Istilah Khas Per-Blogger-an, Apakah Dilarang Digunakan Orang Lain


Seorang Blogger mempunyai ciri khas dalam blognya. Baik isinya, pandangannya, cara menulis, gaya menulis bahkan kata-kata yang digunakan. Kali ini saya hanya mengulas masalah kata-kata yang digunakan.

Sebagai contoh adalah blogger terkenal yaitu Triatmono, dia sering menggunakan kata-kata Time Will Tell Laaghh. Ini jelas merupakan penggabungan dari kalimat dalam Bahasa Inggris  : Time Will Tell dengan Bahasa Gaul : Laagh. Kata-kata ini sepertinya telah menjadi trademark sang blogger, karena sebelumnya bisa dibilang belum ada yang menggunakannya di ranah blog indonesia.

Beda lagi dengan kasus lain, misalnya blogger yang menggunakan kata Ane sebagai pengganti kata saya. Penggunakan kata ini bisa dibilang tidak terlalu khas karena sudah umum digunakan di bahasa percakapan atau bahkan di forum kaskus. Bahkan ada yang bilang sudah menjadi trademarknya Kaskus.

Ada juga kata-kata lain, sebagai contoh kata-kata : disinyalir dan sinyalemen. Kata-kata ini sering digunakan oleh Taufik Hidayat. Karenanya ada yang menganggap bahwa kata-kata ini adalah trademarknya.

Jadi..apakah kata-kata tersebut dilarang diapakai orang lain? Sepertinya tidak ada yang mempermasalahkannya. Time Will Tell adalah kata-kata umum, ane juga sudah umum, disinyalir dan sinyalemen adalah bahasa Indonesia serapan yang sudah ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Terinspirasi dari komentar di suatu artikel yang intinya berbunyi:“Kok pake kata-kata XXXX itu kan ciri khasnya blogger YYYYYY?”

Iklan

23 pemikiran pada “Istilah Khas Per-Blogger-an, Apakah Dilarang Digunakan Orang Lain

  1. boleh boleh aja sih digunakan
    tapi karena yang lebih ngetop adalah blog yang bersangkutan
    makanya dibilang niru niru

    makanya ngetop dulu, baru bikin trendsetter (walau belum tentu dia orang yang pertama menggunakan kata tersebut)
    :mrgreen:

    Suka

  2. kalo terbiasa coment di blok sampeyan pasti juga ikutan logat sampeyan… sering bercengkrama dengan masyarakan bali misalnya.. pasti logatnya secara gak sadar semakin mirip…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s