Gembus Banyumasan, Ada Yang Bilang Donat Jawa


Gembus…barangkali anda sudah mengenal makanan yang satu ini. Tapi belum tentu barangnya sama antara istilah di Banyumas dan sekitarnya dibandingkan dengan istilah daerah Jawa lainnya. Gambar di atas adalah Gembus Banyumasan.

Gembus di wilayah Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara adalah makan yang terbuat dari tepung singkong yang diolah sedemikian rupa kemudian dibentuk seperti gelang dan kering. Makanya disebut juga “donat jawa”. Sedangkan di daerah Jawa lain (tempe) gembus adalah sejenis tempe terbuat dari ampas tahu. Gembus Banyumasan ini [barangkali] mirip Geblek di daerah Purworejo-Wates.
image

Untuk memasaknya Gembus bahan digoreng sampai mengembang dan empuk ketika digigit. Cara menggorengnya dengan cara dipasang pada batang besi lalu dicelupkan di wajan dengan minyak goreng panas, seperti pada foto pertama. Harganya? sangat murah.

Biasanya penjual gembus ada ketika ada tontonan atau keramaian semacam pasar malam. Namun sekarang ada juga yang mangkal seperti yang saya temui di pertigaan jalan Laban dengan Jalan Tentara Pelajar Gumilir Cilacap. Juga saya temui di Pantai Kemiren ketika hari Sabtu atau Minggu pagi, dimana banyak pengunjung di sana.

Kebetulan di lapangan dekat rumah ada pasar malam, kalo mau beli tinggal jalan ke depan rumah. :mrgreen:

Artikel lain tentang gembus:

Iklan

28 pemikiran pada “Gembus Banyumasan, Ada Yang Bilang Donat Jawa

  1. Dong nang tegal gembus kuwe tempe bongkrek padhe, di kasih tepung trus digoreng kayak mendoan, btw, nang pemalang gembus arane luwih parah… Tlembuk…

    Suka

  2. gembus aku cari2 sdh 20th. Pengin makan gembus tapi ga pernah ada dijakarta dan pas mudik ga ada juga. Makanya aku iseng mampir keblog ini. Makasih masih ada yg cinta makanan tradisional.

    Suka

  3. Lihat dari bahan kalau di Purworejo dan Kulon progo makanan ringan itu namanya geblek. Enak dimakan ditemani tempe bacem atau di Palembang dengan kuah pempeknya. Di Magelang dan sekitarnya tempe gembus terbuat dari ampas tahu. So, nikmati aja sesuai asalnya masing-masing — namanya keanekaragaman kulinenr …

    Suka

  4. Ping balik: Bakul Gembus | Kluban

  5. Angger neng Purwokerto lewih terkenal jenenge JALABIYA. Pancen neng daerah liya ana sing ngarani gembus. Tapi angger gembus neng daerah liya pancen ana sing mirip dhage tapi putih.

    Suka

  6. Ping balik: Mencicipi Gebleg, Cireng Versi Purworejo | Maskur's Blog

  7. Ping balik: Street Food Banyumasan : Gurihnya Gembus Atau Jalabiya – info BANYUMASAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s