“Akan Terjadi Penguasaan Pasar Di Bidang Permotoran Indonesia.” Ah..Tidak Mungkin


Picture from Astra Otopart 2W (Motorcycles)

Dengan makin gencarnya AHM meluncurkan produk, maka tanda-tanda Honda akan mendominasi permotoran Indonesia akan terulang kembali. Sebagai konsumen senang-senang saja karena bisa dibilang kita “dimanjakan”. Namun ada juga yang khawatir akan terjadi monopoli dimana sang penguasa pasar akan menentukan sendiri harga jualnya tanpa rival. 

Bicara tentang penguasaan pasar jika ada yang takut “akan” terjadi penguasaan pasar oleh satu pihak, maka jawabannya adalah “tidak mungkin”. Lho kenapa tidak? Karena hal tersebut “sudah” terjadi.

Silahkan cek daleman motor anda. Apapun merknya, apakah ada bearing SKF didalamnya, terdapatkah Shockbreaker Showa atau Kayaba. Spark plugnya apakah Denso, pistonnya Izumi? Semua akan anda dapati di situs Astra otopart.

Jadi merknya bisa beda, dalemannya ternyata sama. Dan menurut info, Oli resmi itu juga beda wadah saja, misalnya yang satu merknya AHM Oil yang lain Yamalube, isinya bisa jadi sama. Yo wes pokoke piye aku manut. Mau Fansboy-fansboyan? percuma! isinya itu sama.

WordPressed by Android on The Galaxy

Iklan

54 pemikiran pada ““Akan Terjadi Penguasaan Pasar Di Bidang Permotoran Indonesia.” Ah..Tidak Mungkin

  1. Yang membedakan mungkin cara ngerakit/ngeracik dan designnya kali ya. Ibaratnya tepung terigu, gula pasir, mentega, telor, dll, sama mereknya, tapi tergantung siapa yang ngeraciknya, yang jago ngeraciknya tentu akan menghasilkan kue yang enak, nikmat, awet dan murah serta indah penampilannya … heheh

    *** btw: Jantungnya (mesinnya) sama gak ? 😀

    Suka

  2. komponen dibuat perusahaan lokal.. dibeli oleh beberapa ATPM asing.. dirakit oleh ATPM-ATPM tersebut menjadi produk yang memiliki Harga Pokok Produk (HPP) senilai XXX.. ATPM-ATPM tersebut menerapkan harga jual dengan mengambil margin profit sekian persen dari HPP.. sebagian margin profit itu akan disetor ke principal… apabila ada penguasaan pasar oleh satu ATPM, meski daleman produknya sama dengan ATPM lain, tetap akan menguntungkan principal ATPM tersebut.. IMO makanya ada ATPM yang berusaha mendominasi pasar..

    Suka

  3. setuju,
    jadinya lebih mirip kompetisi pepsi dan coca cola.

    karena bos jepun pasti mikir :
    kalo salah satu dari merk jepun ini digencet habis habisan, bisa bisa merk indihe nyerobot.
    Seperti yang terjadi di indihe, hero punya merk sendiri, honda jadi melorot ke no 3.
    pasti mereka tidak ingin terjadi lagi disini, lagipula konsumen sini belum begitu minded produk dalam negeri.

    Suka

    • Setuju gan,
      astra + indomobil pegang semua merk dari jepang semenjak jaman orde baru.
      Akibatnya kita jadi konsumen cuma dikasih model jadul plus operpress. Semoga tidak terulang lagi.

      Suka

  4. Nambahin aje…. biar pada ngiler….. 2.2 T……

    Jardine Group Tarik Dividen Astra Rp 2,2 T

    Rate This

    Jardine Group Tarik Dividen Astra Rp 2,2 T
    24/05/2010 08:16:00 WIB
    Oleh Jauhari Mahardhika

    JAKARTA, INVESTOR DAILY
    Distributor mobil terbesar di Singapura, Jardine Cycle & Carriage Ltd bakal meraup total dividen Rp 2,27 triliun dari PT Astra International Tbk (ASII) untuk tahun buku 2009. Setoran kepada unit usaha Jardine Matheson Group, konglomerat di Asia itu meningkat Rp 510 miliar (29%) dibandingkan 2008 sebesar Rp 1,76 triliun.

    Jardine Cycle & Carriage, perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Singapura (SGX), kini menguasai 2,02 miliar (50,09%) saham Astra International. Astra merupakan penguasa pasar otomotif di Indonesia yang juga memiliki usaha perkebunan kelapa sawit, jasa keuangan, infrastruktur, teknologi informasi, alat berat, dan pertambangan.

    Untuk tahun buku 2009, Astra International mengusulkan pembagian total dividen sebesar Rp 4,5 triliun atau setara Rp 1.120 per saham. Dividen itu sekitar 45% dari perolehan laba bersih 2009 yang mencapai Rp 10,04 triliun. Sebelumnya, Astra memberikan dividen interim sebesar Rp 290 per saham. Sisanya Rp 830 per saham akan dibagikan sebagai dividen final.

    “Dividen final Rp 830 akan diusulkan kepada pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) nanti (26 Mei 2010),” kata Head of Public Relations Astra International Yulian Warman kepada Investor Daily di Jakarta, belum lama ini.

    Suka

  5. 1 produk motor disuplai oleh +/- 130 pabrik spare part. mereka menyuplai semua merk motor !!! mau fanboy-fanboy-an !!!! wakakakaa….wakakakaaa…

    Suka

  6. Ping balik: Bikin Motor = Bikin Kue ? | uDien d'kab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s