[WTA]Windshield tu Seberapa Menghambat Laju Motor?


Kalau mengantar atau menjemput anak di sekolahnya, saya sering melihat Skydrive yang dipasangi Visor bening. Fungsinya pasti buat tadah angin, karena umumnya anak kecil di tempatkan di depan. Agar tidak terkena angin maka dipasangnlah visor itu.

Jadi ada kepikiran untuk pasang visor di Skywave, karena motor itu lebih banyak dipakai istri untuk antar jemput anak juga. Walapun anak-anak sudah terbiasa tidak duduk di depan, namun kadang kala pengaruh teman sangat besar pengaruhnya. Maksudnya ikut-ikutan temannya yang duduk di depan.

Pemasangan visor pasti akan menghambat laju seiring bertambahnya tahanan angin, karena posisinya tegak. Jika ada yang punya pengalaman bisa di share di sini, seberapa besar pengaruh visor pada kecepatan motor?

 

Iklan

38 pemikiran pada “[WTA]Windshield tu Seberapa Menghambat Laju Motor?

  1. Banyak banget, tapi itu untuk kecepatan diatas 80 baru kerasa.
    Kalo ane punya istri dan buat nganterin anak2, mending pasangin yang puallling gede
    Biar istri ane gk bisa ngebut, hahahaha

    Suka

  2. Klo belajar dari artikel soal windshield MP3 mas Arantan..

    Visor (windshield) tinggi di depan itu :
    – Bahaya geter klo supportnya gak kenceng
    – Kendali semakin susah saat rada kenceng (belak-belok sendiri atau berasa berat saat belok)
    – Klo ujan dan lagi buru-2.. ini yg paling bahaya.. visor tinggi tapi gak ada wiper.. bisa jadi masalah klo kita ada di belakang mobil dan visor kena cipratan tanah..

    tapi selama visor (windshield) itu tingginya gak sampe sama persis dengan ketinggian visor di helm kita (menghalangi pandangan langsung via helm).. Ya gapapa ah..

    Windshield cukup untuk menghalangi angin langsung menerpa anak (klo duduk di depan) tapi ukurannya gak terlalu tinggi dan besar untuk membuat ribet kendali..

    btw, pasang windshield = kita sedang tekan sedikit tuas rem..

    windshield itu kebanyakan pasangnya tegak (vertikal) jadi motor kita akan sedikit berasa ngeRem (berat) dibanding tanpa windshield..

    anyway, itu pendapat pribadi.. 🙂

    Suka

  3. masang windshield [WS]… bikin motor tambah berat, makin tinggi, makin berat.. makin boros bensin? kemungkinan iya.
    klo cm buat proteksi anak, pasang yg kecil aja. klo untuk orang dewasa, kan dah ada rompi tu dijual dimana2.
    yg paling bahaya dengan WS ya pas hujan, coz ga ada whiper. n perawatan WS mesti teliti, biar ga tumbuh jamur yg bikin cahaya pecah.

    Suka

  4. ojo keduwuren pasange, malah resiko…. mending ukurane sing sedang wae… kanggo njogo kesehatane anak, lek numpak nang ngarep, kudu nggawe jaket, helm sing ono visore, sarung tangan, clono dowo…
    Ngono wae pak dhe… luwih aman… 😀

    Suka

  5. hm…pilih pemasangan yg agak miring dikit bbrp derajat agar masih dapat efek aerodinamis nya utk mbelah angin ketimbang yg tegak lurus gitu…malah berbahaya ketika kena terpaan angin kencang bisa-bisa godek stang lalu bablas ntah ke kiri ato ke kanan…mau safety malah jd danger…
    tpi tetep pilihan yg bijak gk usa yg tinggi WS nya, coz kan matic ad dek di depan otomatis anak bs berdiri dan biasa ny hnya wajah anak yg nongol dikit di atas dasboard stang otomatis aman dr terpaan angin bgi si anak…yah klo capek brdiri anak ny dibonceng di belakang…

    Suka

  6. aku pake di scoopy kok rasanya ga ngefek apa2 ya? kalo mo pake windshield mending pake yg ga terlalu tinggi kyk yg di gambar atas, trus cari yg kualitasnya bagus tebelnya kisaran 3-4mm dan bracketnya jg kuat dan bisa disetel derajat kemiringannya, jd gak tegak seperti gambar di atas, dgn begini terpaan angin ga akan begitu ngefek

    Suka

  7. well, saya sendiri lom pernah pake windshield tegak lurus gede begitu, tapi menurut saya si cari yang modelnya lebih aerodinamis dan liat juga medan yang sering dilewati, kalo jalannya kebanyakan rata2 aja, menurut saya si gajadi masalah berarti.

    Suka

  8. kalau buat nyante si kayaknya aman-aman saja, tapi kalau kecepatan tinggi kayaknya godek-godek stirnya

    keep brotherhood,

    salam,

    Suka

  9. weit ini juga ga septi lhoh . kok bisa . bisa aja kalo pas ujan ni kan ga bisa ilang air ujan nya melain kan cuma nemplok dan bikin si rider ga bisa liat . bisa tabrakan juga . ga septi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s