Motor Khas Pemudik


Dari ritual mudik yang menjadi sesuatu yang khas di Indonesia, kita lihat memang banyak sekali pemudik yang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasinya. Ada satu ke khasan yang digunakan oleh para pemudik motor tersebut yaitu adanya penopang barang di bagian belakang yang dibuat dari konstruksi bambu. Aman tidak ya?

Entah sejak kapan hal seperti ini dipakai oleh para pemudik?

Konstruksi bambu yang digunakan umumnnya berupa batang bambu atau kayu sebanyak 2 buah yang diikat ke body motor. Diikat ke begel belakang sampai ke shockbreaker. Atau ada juga yang dipanjangkan sampai ke swing arm. Perpanjangan bambu di belakang tersebut biasanya untuk menempatkan tas. Fungsinya seperti dudukan dan box motor, namun tidak permanen.

Dngan beban berupa tas yang kemungkinan besar hanya berisi pakaian, kemungkinan besar konstruksi seperti ini aman. Dengan bahan berupa bambu atau kayu ditambah dengan pengikat karetnya otomatis lentur terhadap gerakan.

Yang perlu diwaspadai adalah “ketidakbiasaan” menggunakannya. Dengan “aksesoris dadakan” seperti ini kemungkinan sang rider tidak biasa dengan pertambahan panjang motor. Takutnya ketika menyalip atau berbelok, akan menyenggol objek lain di jalan. Selain itu dipastikan momen inersia akan berubah dari kondisi standarnya.

Adakah yang pernah mempraktekkan hal seperti ini?

Iklan

20 pemikiran pada “Motor Khas Pemudik

  1. Yg seperti ini biasanya mtor sport.
    Meskipun ada jg bebek/matik.
    Kalo bebek/matic biasanya overload ditengah.
    Kemaren lht sport dipasang begituan ,tas miring hampir jatuh, yg bonceng sampai bingung megangin, tp yg depan tetep aja tancep hahaha

    Suka

  2. Rep tuku box givi ato kappa larang. Rep gawe keranjange bakul krupuk kegedhean. Rep gawe kranjang sayur wagu, yen gawe kranjang sampah mambu….hehehehe….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s