Keuntungan 2 Bohlam


Motor berbohlam dua pada lampu utamanya bukanlah barang baru. Kalo tidak salah di Indonesia bebek Kawasaki Kaze sudah menerapkannya sejak tahun 90-an. Sekarang segala merk dengan banyak tipe mengaplikasikannya. Dari bebek, matic juga sport.

Kalo dipikir-pikir motor seperti itu mempunyai beberapa keuntungan:

-Seperti gambar di atas, Honda Supra Fit milik bapak itu mati sebelah bohlamnya. Karena ada dua bohlam, maka lampu utama masih menyala, walaupun dengan satu bohlam. Yah kecuali sedang tidak beruntung maka bisa mati dua-duanya. 

-Lebih hidup. Karena bisa dibentuk menyerupai dua buah mata. Seperti makhluk hidup maksudnya.

Ada yang lain? Hmm..agak males mikir… :mrgreen:

WordPressed by Android on The Galaxy

Iklan

42 pemikiran pada “Keuntungan 2 Bohlam

  1. Ducati yang diatas walaupun punya dua bohlam tapi utamanya cuman 1 , yang sebelahnya cuman sebagai high beam. Tapi kalau untuk fungsionalnya sebagai penerang, malah terangan yang 1 bohlam, dulu Shogun saya dua bohlam 25w/25w di jalan tetep aja beam patternya kecil. Dibandingkan motor sejenis yang cuman 1 bohlam(ambil contoh MX yang pake 32 w) malah kalah terang dan lebar beam patternya.

    Tapi kalau desain emang kerenan yang 2 mata dong, masa mau jadi cyclops :mrgreen

    Suka

    • @Rizqibe
      kayaknya moge memang begitu yah… kalo yang pattern apa nggak tergantung desainnya Cyclops = GSX

      @BapakeValen
      tapi jangan terlalu terang, silau, kasihan lawan arahnya

      Suka

    • lha yo nggak to, pakde. wong perbandingannya dengan yg 1 bohlam 32/35W itu kurang lebih sama.
      motor bebek cahaya lampu masih mengandalkan spul. Daya maksimalnya di rentang 30-35W.
      makanya kalo 2 bohlam dikasih 25WX2=50W, cahayanya justru malah redup. bohlam juga gak awet.
      kalo 18Wx2=36W, gak beda jauh sama yg 35W..
      CMIIW
      ini pengalaman saya pake jupiter.

      Suka

  2. ya itu bapak blum tentu mati sebelah lampunya, mungkin aja sengaja dimatikan sebelah untuk siang biar ngga ditilang pa pol. kalau malam baru dijalanin dua2nya… TS harus lebih cermat nih

    Suka

  3. Makanya yamaha uda kapok ngeluarin 2 bohlam (khusus spul AC). Ada benarnya dengan 2 bohlam malah lampu kurang terang , kayak shogun 125 FD saya dikasih bohlam 18w memang lumayan terang drpd 25w tapi malah cepet gosong.
    Lihat saja xeon karbu dulunya 2 bohlam, sekarang dengan xeon RC dengan 1 bohlam. Produk yamaha tebalik dengan Honda. Lihat blade lama 1 bohlam dengan new blade mengeluarkan 2 bohlam.
    Vario dan supra X125 masih mempertahankan 2 bohlam, tapi jangan salah spul motor tersebut itu walaupun AC tapi lilitan nya khusus 2 bohlam makanya terang sekali.,beda dengan shogun FD walaupun 2 bohlam tapi lilitan spul untuk 1 bohlam.
    Saya pernah dengar selentingan bahwa mendatang yamaha bakal memproduksi Jupiter Z dengan1 bohlam.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s