaysia (axiata), yg mana malaysia terkenal dgn produk tower 3-legged nya yang kuat & terpercaya, kalo bikinan lokal kebanyak 4-legged, cmiiw

    Suka

    • @Ferdian
      Tepat sekali, tapi sayang ini bukan kuis berhadiah

      @Alrozi
      bukan maestro, kebetulan jadi kuli di per-tower-an, jadi tahu.

      @Darma
      Biasanya tower memang ngumpul.

      @Cak Poer
      Analisa yang tidak salah, tapi belum tepat….Tower memang ada beberapa macam desain. Antara 3 legged dengan 4 legged ada kelebihan masing-masing…tergantung selera sih…
      Pengguna 3 legged tower bukan hanya XL. tapi juga HCPT (Three), NTS (AXIS) juga mayoritas 3 legged. Bahkan Telkomsel-pun ada yang menggunakan 3 legged tower. Silahkan cek tower telkomsel di Somagede (pertigaan pasar), Kemranjen (timur Wijahan), Bukateja…atau kalo sering naik bis di timur terminal Purworejo juga ada telkomsel 3 legged.

      Suka

  5. @kang MR:
    tower di TX ku juga mayoritas 3 legged, terutama TX-TX lama, kalo yg baru2 kebanyakan pake yg lokal punya

    Kapan2 munggah tower TX ku ya kang, approx 100m 😀

    Suka

  6. xixixi nyapo, ada kejadian yg tidak mengenakkan kah? :mrgreen: aku juga udah lama ga pernah naik nih, pasti sudah ngosh-ngoshan nyampe tengah2, jarang olah-raga je…yups ditunggu kabar selanjutnya, 😉

    Suka

    • @Cak Poer
      yah seperti itulah kurang lebihnya.
      @Pak Bon
      Bisa jadi karena pemakainya banyak. Soalny menggunakan sistem share, jadi makin banyak pemakai makin lambat. tahu sendiri kan telkomsel itu pelanggannya buanyak. manruh modem di atas adalah mengurangi jarak.
      @cyber
      Dimana, banjar?

      Suka

  7. kaki 3 sebenernya buat cost effesiensi saja, klo dengan 3 kaki saja sudah kuat, buat apa bikin 4.
    bayangkan berapa cost yg bisa dihemat. ada ribuan tower dan truss bertambah.

    Suka

  8. takon : Pak Bons naruh Modem di langit, sinyal dadi bagus, kalo paralel Speedy paling panjang brapa meter Den ? Terus ngaruh ga ke sinyal ? 1 maning, apa modem hp smart nek ditaroh nang nduwur dadi apik ?, terus maksimal jarak hp modem ke PC pira ?

    Suka

  9. Lalu, kapasitas BTS kira-kira berpengaruh atau gak ya. Sebab, kalau tinggal di kawasan padat penduduk, khawatir gak kebagian bandwitdh. Apa lagi kalau pas lagi ol semua.

    Suka

  10. @Raiderobie & Kang Jamin
    maaf pertanyaan anda sudah berkembang ke bidang lain….
    @Pak Irawan
    Wah kalo ada fotonya ya…CDMA tidak punya ciri khas tertentu di towernya. Kecuali Flexy tentunya.
    @Woman
    dari info yang saya dapatkan…jawabannya iya.

    Suka

  11. ngomongin Tower.
    kalo aku cari rumah yg paling deket ama Tower. (aku kan krj di WISP..)

    kalo jauh dari Tower.. repot nyari signalnya.
    apalgi kalo udah cape naik, pasang, eh ga dapet Signal… (Cepek dwehhh)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s