Knalpot Bising Jika Ditinjau Dari Segi Sosial


Tentang knalpot bising sudah banyak yang meributkan sejak lama. Yang masih hangat contohnya seperti yang diulas Pak Edo di artikelnya.

Jika kita lihat dari segi sosial, permasalahan sebenarnya adalah masalah suara yang terlalu keras, namun dalam prakteknya permasalahan berkembang menjadi antara knalpot standar dan non-standar.

Knalpot yang keras dan bising dijamin akan mengganggu orang lain. Jika yang dipasang adalah motor balap di sirkuit atau motor-motor besar yang hanya digunakan untuk konvoi di jalanan barangkali masih dimaklumi. Namun sering kali ditemui, knalpot yang bising dipakai di motor harian yang melewati jalanan perumahan atau gang di kampung.

Secara logika saja sudah jelas kalo suara bising itu mengganggu orang lain. Masihkah perlu skala desibel untuk masalah sosial?

Peraturan dibuat secara detail mengatur batas ambang kebisingan, namun kurang juga sarana pendukungnya. Jadinya dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu. Bahkan seperti yang saya sebut di atas, permasalahan berkembang menjadi antara knalpot standar dan non-standar. Apakah setiap knalpot non-standar itu bising. Ataukah juga setiap knalpot standar itu tenang?

Produsen knalpot aftermarket dalam negeri sekarang sepertinya sudah memahami hal ini dan sudah bisa membuat knalpot yang bisa mendongkrak tenaga serta penampilan, namun tetap anteng suaranya. Di sisi lain ada juga knalpot standar yang suaranya bising, misalnya knalpot Minerva Migelli. Atau juga knalpot standar yang keropos juga akan mengeluarkan suara yang keras.

Bahkan seperti kasus di artikel pak Edo, ada yang ditilang karena motornya dianggap menggunakan knalpot non standar. Apakah para petugas harus dikasih daftar bentuk knalpot standar setiap motor, agar bisa membedakan mana yang standar dan tidak.

Dari segi pabrikan pun sepertinya sudah mengantisipasinya, dan sudah memikirkan masalah suara. Buktinya motor keluaran terbaru untuk kelas sport-pun suaranya halussss…. contohnya adalah Knalpot Byson dan New Mega Pro atau New CBR 150 sekalipun.

Demikian pandangan saya.

Iklan

37 pemikiran pada “Knalpot Bising Jika Ditinjau Dari Segi Sosial

  1. ga suka knalpot woooooorrrr,,,kasian tetangga, mereka ada yang lagi sakit (gigi apalagi), balita, 4L4Y yang agi belajar, manula yang agi sitirahat, dll, maaf, cuma berempati, ga bisa motor aing kumaha aing

    Suka

  2. setuju.. kudu dibedakan dan diperjelas aturannya, antara knalpot bising dan tidak bising atau standar dan tidak standar… biasanya sih dipukul rata pak bro.. pokoknya keliatannya nggak standar entah bising atau nggak tilang saja… suruh ambil knalpot standar pasang di tempat

    Suka

  3. menurut saya kalau bentuk knalpotnya kaya byson new cbr pasti gak akan di lepas lah wong standarnya ok om.
    Untuk saya walau penggantian knalpot utamanya untuk menambah power tapi lebih utama karena bentuknya yang kurang sreg beda dengan knalpot after market yng cihuy :mrgreen: brand dapet kalau di tanya wah oke tuh paka merk apa yosimura xixixi padahal imitasi power ok tampilan ok mungkin ini alasan utamaya..’
    Hanya bisa di cegah dengan upaya revolusi knalpot standar yang mantap . Sperti byson cbr150 r125 r6 dkk imho cmiiw

    Terbaru cuy di sikat di
    http://moy17.wordpress.com/2011/02/10/modif-v-ixion-murah-meriah-uuuy-300-ribu-udah-mantap/

    Suka

  4. Gw sendiri nggak pernah pakai knalpot racing. Nggak mau, karena bunyinya ngikutin pemakai motornya sih? Kalau di mobil masih mending u pemakai… Bunyinya diluar, naaaah kalo knalpot racing … Yg paling menderita secara kuping ya si pemakainya

    Suka

  5. Menurutku mereka yang memodif knalpotnya biar suaranya lebih keras adalah salah satu di bawah ini :
    1. orang egois yang merasa hidup sendiri di hutan
    2. caper dan pengin di kenal (ini lho motorku)
    3. orang kampung yang pengin gaya

    **kesel

    Suka

    • @aiefz
      karena batasan yang jelas dan rancu, antara knalpot bising dan knalpot standar
      @pakbambangnunggangjaran
      nah itu dia, masih banyak yang tidak ber-empati sebagai orang yang mendengar suara knalpotnya.
      @Nur
      kadang pemakai knalpot berisik itu juga panasan, kalo disalip pasti ngejar, malah tambah berisik.
      @raiderobie
      dan sepertinya banyak yang tidak mengikuti bentuk knalpot standar sekarang juga macam-macam.
      @moy17
      bisa saja, pernah liat kok Byson ganti knalpot, sepertinya agar lebih ngacir dan enteng
      @Pak Saranto
      Pendengar di belakangnya lebih tersiksa lho..
      @Anto
      kemungkinan besar seperti itu. hanya masalah gaya mayoritasnya.

      Suka

  6. bisa jadi… tiap polisi karena ndak di bawain perangkat pengukur desibel.. atau gak mau ambil pusih ,tebas mentah aja… kalo ndak pake knalpot standar.. langsung sikat….

    Suka

    • Nah itu ….,Le…,Aq ya bingung,kira2 petugas
      Mau ngetilang kagak ya ama Harley Davidson yg suaranya juga menyesakkan Dada…,kkkkk.
      Tidak kale….,yang naek n empunya punya Taring….wakakakkkkk.

      Suka

  7. Pengguna motor di sini masih percaya sama jargon ” Big pipes saves lives “…
    lagian kebanyakan mengintimidasi pengendara lain dengan “blayeran” suara knalpotnya yang menggelegar tsb…

    Suka

  8. knalpot bising????
    mang kudu ditertibkan,ya iyalah klo diutan,di daerah padat penduduk?
    pasti bakal disumpahin,minimal dalam hati

    Suka

  9. HD knalpot standarnya lebih bising dibandingkan dngan knalpot aftermarket, knpa dianggap wajar ??? yang penting si yg pke knalpot bising tau diri aja, skrang dia sdng di jln gang ato jalan raya,… jaga sikap aja,..

    Suka

    • @yudho
      lha tapi di postingan pak Edo itu ada yang knalpot standar tetap ditilang. berarti Polisi belum hapal mana knalpot standar dan mana yang variasi.
      @az147r
      ditilang nggak?
      @Kang Jamin
      Alon-alon asal ora mbrebegi tangga.
      @Pak Mitra & Kinai
      kalo HD kan sudah aku sebut diatas.
      Mereka jalan tidak mungkin di jalan kampung. Pasti di jalan besar. Umunya HD tidak buat harian. Momen tertentu saja, touring misalnya.
      @sa469
      wah abru dengar istilah Big pipes saves lives
      @gaplek mania
      waduh padahal knalpot CS1 mahal.
      @NanaRedPro
      di doakan jelek oleh orang yang teraniaya.

      Suka

  10. @aiefz
    karena batasan yang jelas dan rancu, antara knalpot bising dan knalpot standar
    ====================================================
    mestinya penilaian standar dari suara yang dikeluarkan toh mas, kalau bentuk nggak mungkin lah. distandarin. bukan begitu mas?

    Suka

  11. istilah saja itu bro…maksudnya kalo knalpotnya “gede” (lubang2nya dibikin loss) maka suaranya akan keras (loud) sehingga diharapkan pengendara lain tau akan keberadaan motor tsb. Apalagi kalo motornya lebih “bertenaga”, hawanya jadi mau kenceng2 terus…maka di “harapkan” yang lain “mau ngalah” kalo denger suara knalpot yang keras…

    Yah bro perhatikan saja di jalanan…mayoritas kalo knalpotnya udah di “bobok” bawanya motornya juga “arogan” di jalan

    Suka

  12. sorry nih bro..tuh para pemakai HaDe juga brisik…kenapa gak ditilang? trus kalo lagi konvoy semua juga tahu…kayak apa ulah mereka…tapi apa tindakan aparat??….jangan cuma std atupun racing…aturan harus jelas dengan batasan2 yang bisa diukur secara teknis…toh 2tak yang bikin budeg ajah bisa alus kok suaranya

    Suka

    • @Danan
      Ya enggak ditilang, kan udah bayar dimuka 🙂
      Nah karena batas teksnis gak jelas itu yang dimanfaatkan untuk diputarbalikkan.
      Asal jangan sengaja dibikin abu-abu, biar kondisi tetap seperti sekarang.

      Suka

  13. heran…ko knalpot std yg dibo2k krs bgt di bolehin………… msa knlpot racing yg dpsng db kliire yg d tilang????
    ni tilang tampilan p suara na???????

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s