Perilaku Ketika Lampu Hijau Menyala


image

Apakah yang anda lakukan ketika lampu hijau menyala? Gas pol serasa lampu start kah? Atau urut handle gas pelan-pelan dan jalan sekedarnya?

Dalam keseharian, saya temui beberapa macam perilaku pengendara ketika lampu hijau menyala. Dimulai dari diri sendiri, beginilah kurang lebih kelakuan saya.

Dalam kondisi normal, pertama-tama saya urut gas pelan-pelan. Kemudian ketika mesin sudha agak teriak saya pindah perneling ke gigi 2 kurang lebih di jarum speedometer di angka 35- 40 km/jam. Gigi 2 saya jalankan stabil sampai kecepatan 50-60 saya pindah ke gigi 3 dan berjalan stabil.

Dalam kondisi terburu-buru, hampir sama. Namun akselerasi dipercepat dan top speed bisa sampai 80 yang artinya sampai gigi 4.

Ketika menggunakan Matic, jujur saja lebih nyaman. Karena dalam mengurut handle gas lebih enteng dan getaran mesin soleh tidak terpikirkan.

Sekarang saya amati pengendara lain. Ada yang begitu santai mulai dari lampu hijau pelan, jalannyapun pelan dan bisa jadi Constant Rider. Yang lain di lampu merah kencang dan galak, 200 meter kemudian jadilah Constant rider. Ada juga yang kencang dari start, jalannyapun kencang, ini biasanya anak  muda, apalagi rider Satria FU.

Anda? Bagaimana?

Iklan

33 pemikiran pada “Perilaku Ketika Lampu Hijau Menyala

  1. Dari pada omong kosong, silahkan simak perbandingan berikut :

    Kelas Sport makin ke bawah makin lemot :

    1. Vixion Daya 14,82ps; Berat 114kg > Power to Weight = 0,130 ps/kg
    2. Cbr150 Daya 17,8ps; Berat 138kg > Power to Weight = 0,128 ps/kg
    3. New Megapro Daya 13,54ps; Berat 136kg > Power to Weight = 0,099 ps/kg
    4. Thunder125 Daya 11,5ps; Berat 122kg > Power to Weight = 0,094 ps/kg

    Kelas Ayam Jago makin ke bawah makin lemot :

    1. Satria Fu Daya 16ps Berat 95kg > Power to Weight = 0,168 ps/kg
    2. Cs1 Daya 12,8ps; Berat 114kg > Power to Weight = 0,112 ps/kg
    3. Athlete Daya 9,9ps; Berat 104kg > Power to Weight = 0,095 ps/kg

    Kelas Bebek Super makin kebawah makin lemot :

    1. Jupiter MX Daya 12,62ps; Berat 112kg > Power to Weight = 0,113 ps/kg
    2. Axelo Daya 9,6ps; Berat 106kg > Power to Weight = 0,091 ps/kg
    3. Supra X125 Daya 9,18ps; Berat 107kg > Power to Weight = 0,086 ps/kg

    Kelas Bebek Biasa makin kebawah makin lemot :

    1. New Jupiter Z Daya 8,8ps; Berat 97kg > Power to Weight = 0,091 ps/kg
    2. Titan Daya 8,4ps; Berat 100kg > Power to Weight = 0,084 ps/kg
    3. Edge Daya 8,4ps; Berat 104kg > Power to Weight = 0,081 ps/kg
    4. New Blade Daya 8,4ps; Berat 104kg > Power to Weight = 0,081 ps/kg

    Suka

  2. Yang lain di lampu merah kencang dan galak, 200 meter kemudian jadilah Constant rider.

    Saya juga selalu kaya gitu pakdhe. Maklum, lampu belum ijo aja, yang di belakang udah pada klakson2. Malah kadang2 ada yang udah ngga sabaran nabrak2 spakbor belakang bebek saya. Makanya begitu lampu ijo, langsung ngacir sengacir2nya. Nanti kalo situasi udah aman, baru deh nyantai lagi

    Suka

  3. gara-gara dulu saya belajar naik motor pake honda grand yang kalau gas disentak, motor seperti mau lompat; hingga sekarang sering pelan kalau narik gas.

    di kondisi jalanan Jakarta yang sering tersendat, rasanya memang percuma nyentak-nyentak gas. begitu ketemu lampu merah atau macet, kesusul sama yang ngegasnya pelan-pelan saja.

    kecuali yang bisa selap selip sruntulan
    😀

    Suka

    • Sama, soalnya saya kasihan sama belakang saya kalau saya jalannya pelan, takutnya gak kebagian lampu hijau yang dibelakang. Tapi kalau udah dibelakang ya pasrah aja sama yang di depan dan Di Atas

      Suka

  4. yang jd pole saat lampu hijau hati2 dari arah samping ada yang nyelonong, bisa dihajar motor sampeyan hehehe….tolah-toleh walaupun sudah hijau, maklum ini Indonesia!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s