Jika Ujian SIM Memang Wajib Seperti Ini


Setiap datang ke Polres, bagian pengajuan SIM selalu nampak ramai pengunjung. Tampak dari mereka adalah anak muda. Kemungkinan selain perpanjangan, banyak juga pengajuan baru. Pemandangan seperti itu sebenarnya adalah hal biasa.

Namun ada sesuatu yang menarik ketika saya berada di Polres Cilacap. Yaitu track tempat ujian SIM.

Track ini berbentuk lintasan angka delapan dan juga lintasan zig zag dengan batas berupa silinder berdiri. Peserta ujian harus melewati lintasan tadi tanpa menyenggol atau menjatuhkan silinder pembatas.

Kemudian tampak ada peserta (atau hanya mencoba) yang menjalankan motor F1ZR melalui lintasa ujian tadi. Dan hasilnya adalah silinder selalu jatuh ketika zig zag.

Sepertinya track ini hanyalah formalitas. Soalnya jika diberlakukan ujian praktek seperti ini, dijamin sangat banyak yang tidak lulus. Entah metode apa yang digunakan sekarang ini.

Iklan

34 pemikiran pada “Jika Ujian SIM Memang Wajib Seperti Ini

  1. bukan jaminan kok kisanak…
    D kota saya sudah sejak tahun lalu bikin sim ga bisa *nitip* hrus test kecuali sim yg memperpanjang masa berlaku/sudah pernah punya sim
    tapi ya perasaan keadaan mash sama d jalanan, bonceng tiga,ga pake helm,trobos lampu merah, lawan arah msh ada hehehehe
    i think its a matter of attitude,don’t fully blame the system
    tapi itu imho lho

    Suka

  2. terakhir test, 3x gagal test teori (jadi belum sempat test praktek) padahal aku le njawab soal sama tapi salahnya beda, test pertama betul 17, kedua 7, ketiga 11, ini yang goblok aku apa polisine ya batinku.. test ke 4 dikasih nomor telp bapak pol sama bos, suruh minta bantu, 😀 tapi mbayar maneh..

    Suka

  3. ujian kayak gitu,kayaknya gak efektif bgt.mana ada rintangan kyak gitu dijlan rya,mending tes praktek langsung kejalan raya aja,diawasi instruktur,ketahuan deh mana yang layak dan tidak bwat dapet SIM
    SALAM KARET BUNDAR™

    Suka

  4. @shumy
    kalo dipikir-pikir bener juga 😀
    apalagi di Tangerang nggak ada polisi kecuali di kantornya. 🙂 :mrgreen:
    @sobek2
    dimana itu? Batam kah?
    sistem tidak salah, yang salah penerapannya tidak konsisten.
    @Pak Mitra
    berarti sudah teruji yah.
    @Kang Jamin
    silahkan. Aku siap-siap manjat… hehehehe titip ra?
    @Asop
    tapi memang susah…
    @snalpot99
    berarti sistemnya dimanfaatkan oknum. btw lanjutannya gimana.
    @Nanared
    sepertinya pernah ada yang seperti itu kok. tapi entah sekarang.

    Suka

  5. Setuju dengan NanaRedPr☺. Metode test skill SIM memang berlebihan dan rawan penyalahgunaan. Kata polisi itu untuk menguji saat kondisi darurat :p . Yang ngga pake test, seperti mutasi sim saja bisa terjadi pungli :p .

    Suka

  6. Emang gitu mas…di polres bogor juga demikian…kalau gak lulus praktek nunggu kalo gak salah 1 ato 2 minggu lagi….dicoba lagi…pasti gak lulus..wong sempit banget… Tapi ada solusinya…biasanya ada orang yg menawarkan solusi…cuman gak ngomong….”wani pirooo”.temennya bapak pulisi..hi…hi…hi…kita yg harus tanya …dan hasil lulus bisa diperoleh dengan Rp.100 rebu. hah…Indonesia…indonesia…ampunilah kami Tuhan …

    Suka

  7. @ yg punya rumah, bukan d mBatam kisanak..
    Di sebuah kota kbupaten jawatimur xixixi
    kalo mBatam mah aseli tmbh parah ga ngerti aturan ga mubil ga motor ga kendaraan besar… Polisi? Tuh pada nongkrong d pos hehehe razia jg setaun sekali mungkin bwuahahaha

    Suka

  8. kalau bisa zig-zag begitu, maka selamat!!! anda lulus

    lulus jadi beruang sirkus . . . .
    —-
    saya yakin alay2 yang jago zig-zag gara bikin sim nya ga pake calo.
    kalo yang pake calo kaya saya sih, pasti ga bisa . . .

    Suka

  9. betoel pak.hehe he
    *ssstt jangan bilang2 simku nembak lo.
    wong nanya pak polisi kalo ganti alamat gimana?malah ditawari jalur cepat.beda dikit tp lbh cepat.sejam jadi.
    maaf jangan ditiru lo.

    Suka

  10. kalo di satlantas purbalingga.
    Jauh.jauh lebih susah om.
    Yang sempit itu yang buat angka 8.
    Dari 24 peserta. Cuma 2 yang lolos.
    Untung ada program sekolah.
    Jadi lantjar dengan biaya wajar.he.
    Ups, keceplosan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s