Ketika Televisi Mengandalkan Youtube


Terinspirasi dari tweet teman saya seperti image diatas. Sebagai informasi, teman saya itu memang “orang tv”, tepatnya seorang Creative di salah satu Televisi swasta di Mampang. Memang sekarang banyak acara televisi yang mengandalkan video dari Youtube sebagai pelengkap beritanya.

Selain acara pemberitaan juga program-program features biasanya mengandalkan video pendek berkualitas agak rendah dengan menempelkan watermark Courtesy of Youtube. Misalnya acara On The Spot di Trans 7 menampilkan hampir semua “tujuh”-nya dari Youtube. Juga acara-acara berita olahraga, misalnya menampilkan cuplikan goal dari pertandingan semalam juga dari Youtube.

Keuntungannya apa?

Bagi televisi jelas itu harga murah. Youtube sekarang sudah menjadi acuan bagi video sharing bagi semuanya. Jika ada suatau peristiwa heboh, lalu ada seseorang nun jauh di sana yang merekam dan mengungguh videonya ke Youtube. Pihak televisi tidak usah menerjunkan personilnya ke sana, karena tinggal comot dari yutub. Hanya modal jaringan internet, download..tayang.

Bahkan bisa jadi suatu ide pemberitaan dibuat berdasarkan video yang sedang menjadi “hot thread” atau trending topic di Youtube. Bagi pekerja televisi bisa “mengurangi lelah”.

Kerugiannya?

Bagi pemirsa jelas gambar yang ditampilkan kurang jelas, kebanyakan bureng karena resolusi yang dipaksakan. Bagi televisi sendiri akan mengurangi kreativitas seperti kata tweet teman saya diatas. Bagi pekerja televisi juga “mengurangi jatah” nya, apalagi yang suka berpetualang, rugi sekali :).

========================================

Selain televisi, Youtube memang sekarang manjadi andalan. Media virtual, forum-forum dan blog memakainya sebagai pelengkap bahkan dasar ide tulisan. Di dunia nyata banyak sekali orang menjadi terkenal karena Youtube, semisal Shinta-Jojo, Norman Kamaru, Funtwo dan lain-lain.

Apalagi dengan semakin mudahnya orang mengakses, baik mendownload maupun meng-upload video ke Youtube. Bahkan iklan operator terbaru menggambarkan ponsel lokal Nexian pun dengan mudah membuat tenar sesorang lewat kemampuannya merekam dan mengungguh video ke Youtube.

WordPressed by Android on The Galaxy

Iklan

19 pemikiran pada “Ketika Televisi Mengandalkan Youtube

  1. sebenarnya itu lebih kepada pemilihan pengutipan sumber video ataupun yang lainnya… karna kutip mengutip adalah hal jamak yang dilakukan, karena terkait tingkat kepercayaan masyarakat.. jika suatu sumber berita tidak ada rujukan yang jelas, maka berita itu bisa dibilang bohong karna tidak ada sumbernya.. dalam kasus courtesy of youtube ini agar sumbernya lebih mudah dan jelas, toh masyarakat sekarang udah pada tahu youtube itu apa.. walaupun sebenarnya video2 itu ada yang dari media link lain tidak hanya youtube..dari apda pening2 nyari sumber asli video itu dari mana, lebih mudah main pukul rata saja dari youtube.. ini analisa dari saya.

    http://agoey.wordpress.com/2011/11/19/dan-alstare-suzuki-pun-mundur-dari-wsbk/

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s