Lupa Matikan Sein Itu Bisa Berbahaya, Kok Pabrikan Tidak Perhatian


Motor orang di kantor berupa Supra X 125 berbunyi ketika lampu sein-nya menyala. Bunyinya seperti robot atau techno. Salut juga masih ada yang perhatian dengan hal tersebut. Mayoritas yang lain memasang piranti keselamatan cuma karena “takut polisi”.

Memang sangat sering kita jumpai biker yang lupa mematikan sein. Misalnya setelah belok kiri sein menyala kiri, tiba-tiba potong jalur ke kanan. Jika pengendara di belakang kurang waspada bisa terjadi tabrakan.

Kenapa sampai sekarang pabrikan belum begitu perhatian dengan masalah ini. Ada juga sebenarnya Bajaj yang menyetting sein mati sendiri setelah belok. Namun rasanya lebih efektif jika ketika sein menyala ada bunyi-bunyian yang menyertainya.

Dulu sudah pernah dilakukan Honda dengan C70 dan Yamaha dengan Alfa serta Force 1. Namun karena kurang keren, banyak juga yang bilang malu. Akhirnya banyak pemilik yang mematikannya (termasuk juga Alfa saya dulu heheehehe :mrgreen:). Kalo tidak salah fitur tersebut bernama buzzer.

Apa susahnya membuat fitur semacam ini. Dan tidak sulit kiranya membuat bunyi yang keren sehingga tidak memalukan. Misalnya seperti bunyi sein mobil. Dan seterusnya akan banyak orang kreatif jika hal ini “trend”. Cuma trend? Kalo bisa wajib.

Iklan

25 pemikiran pada “Lupa Matikan Sein Itu Bisa Berbahaya, Kok Pabrikan Tidak Perhatian

  1. Tp memang dasar orangnya juga, kalo sopir mobil atau bus jarang ada yg sampai kelupaan, bahkan sy gak pnh lihat.
    Malah setahu saya, lampu sein mjd senjata andalan.
    Memberi sinyal macam2.

    Suka

  2. pernah aye bareng ma orang yang kebetulan searah, jarak kurang lebih 20km itu sein kanan ngga mati2 :mrgreen: yach untung emang jalanannya lurus (krian – mojosari)

    Suka

  3. ane paling benci ama rider (MOBIL/MOTOR) yang belok ga pake sein, atau malah sein ke kanan, malah belok kiri…paling banyak biker emang, entah karena tingkat pendidikan atau moralnya kurang atau apa yg membuat kebanyakan biker spt alergi dgn tombol sen…pernah ane negor biker yg salah belok ( sen ama beloknya beda) eh jawabnya malah ngeselin, emang sengaja katanya…mampus aja tuh orang, padahal yg bawa anak muda yg sptnya berpendidikan dgn motor tigy, jd sptnya bukan tingkat pendidikan yg mempengaruhi tapi moral…yg bikin mangkel, kalau kita menunggu di mulut gang mau masuk ke jalan raya, udah kita nunggu kendaraan lewat dgn sabar, eh yg ditunggu malah seenaknya dewek masuk gang tanpa sein…kalau tau begitu kan kita ga usah menunggu…kalau emang begitu kenapa ga usah masang sein aja sekalian utk semua produksi motor, syukur2 harganya bisa lebih murah…atau buat edisi tanpa sein buat yg ogah dan males neken tombol sein…jadi esmosi ane…

    Suka

  4. dlu waktu booming motor china, ane pernah make tossa yg seinnya nyala.. jan kek orang tua bgt ktnya.. mending dikasih fitur otomatis mati aj.

    Suka

  5. Ping balik: Penyebabnya : Lupa Mematikan Sein | Maskur's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s