Cara Menghindari Pemakain Ponsel Saat Riding


Naik motor sambil memegang ponsel sekarang ini menjadi sesuatu yang setiap haru kita lihat. Baik untuk kegiatan panggilan maupun sms (atau bahkan browsing atau chatting) seolah olah menjadi sesuatu yang wajar. Sudah banyak yang celaka namun masih banyak yang tidak menyadarinya. 

Selama ini memang ada “tulisan” peringatan. Namun sangat jelas kurang mempan dan diabaikan. Memang seharusnya pengendara motor seperti ini harus dikerasi dengan tindakan dari petugas. Namun agak sulit juga prakteknya, karena mereka melakukannya ketika tidak ada petugas. Sebenarnya ada satu cara yang jika dibiasakan atau dimasukkan ke dalam peraturan (walaupun sulit) agar kita tidak tergoda untuk melakukan kegiatan dengan ponsel kita selama mengendarai motor.

Caranya mudah saja, biasakan selalu menggunakan sarung tangan ketika berkendara.

Dengan menggunakan glove, maka sentuhan terhadap keypad maupun touchscreen akan jauh berkurang akurasinya. Apalagi untuk layar tipe capasitive, yang hanya merespon sentuhan tangan/kulit, dijamin tidak akan berguna ketika tangan tertutup lapisan sarung tangan. Tipe keypad-pun mudah meleset sehingga menggunakan ponsel jadi tidak nyaman. Sehingga mau tak-mau ketika akan menggunakan ponsel, pengendara harus turun mematikan mesin dan melepas glove.

Mungkin masih bisa untuk kegiatan menerima telepon. Tapi setidaknya lumayan mengurangi kegiatan berbahaya itu.

Eits, tapi buka tipe glove seperti milik Kotaro Minami seperti foto di atas, yaitu sarung tangan “kutung”, yang seperti ini selain tidak melindungi tangan (terutam jari) secara penuh, juga tidak ada halangan untuk menggunakan ponsel.

Biasakanlah menggunakan full type glove, tangan terlindung, juga menghindarkan dari penggunaan telepon ketika berkendara.

WordPressed by Android on The Galaxy

Iklan

21 pemikiran pada “Cara Menghindari Pemakain Ponsel Saat Riding

  1. kalo aye hape tetep normal modus suara+getar, tapi di jalan sama sekali gak terasa bergetar, sebab kalah dengan vibrasi dari motor aye 😆 rada was2 juga sih ama sistim produksi :mrgreen:
    karena pake glove full dan motor kopling jadi males ngecek hape, kecuali habis ngisi bensin di SPBU (daerah aman tentunya) ato sampe di tujuan.. 🙂

    Suka

  2. Khusus untuk gambar yang berboncengan : boro – boro pake sarung tangan… Pake helm ? enggak… Motor ada spionnya ? Enggak. Pake jaket ? nggak juga… Bener” nggak safety dah :mrgreen:

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s