Jujur Saja, Dulu Saya Anti Suzuki


Suzuki, sewaktu kecil bisa dibilang saya anti dengan merk berlogo “S” ini. Soalnya bentuknya jelek-jelek, rata-rata dipakai tukang ojek. Dari seri GP 100, GP 125 sampai jamannya Crystal, di daerah saya rata-rata yang pake adalah tukang ojek. Coba bandingkan bentuk GP 100 lampu kotak dengan RX Special atau GL 100 lampu kotak, pasti GP 100 paling wagu bentuknya. Di desa saya dan daerah sekitarnya, polulasi Suzuki memang sedikit, dan kurang berkelas tampaknya.

Semenjak jaman Tornado, saya baru lihat motor Suzuki bentuknya keren. Dulu sempat jadi trendsetter dan laris manis di daerah saya. Apalagi disusul Tornado versi 4 tak alias Shogun (kebo), populasi Suzuki makin merajalela.

Namun ketidak-sukaan saya kembali ketika sudah bisa naik motor dan sempat ada Tornado GS 110 di rumah serta mencoba Shogun milik teman. Saya terbiasa naik motor yang tenaga diputaran bawahnya enak, kalo di tanjakan ya ada presneling yang bisa buat lari. Begitu mencoba dua motor Suzuki di atas, kok tarikan awalnya lemot. Ketika nanjak, saya biasa pakai gigi 2 dengan Alfa atau Prima, biar tidak kencang tapi putaran mesin masih enak dan bisa melaju. Ketika pakai Tornado, gigi 2 terlalu lemah, gigi 1 tidak bisa laju, jadi jalan pelan-pelan dengan manjaga putaran mesin.

Dulu ngefans bentuknya Shogun 110 body ramping, tapi tidak suka karakternya yang lemot di putaran bawah. Lalu anti banget lihat Shogun 125 yang bentuknya jueleekk banget, yang lucunya malah pernah punya selama 2 tahun. 🙂

Itu cerita jaman kecil saya sampai remaja. Sekarang merk apapun, asal cocok ya OK. Jadi fansboy merk? Senengane kok repot.

Selamat mudik bagi yang mudik, hati-hati di jalan

51 pemikiran pada “Jujur Saja, Dulu Saya Anti Suzuki

  1. oi…oi…xixixixixixi…mungkin saat itu mas bro ni belum paham karakter engine…pake suzy jangan harap enak buka tutup gas sak karepe dewe macam yamaha atau honda…alus mainnya bro…tapi begitu “ngeh” karakternya…wuihhh….maknyusss tenan… kalo soal body saya setuju dah….dua kompetitornya lebih unggul 😀
    apalagi semakin kesini…cuma FU aja yang paling enak dilihat 😀

    Suka

    • maklum oranmg desa, jalan aspal blum sampai dalam kampung, saya aja rumahnya masih 300 meter ke jalan aspal. dulu Banyak yang masih Macadam. Suzuki tidak terasa enaknya

      Suka

    • Salam kenal Cak Maskur, coba gae suzuki ts100 utawa 125, ta jamin, mesti ngurangi alias kepingin numpak terus…he.he.he.

      Suka

  2. crystale dulurku tembus 140km/h…tp yaiku…tromol, mandege angel. apalagi tromol suzuki kala itu dikenal kurang maknyus. tapi kalo gak salah isa subtitusi ama kanvasnya binter pa kawak…lupa

    sayang bocahe wes almarhum diatas RU120-nya

    Suka

  3. Crystal setahu saya mang bebek yg bisa tembus 100 kpj dengan knalpot “telo”. sangat disukai cewek2 ..tukang ojek malah gak suka krn mahal…

    Jet Cooled…atawa RC100 spirit..juga keren..kencang…

    Bapakku dan keluarga dulu ngefans suzuki karena alasannya sepele : suzuki lebih baik dari yamaha karena bisa buat mobul..yamaha enggak. Lha trus dibanding honda..? suzuki lebih mudah ngrawatnya karena 2-tal.

    Jadilah bapakku punya Suzuki “minthi” FR60, RC-100, RC-100 bravo, Om punya A-100..
    hingga akhirnya setelah ada jaman Force-1 bapak berpindak ke yamaha sampai sekarang…hehehe…

    Suka

  4. kebalikan dengan keluargaku,bokap sempat pake GT100 langsiran 70an,trus CDI deluxe,ganti lagi RC 100,dibeliin motor pertama oleh bokap Rc110 Tornado GS.
    kakak pake RC80,terus ganti suzy Smash.yang murtad ane aja,mo ganti tunggangan liat sport suzuki jadul abiss,jadi pindah kelain hati
    FBMurtad mode :mrgreen: n

    Suka

  5. suzuki emang lain.
    Punya sensasi tersendiri.
    Pdahal kalo dipikir2, sama2 masuk gigi, sama2 buka tutup gas, tp punya sensasi yg susah dijelaskan.
    Tarikan halus tp cepet trus top speed bs dipaksa alias ok.

    Suka

  6. Crystal murni bebek paling kencang..modelnya juga bagus kok. tapi terlalu ramping dan ringan tidak sesuai dengan kecepatan dan rem tromolnya

    Suka

    • setuju dulur, suzuki crystal bagus kok mesinnya,palagi yang crystal tune, knalpot racing + seting portingnya bawaan pabrik, kuenceng, pernah ta pake boncengan, masih bisa hampir mentok di speedometernya,gilanya lagi ventury carbu cuma 16 mm sangat kecil bila dibanding force 1 yang sudah 20mm, tambah betul lagi kalau remnya yg kurang pakem kalah dengan force 1, tp crystal tetep motor yang kuenceng

      Suka

  7. Tahun 1998, Saya belajar naek motor pake Suzuki A100 lansiran 78 punya simbah. Biarpun tuir, waktu itu kondisi masih kinyis2.. Sekarang belajar nyetir pake suzuki APV Arena.. halah :mrgreen: saya nggak anti sama brand suzuki, tapi kalo suruh minang roda 2 suzuki.. masih mikir2..

    Suka

  8. Saya juga dulu benci sama suzuki, soalnya kaze-r saya sering diasepin dg mudahnya sama tornado di tanjakan (benci karena dendam). Makanya agak heran juga kalo pakdhe maskur bilang, suzuki payah di tanjakan. Lha wong seingat saya, yg bawa tornado itu rata2 ganas di tanjakan. Yg payah di tanjakan itu motor2nya kawasaki

    Suka

  9. shogun 125 dr thn 2004 baru bln juli 2011 gw kena korter 25 n ganti rante keteng bayangin bro 7 tahun baru ganti hebat kan
    n alasan lain motor suzuki paling gampang dan murah di bikin kenceng
    akhirnya gw sekarang pilih suzuki aja walah harga jual kurang tapi mesin awet
    kan lebih baik dari pada sebaliknya

    Suka

    • aq jg pkai shogun 125 th 2004 , smpe skrg 2013 blm trun mesin , pling gnt oli , kmpas rem n ban , hehe
      sma isi bensin , hahaha
      i love suzuki

      Suka

  10. suzuki TS100 utawa sing 125, iku sepeda apik Mas’e, murah terus gampang serpis’e, ancen onderdile larang larang soale gak ono imitasine, masio taun lawas sik iso diadu ambek sepeda sing luwih anyar,standar cumak mreteli lampu wis iso gae ngetrek 🙂

    Suka

  11. wah..kalo sempet tau jamannya GP100 berarti kita seumuran nih. motor itu jarang sih di JKT cuma katanya di Jateng sana motor itu jd idola yah? ga tau jg sih. kalo di JKT sih kebanyakan Yamaha. dlu sy ga suka bgt sama Suzuki TRS tampangnya ‘bapak2 bgt’. tp pas keluar RGR..nah itu baru namanya motor. tp sy pake Yamaha King sih bukan Suzuki. 😀

    Suka

  12. ya emang iya..GP100 itukan klo ga salah produksi thn 70an akhir. terakhir thn 78 klo ga salah. sy jg msh kecil bgt wktu jamannya GP100. cma sy paling ga suka lihat tampangnay TRS itu aja. RGR bru top tuh!

    Suka

  13. mas aku punya crystal tune 1994.kok kebul ato asap e banyak ya….gimana solusinya(bowo jogja)

    Suka

Komentar ditutup.