Kebo Nusu Gudel


Pembina apel hari ini membahas tentang kebo nusu gudel. Pepatah jawa yang artinya orang tua yang minta diajari oleh orang yang lebih muda. Yang artinya yang muda lebih pintar daripada yang tua.

Jaman dahulu mungkin orang akan malu dan tersinggung jika disebut seperti itu. Jaman dahulu dimana tingkat ilmu yang masih merata. Ilmu yang dipelajari juga tidak terlalu banyak. Barangkali di desa hanya tentang ilmu bertani, beternak atau berladang. Jika ilmu tidak berubah dalam waktu yang lama pasti yang lebih tua akan lebih pintar dan menguasai karena pengalaman.

Ketika jaman berubah, ilmu semakin banyak, perubahan ilmu juga semakin cepat. Kebo nusu gudel akan lebih banyak terjadi. Dan bukan lagi merupakan sesuatu yang tabu. Barangkali orang tua kita tidak tahu tentang komputer. Dan kita mengajari beliau. Atau komputer semakin canggih. Kita belum tentu bisa mengikuti. Suatu saat kita bisa minta diajari oleh anak kita.

19 pemikiran pada “Kebo Nusu Gudel

  1. Sepertinya penjabarannya kurang tepat mas, yang saya tahu “kebo nusu gudel” adalah salah satu pepatah “negatif” yang menggambarkan seseorang yang lebih tua tidak mau berusaha melainkan tinggal minta sama yang lebih muda. CMIIW 😀

    Suka

    • kalo yang aku dapatkan itu seperti itu.
      Jaman dulu, yang tua lebih hebat…sangat tabu kalo minta diajari oleh yang lebih muda…istilahnya kebo nusu gudel..

      Suka

    • Sepertinya perlu diluruskan mas dan coba lagi baca2 buku pelajaran pepatah jawa jaman dulu atau tanya PBNJ 😀 , krn dlm islam pun “Kita harus mau mengakui kebenaran walau itu datangnya dari anak kecil sekalipun” (walah..yudibatang iki ngomong op xixii :mrgreen: )

      Suka

  2. nek anake’ durung akel balegh, opo yo onok isine..wekeke.. :piss…
    pepatah org kuno iku emang moncerr…

    Suka

  3. numpang lewat ya. Kalau mau jalan-jalan ke medan, or kalau mau wisata kuliner di medan, jangan lupa mampir di blog indrahalim.com ya… di situs itu lengkap reviewnya tuk resto or kedai yg menyediakan makanan enak di medan.. thx!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s