Oli Matic 1L Itu Tidak Ada


image

Oli khusus matic sudah banyak tersedia seiring makin banyaknya populasi motor transmisi otomatis ini. Beberapa merk telah mengeluarkan produknya, namun rata-rata dijual dalam kemasan bervolume 800 ml.

Motor saya yang bertipe matic adalah Suzuki Skywave. Motor ini bak olinya berkapasitas 1 liter, seperti pada motor sport. Sebelumnya saya menggunakan Oli Prima XP. Selama menggunakan oli ini tidak ada masalah pada mesin motor saya, jadi saya nyaman-nyaman saja memakainya. Walaupun sudah tahu ada oli khusus matic karena banyak diiklankan di media, namun saya belum berpikiran untuk ganti oli matic.

Sampai suatu waktu saya membaca tentang standar JASO-MA dan JASO-MB. JASO-MA digunakan pada mesin berkopling basah, jadi ada aditif anti slip kolping. Sedangkan JASO-MB dikhususkan untuk mesin berkopling kering, salah satunya tipe matic seperti yang beredar di Indonesia. Kemudian saya baru kepikiran untuk menggunakan oli yang seharusnya pada matic saya. Siapa tahu performanya akan makin bagus.

Ketika mendekati waktu servis, saya berkeliling kota Cilacap naik delman istimewa 🙂 untuk mencari oli khusus matic. Saya temui beberapa merk : Repsol 4T Matic, Top 1 Action Matic, Pertamina Enduro Matic, AHM Oil MPX2 AT, Yamalube Matic dan Evalube Scootic. Dari semuanya, ternyata tidak satupun yang dijual dalam volume 1liter. Hiks…nasib motor langka.

Sebenarnya ada nggak sih oli matic 1 liter itu? Di Cilacap tidak ada

WordPressed by Android on The Galaxy

Iklan

24 pemikiran pada “Oli Matic 1L Itu Tidak Ada

  1. pertamax dulu. gampang mah kalo di warung sini. hehehe…

    beli 2 kaleng aja pakdhe. sisanya buat nambahin kalo olinya nguap. kan matik Pulsar suka gitu…. ❓

    Suka

    • kalo aku baca sih cuma kayak gini:

      Pelumas PRIMA XP SAE 20W-50 ini direkomendasikan untuk digunakan pada mesin kendaraan terbaru dengan bahan bakar mesin. Kendaraan-kendaraan terbaru masa kini dengan multi katup yang dilengkapi sistem DOHC atau Twin Cam merupakan pengguna yang sesuai, sehingga pelumas ini mampu memenuhi tuntutan yang ekstrim pada kegiatan balap mobil maupun rally yang memerlukan pelumas dengan performance level API Service SJ/CF, CCMC (ACEA) G5/PD2 atau VW 501.01/505.00.

      yang kopling kering itu PrimaXP buat mobil sepertinya

      Suka

  2. iya bro…setahuku prima xp itu memang buat mobil (aka mesin kopling kering) makanya gak ada embel2 JASO MA nya….jadi mungkin gak masalah dipake di mesin cc kecil kopling kering (misal: matic)

    Suka

  3. Bro, biasanya di beres suzuki punya kok enduro matic 1L. Saya pake di skywave tiap service. Hehehe. Lokasinya dibandung padahal bukan jakarta

    Suka

  4. Makanya kalo beli motor itu yang umum-umum aja gitu loh! Sebaik Cek dulu spare part nya banyak tersedia dipasaran pa nggak! Misalnya Oli cek dipasaran (dibengkel yang paling deket dengan rumah) berapa volume yang beredar 0.8 atau 1 Liter, dengan begitu anda bisa jatuhkan pilihan pada motor merk tersebut. Sebab yang namanya oli itu harus sering diganti, minimal 2,000 s/d 5,000 Km harus diganti. Atau juga spare part yang lainnya yang pasti aus atau butuh penggantian (misalnya kanpas rem, v-belt, Oli dst). Dengan begitu anda bisa jatuhkan pada merk terentu (yang paling banyak spare part nya di bengkel yang terdekat dengan rumah atau tempat kerja anda!
    Jangan tertipu dengan bujukan manis para sales bro! Sebab percuma aja kan motor nya sih bagus & murah cuma kalo’ pas rusak spare part nya susah nya minta ampun nyarinya (belinya) kalo’ toh anda harus inden 1 minggu s/d 1 bulan!
    Untuk Oli yang kemasan 1 liter anda bisa pakai enduro matic (bukan promosi lho karena cuma merk itu yang ada kemasan yang 1 liternya karena umumnya kemasannya 0,8 Liter) yang bisa anda dapatkan di pom bensin (itu kalo’ ada lho), tapi kalo’ nggak ada ya terima aja nasib (anda harus beli 2 botol dengan kemasan 0,8 Liter) Sisa oli tersebut bisa anda pakai untuk perode penggantian yang berikutnya!

    Suka

  5. Justru setelah berkelan gonta-ganti Oli tuk Matic Hayate (adiknya skywave) : SGO, Enduro matic, fastron, shell matic, repsol, dan sekarang pakai PrimaXP… aq ngerasa malah enakan pakai prima XP.. suara halus.., tarikan berat2 tapi ngisi, suhu mesin terjaga (terasa dari tarikan motor yang tetap stabil)… n banyak yang udah ngalamin katanya pas service besar, jeroan mesinnya relatif bersih.. minim kerak pembakaran (berarti additive dan ditergent pada oli ini bekerja dengan sangat baiik sekali)… so, untuk apa ganti oli pakai merek lain???

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s