Kode Spesial Ketika Ada Operasi Polisi


Foto : Edorusyanto

Operasi Polisi Lalu Lintas, kegiatan yang sering terjadi namun masih bisa dibilang “menakutkan”. Menandakan bahwa masih banyak pengguna jalan yang kurang tertib. Padahal kalo kita tidak melanggar peraturan termasuk di dalamnya piranti-piranti standar sesuai aturan yang berlaku, kita seharusnya tenang-tenang saja.

Walaupun ada oknum petugas yang mencari-cari kesalahan dari apa-apa yang ada di kendaraan kita, kita harus berani beradu argumen asal kita benar.

Ngomong-ngomong soal operasi polantas, ternyata di daerah Majenang, Cilacap, terdapat kode khusus untuk memberi tahu jika polisi sedang mengadakan operasi. Kodenya berupa dua jari yang digerak-gerakkan rapat-renggang atau maju mundur. Jika ada kendaraan yang baru saja melewati operasi polisi kemudian dia memberi kode ke kendaraan yang bertemu dan belum melewati tempat razia polisi tersebut.

Untuk saya, baru kali ini menemui kode semacam ini. Adakah kode yang semacam di daerah anda?

WordPressed by Android on The Galaxy

25 pemikiran pada “Kode Spesial Ketika Ada Operasi Polisi

  1. sebenernya kode 2 jari tersebut awalnya justru digunakan oleh para penegak disiplin sendiri, pada saat operasi kelengkapan kendaraan bermotor, demi kelancaran lalulintas, biasanya hanya sepeda motor roda 2 yang diperiksa, karena kalo semua mobil dihentikan untuk diperiksa, akan mengakibatkan kemacetan.
    oleh karena itu para petugas tersebut meberi kode 2 jari untuk menunjuk kendaraan roda 2 untuk berhenti dan diperiksa kelengkapannya….
    nha dari “gesture” tsb.. maka malah dibuat kode para pengguna jalan untuk saling meberi isyarat bahwa di depan ada operasi lalu lintas…

    Suka

  2. di banjar patroman sama om,,,
    malah di daerah saya n ditempat sering diadakan razia,, tempatnya pas tikungan setengah lingkaran, jadi kalo terlanjur masuk ya pasti ketahuan n gak bisa muter lagi sama orang situ di bikinkan palang segitiga dari kayu di badan jaln (pinggir) n orang2 situ juga udah pada tau

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s