Angkutan Pelajar Di Desa


Pelajar, menjadi salah satu penyumbang terbesar aktivitas berlalu lintas di jalan. Bukti nyata, ketika sekolah sedang libur lalu lintas akan menurun kepadatannya. Hal ini sangat terasa perbedaannya d Jakarta.

Para pelajar ini melakukan perpindahan dari tempat tinggal ke lokasi tempat belajar menggunakan beberapa macam angkutan. Baik angkutan umum maupun pribadi, baik dengan mobil atau dengan motor.

Jika di kota para pelajar di kota besar menggunakan angkutan umum semacam bus kota atau angkot. Maka di desa atau kota kecil bisa dikatakan sama. Yang berbeda adalah perilaku dalam menaikinya. Jika di kota paling banter berdiri bedesakan di dalam bus. Maka di luar kota bisa jadi berdesakan di pintu alias “nggandhul”. Jika di angkot bedesakan di kursi tambahan. Didesa bisa bedesakan di pintu samping, bagian belakang mobil bahkan di atap.

Pengguna kendaraan roda dua pun berbeda karakter. Di desa banyak yang tidak pakai helm sama sekali. “Kan nggak ada polisi”, kata mereka.

Atau di tempat lain bahkan ada yang seperti foto di atas. Berdesak-desakan di mobil pickup dengan tambahan pagar besi.

Berbahaya kah? Pastinya iya. Tapi memang begitulah keadaanya.

Tulisan ini bisa dikatakan pengalaman pribadi saya sewaktu masih sekolah. Saya tiap pagi berdesak-desakan di pintu slias “nggandhul” di pintu koprades berlanjut hal yang sama di pintu bus Antar Kota Antar Kabupaten. Pulangnyapun tidak berbeda. Namun sekarang di desa saya Angkutan umun sudah punah, karena semua rumah sudah punya minimal 1 buah sepeda motor.

Tapi untuk bersepeda motor, saya selalu berhelm.

Iklan

12 pemikiran pada “Angkutan Pelajar Di Desa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s