Waspadai Yang Tak Terlihat


Bulan Ramadhan menjelang, masyarakat bersiap menyambutnya. Selain bersiap untuk beribadah, sudah menjadi budaya di Indonesia, persiapan yang tak dilupakan adalah persiapan mudik. Persiapan mudik ada berbagai macam. Pelakunyapun bukan cuma pemudik, namun juga penyedia sarana mudik, dalam hal ini pengelola jalan, ikut bersiap dengan melakukan pemeliharaan jalan.

Jalan-jalan di jalur mudik sekarang ini sedang diperbaiki. Jalan provinsi Jawa Tengah kabarnya ditargetkan “tanpa lubang” ketika arus mudik tiba. Jadi lubang-lubang jalan sekarang sedang dalam proses penambalan, baik terhadap ruas jalan, ataupun cuma di lubangnya saja.

Ada hal yang perlu diwaspadai selain lubang. Yaitu jalan bergelombang. Lubang relatif lebih terlihat daripada aspal yang menggunduk. Karena kurang terlihat, gundukan ini membayakan. Ketika naik motor, melindas gundukan tanpa persiapan bisa menyebabkan motor loncat atau terlempar.

Seperti yang baru saya alami di jalur Lumbir. Di sebuah tikungan cepat yang lumayan mulus karena habis di-hotmix, daya tergoda untuk melewatinya dengan cepat, ternyata ada gundukan aspal bergelombang. Rasanya seperti terlempar. Untung tidak ada kendaraan lain, saya bisa bermanuver untuk menyeimbangkan motor kembali.

Waspadalah!

WordPressed by Android on The Galaxy

Iklan

9 pemikiran pada “Waspadai Yang Tak Terlihat

  1. setuju.. apalagi kalo jalan malem.
    kemarin liat motor goyang dombret di Banjar gara2 lewat jalan amblesss lumayan dalam, 😯 untung jalan sepi n rider bisa ngendaliin jadi gak jatuh.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s