Helm SNI, Apa Kabarmu?


Helm SNI telah manjadi peraturan wajib bagi produsen helm. Semua helm keluaran baru sekarang menyematkan logo SNI timbul. Baik itu benar-benar SNI atau yang cuma tiruan, tahu sendiri lah, di negeri ini apa sih yang tidak bisa ditiru.

Jika produsen helm sudah mematuhi peraturan, bagaimana dengan masyarakat pengguna? Peraturan yang tidak konsisten dan kurangnya penyebaran informasi keselamatan berkendara menjadikan masyarakat yang tidak perduli hal ini.

Apakah semua orang harus dipaksa untuk membeli helm ber-SNI? Bagaimana jika orang tersebut tidak mampu beli helm SNI termurah pun? Seperti foto di atas dimana seorang bapak yang mengendarai “motor tua” dan mengenakan helm yang sudah retak. Padahal umur efektif helm adalah sekitar 5 tahun. Dan berkurang jika pernah jatuh. Apalgi jika sudah retak seperti itu.

Helm SNI, Apa Kabarmu?

23 pemikiran pada “Helm SNI, Apa Kabarmu?

  1. Tentang SNI, bukan hanya helm, produk lain yang dijual di Indonesia juga harus berstandar SNI. Setahu saya (yang kerja di electronic) peralatan yang standard SNI itu dijamin kualitasnya karena memenuhi serangkaian uji kelayakan.
    Untuk SNI ini, badan sertifikasi yang meluluskannya pun gak main2, karena jika dipasaran ada barang SNI yang cacat maka badan sertifikasi ini yang dituntut.
    Contoh :
    1. Helm SNI yang ternyata pecah dan menyebabkan orang yang memakainya (dg benar) gagar otak, maka pemakai itu bisa menuntutnya.
    2. Cable roll yang berstandar SNI dan ternyata leleh, kita tinggal cek sertifikasinya dan menuntutnya.

    Jadi konsumen saya pikir gak perlu dipaksa, biarlah dia memilih mana yang baik dan tidak.
    Yang penting produsen, pemerintah sudah menyediakan produk yang terjamin mutunya lewat SNI.
    ———–

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s