Internet Unlimited Itu Apa?


Internet Unlimited itu artinya apa sih? Apa artinya tidak ada batasan? Mbayarnya bagaimana? dll dll.. Itu dulu pertanyaan yang saya pikirkan ketika pertama kali akan menggunakan salah satu peket internet berlabel “Unlimited”.

Atau ada pertanyaan lain yang bilang :”Unlimited kok dibatasi 500Mb, 2Gb dll, nggak unlimited dong!”

Barangkali ada yang belum tahu, mari kita bahas sesuai pengalaman saya. 

Unlimited itu bahasa pasar, artinya kurang lebih : Anda akan tetap bisa berinternet dalam masa berlaku walaupun quota telah habis. Masa berlaku suatu paket biasanya adalah 1 bulan. Jadi selama sebulan penuh anda akan terus bisa ber-internet tanpa membeli paket lagi. Yang berubah kalo quota habis adalah kecepatannya, dari semua (quota masih) kita dapat kecepatan 3G (384 kbps) kemudian turun menjadi 64 kbps.

Kok ada quotanya, nggak unlimited dong?

Lha tiap quota ada harganya atau bahasa jawanya ana rega ana rupa, kalo semuanya di bebaskan ya pasti mbayarnya selangit. Operator mana yang mau rugi.

Yang perlu diingat adalah bahasa yang seolah bisa menipu, tertulis 384 kbps itu “b”nya “bit” bukan “byte“. Misal kita download menggunakan Internet Download Manager, maka yang tertulis di sana adalah “B” yang berarti “byte”. Kalo tidak salah 1 byte itu = 8 bit. Jadi kalo 384 kilo bit per second = 48 kilo bytes per second.

Menurut pengalaman saya, ada paket internet yang tidak unlimited (bahasa mana?) atau limited. Misalnya dulu saya pakai Axis, 34 ribu dapat 500 MB. Karena limited maka ketika quota habis, kecepatan akan tetap. Tapi resikonya makan pulsa non-paket yang harganya mahal sekitar 2 rupiah per KB. Kalo sudah begini dijamin bikin kantong jebol. Tapi itu dulu, sekarang kurang tahu apakah Axis juga sudah unlimited.

WordPressed by Android on The Galaxy

Iklan

31 pemikiran pada “Internet Unlimited Itu Apa?

  1. ada yang unlimited beneran, seperti starone.. cdma, sebulan 45ribu, buat internetan nonstop 24jam selama sebulan bebas.. tapi kecepatan cuma 153kbps atau setara kecepatan download 18KBps atau 1mb semenit..

    Suka

  2. Sejauh ini, kecepatan setelah kuota habis semua operator masih mengecewakan. 😦
    Ngomongnya setelah kuota habis turun hingga 64 kbps atau 128 kbps. Padahal nyatanya ngebuka satu blog atau halaman email aja lamaaaa banget. Saya buat ngunduh file, cuma dapet antara 3 – 6 kbps!

    Suka

  3. paket unlimited itu sebenarnya tanpa batasan, maksudnya disini tanpa batasan adalah bukan di quota/kuota. Melainkan speed yang dibatasi untuk dijual ke end user (konsumen) seperti kamu dan saya. Misalkan internet provider/operator “B” jualan internet unlimited yang dijual speed seperti 16, 32, 64, 128, 256, 512kbps atau 1, 2mbps, dstnya. Speednya yang dibatasi untuk komersil penjualan sesanggupnya end user. BUKANNYA PAKAI KUOTA (3GB, dstnya).
    Supaya dipahami.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s