Jas Hujan Sebagai Kerudung


image

Musim hujan, pemandangan pengendara motor menggunakan mantel pelindung hujan sudah umum terlihat. Beberapa macam perilaku ber-mantel ria, baik menggunakan model personal 2 pieces, model ponco bahkan ponco tandem yang mirip barongan ebeg (kuda lumping). 🙂

Ketika menggunakan mantel ponco. Biasanya air akan menetes ke bawah dari ujung kanan dan kiri, sehingga bisa membasahi alas kaki. Karenanya banyak yang meletakkan ujung depan mantel model Batmannya ke depan lampu dan juga setang pastinya, jadinya motor berkerudung. Kalo yang seperti ini kira-kira bagainana, amankah?

Pertama masalah lampu, nyala lampu akan terhalang. Tapi ternyata mantel Batman itu rata-rata tipis, jadi sorot lampu masih menembusnya. Jika lampu sebagai alat eksistensi, masih bisa terdeteksi kalau malam sekalipun. Tapi jika lampu sebagai penerangan, dijamin tidak efektif.

Yang jelas tidak berfungsi adalah spion. Karena ditutupi jelas sama saja tanpa spion. Tanpa ditutupi pun, jas hujan ponco sudah sangat mengganggu fungsi spion. Lambaian tanganmu sisi-sisinya ketika motor jalan sangat membuat tidak nyaman.

Yang ketiga adalah fungsi pengendalian stang akan berkurang kebebasannya. Kali nyangkut bisa bahaya tuh.

Jadi menurut saya, jika terpaksa ber-Batman ria ketika hujan. Lebih baik basah namun tidak mengurangi kontrol kita terhadap motor. Dan yang paling baik memang mantel personal. CMIIW.

WordPressed by Galaxy GT-S5830

Iklan

20 pemikiran pada “Jas Hujan Sebagai Kerudung

  1. di rumah punya ponco tandem yg emang didesain buat dikrukupke stang, ada lubang yg bisa dibuka buat spion, di lampu pake plastik transparan. mbuh aman ga? tapi udah bertaun2 gak dipake.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s