Kenapa Rear Disk Brake?


Rear disk brake, fitur penghambat laju roda belakang ini sangat diharapkan oleh banyak orang agar menjadi fitur wajib di semua tipe motor yang beredar. Honda jor-joran memasangnya varian motornya. Paling pelit katanya Yamaha, yang masih setia dengan teromol lebarnya, yang tidak kalah pakem dengan cakram. Ngomong-ngomong kenapa sih pada ngarepin rear disk brake?

Bagi beberapa kalangan, rem cakram lebih diperlukan ke arah tampilan. Mereka tahu bayak rem teromol yang tidak kalah-bahkan lebih pakem daripada rem cakram. Dengan rem cakram di belakang maka akan terlihat sporty, penampilan terdongkrak. Yang motornya belum berfitur ini, mendatangi modifikator untuk memasangnya.

Bagi kalangan lain, kepakeman suatu rem itu memang penting. Mereka mengetahui bahwa rem cakram itu lebih pakem daripada rem teromol. Sehingga mereka mengharapkan terpasangany rem cakram di belakang karena : rem belakang adalah rem utama, rem depan adalah rem tambahan. Masih banyak lho yang bertanya : “kok rem depan cakram yang belakang teromol”. Atau : “kok rem depan cakramnya lebar – cakram belakang kecil.” “Kan yang utama itu rem belakang.” Contohnya di kasus ini.

Iklan

24 pemikiran pada “Kenapa Rear Disk Brake?

  1. Yang utama ya rem depan.. menurutku lho.. Lebih septi, lebih cepet brenti karena dari pengalaman kalo ngerem pake rem blakang biasanya motor malah ndlosor pada waktu digunakan hard braking

    Suka

  2. satu lagi masalahnya yaitu model rem tromol yg super jadul…sangat2 tidak pantes jika motor yang katanya “hi-tech” macam vixion masi pake tromoooolllllllllllllllll

    Suka

  3. penggunaan rem => depan 70% belakang 30% artinya rem depan paling utama, sementara rem belakang sebagai penyeimbang, so kenapa satria FU menggunakan piringan gede di rem depan? yg pasti semakin besar piringan semakin besar daya geseknya

    hehhe…tapi aku juga terjerumus dalam modifikasi rem, MX ku pake rem cakram belakang, skrng masih belum pakem, makanya 1 bulan ini belum sempat benerin rem, jadinya 100% pake rem depan saja

    trus kenapa NMP pake 2 versi, lah…klo orang2nya sama2 punya nafsu untuk ngebut, yg satu terselamatkan dengan pake rem cakram belakang, yang type SW cuma pake tromol, apakah tidak boleh punya kesempatan untuk mendapatkan daya rem yang lebih pakem dengan yang CW?

    Suka

  4. beda 2 motor, klo motor semprot mayoritas max itu rem depan, klo skutik mayoritas pake rem belakng dulu, karena skutik berat di pantat..:)

    Piss

    Suka

  5. memang pakem rem belakang utama itu udah terpatri di benak orang Indonesia…..

    sampe2 waktu ada rencana ganti sistem rem depan Shogunku jadi cakram, bapak saya protes, “Lah, ngapain, wong yang utama itu rem belakang.”

    supir saya juga sama, ngomong gitu. Bahkan katanya Smash doi juga (taun 2004/2005 lupa), baru 2 kali ganti kampas rem depan 😯 ngeri juga nihh

    klo udah gitu sih, cuek aja……..yg penting saya tau yang bener 🙂

    Suka

  6. gini masbro….
    kalo velg racing yang pake tromol….kan tromol menyatu ama velg..(beda dg spoke) atau ruji..
    Jadi yang kegerus saat ngerem kan bagian dari velg itu sendiri..
    jadi jika tromolnya dah aus harus ganti semua sama velg racingy…
    Kalo rear disk brake kan cuma ganti piringan cakram doank..lebih murah !!!
    just my opinion….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s