Kalo Mempermudah Jangan Setengah-setengah Dong


Kali ini saya ingin membahas masalah fitur indikator motor yang tiap hari kita pandangi, dalam hal ini adalah indikator lampu sein.

Indikator sein dalah fitur penting di motor, dengan piranti ini kita bisa mengetahui apakah sein kita sedang dalam posisi menyala atau tidak. Tujuannya jelas untuk mempermudah pengendara. Namun kenapa pabrikan ada yang mempermudah namun setengah-setengah?

Idealnya, karena sein itu kiri kanan, indikatornya juga kiri kanan. Beberapa motor cuma menanamkan fitur ini cuma satu, buat mewakili kedua sein.

Dengan cuma indikator yang hanya satu, memang pengendara jadi lebih berpikir. Namun ketika berkendara sebaiknya kita tidak terlalu banyak pikiran.

Memang produk-produk terbaru sudah banyak yang merevisi hal ini. Ada juga yang konsisten dari dulu menerapkannya. Semoga ke depannya semua motor menggunakan 2 indikator sein.

Iklan

43 pemikiran pada “Kalo Mempermudah Jangan Setengah-setengah Dong

  1. mekipun cuma satu, kalau nyalanya jelas dipanah kelihatan, menurut ane jg gpp pakdhe..he..he..
    tp memang klo siang kan suka agak susah lihatnya karena terlalu terang jadinya bingung… tapi kalo malam sih ga masalah :mrgreen: :mrgreen:

    Suka

  2. Seingatku dulu ada product yang di tambahin spiker kecil atau apalah sejenisnya yang ngeluarin suara klo lagi nyala lampu seinnya, klo ga salah F1ZR . Ada lagi info, saya pernah baca klo di Thailand malah product motor yang masuk ga boleh ada saklar on/off buat head lampnya, jadi lampu depan begitu mesin nyala lampu ikut nyala, mungkin hanya ada saklar jarak jauh/deket saja. Kenapa di Indonesia ga diterapin peraturan kaya begini ya hanya undang undang saja yang mengatur lampu motor siang malam harus dinyalakan, ujung2nya pengendara lupa, bandel berakhir dengan tilang berujung duit. Apa emang sengaja ???

    Suka

  3. @#99bro
    punyaku 100% ok

    kilk kanan indikator kanan ngedip
    klik kiri indikator kiri ngedip..

    makanya beli kendaraan ingat

    hehehe.. bro99 cek dulu lampu seinnya, turun dari motor nyalain lampunya, siapa tau indikatornya doang yang nyala heheee peace….
    Langkah ini jarang di lakukan oleh biker kecuali oleh montir benkel resmi.

    Suka

  4. Maaf, sedikit OOT Pad’dhe, motor bebek jaman dulu kayak Honda C-70 ada speaker pd seinnya, jd kalo belok sein dinyalain jadi bunyi… Kredit…kredit…kredit.. Wkwkwk…mungkin karena malu motore dibilang kredit kalo sein bunyi bgitu, lalu pabrikan mendelete fitur speker tsb ;-( . FYI (for your opinion) Pa’dhe, di Honda 800 dulu jg da edisi spesial dg fitur indikator pengganti oli pd panel spidometernya…tapi… Lagi..lagi…fitur td dihilangkan pd varian brikutnya…cmiiw

    Suka

  5. Yang parah lagi ada yang pakai warna nggak standar…
    Ada motor yang penunjuk giginya ijo.
    Lha ini kalau terjadi pada yang buta huruf atau yang ngalamun kan taunya netral…

    Suka

  6. Mungkin ini berhubungan dengan masalah harga jual, karena menekan harga adafitur2 yang berfungsi ganda di hilangkan meski tidak terlalu hilang esensi dari indikator lampu sein. Tapi kalau aku sendiri juga setuju dengan indikator yang di kanan-kiri 😆

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Suka

  7. Hehehe….iya juga sih pakdhe. Kebetulan bebek saya juga indikator seinnya cuma satu :mrgreen:
    Contoh kasus:
    Pas lagi berenti dilampu merah,saya pencet tombol sein ke kanan, soalnya mau belok kanan. Setelah agak lama, suka kepikiran, eh….ini seinnya bener nyala yang kanan ngga ya? Akhirnya buat mastiin, saya pencet lagi tombol sein kanan. Kerja dua kali deh :mrgreen:
    Dan ini lumayan sering terjadi :mrgreen:

    Suka

  8. Kalo habis pake motor ber indikator sein 2 ke yang cuma satu kadang kagok.
    Kita pake mikir lagi.
    Naik motor itu kalo bisa kan serius mikir manuver dan medan serta kendaraan lain atau objek lain.

    Suka

  9. Kutip 33. Maskur
    “Kalo habis pake motor ber indikator sein 2 ke yang cuma satu kadang kagok.
    Kita pake mikir lagi.
    Naik motor itu kalo bisa kan serius mikir manuver dan medan serta kendaraan lain atau objek lain.”

    Setuju, saya pas minjem MX temen saya bingung kok sen nya dikiri mulu yang kedip-kedip. Ternyata cuman 1 indikatornya, namanya berkendara kan gak mungkin saya merhatiin speedo mulu.

    Tapi kayaknya ini juga untuk menghemat tempat speedo. Shogun yang FI, indikator sein nya jadi di tengah. Kiri sama kanan nya(varian standar itu jadi sen) jadi Indikator FI dan lampu Dim

    Suka

  10. setuju aku karo pak dhe. . .
    biar biker fokus ke jalan aja , ndak usah mikirin tetek bengek di dasboard.
    sen kiri ya lampu kiri. . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Suka

  11. Mau 1 kek… mau 2 kek…tetep aja gw sering lupa, apalagi pas dilampu merah nyalain sein udah 1 menit yang lalu…pikiran dah kemana2 jadi lupa…sampe rumah baru tau kalo sein lupa matiin…kalo pake helm fullface dijamin kalo gak kebeneran nunduk tu dashboard baru keliatan, yang bener dulu yamaha pernah pake fitur bunyi tit…tit…tit..kalo sein diaktipin tapi fiturnya sekarang diilangin karena dianggap kurang sopan dan mirip suara truk mundur(jadi malu sendiri kalo ngesein mo belok)saran gw buat pabrikan fitur ini diadain lagi tapi bunyinya diganti..ri..ri..ri atau nan..nan..nan atau seperti motor bajay kalau belok mati sendiri kalo belok.

    Suka

  12. bos gw da kedala nih………………???
    mtr skywave ane kendalanya kalau mesin hidup trus lampu dinyalakan mesin mati dan klau keadaan lampu nyala msin di nyalakan ga mau nyala tp klau lampu mati mesin gmpng nyalanya,apaaanya yah boooooos………..tlongin ane nih ane bingung……………

    Suka

  13. @6. cihanshans – Februari 6, 2011

    Seingatku dulu ada product yang di tambahin spiker kecil atau apalah sejenisnya yang ngeluarin suara klo lagi nyala lampu seinnya, klo ga salah F1ZR . Ada lagi info, saya pernah baca klo di Thailand malah product motor yang masuk ga boleh ada saklar on/off buat head lampnya, jadi lampu depan begitu mesin nyala lampu ikut nyala, mungkin hanya ada saklar jarak jauh/deket saja. Kenapa di Indonesia ga diterapin peraturan kaya begini ya hanya undang undang saja yang mengatur lampu motor siang malam harus dinyalakan, ujung2nya pengendara lupa, bandel berakhir dengan tilang berujung duit. Apa emang sengaja ???
    ===========================================
    dulu ribut-ribut masalah AHO ente kemana aja bro… bertapa ya???

    Suka

Komentar ditutup.