Memelihara Gerobak Eropa


Translate : “Melihara gerobak (mobil bekas) menyebalkan sekali, bikin ludes uang di kantong. Mending naik motor enak, nggak macet, kantong penuh bisa buat pelesir.”

Screenshot diatas adalah keluhan seorang teman di facebooknya. Jadi penasaran mobil apakah itu yang bikin kantong jebol.

Ternyata jawabannya adalah Chevrolet Zafira matic keluaran 2001 dan ketika beli odometer menunjukkan 101.000 km. Wah mobil MPV yang bentuknya eropa banget ini dihargai berapa yah? Menurut sang pemilik dia menebusnya dengan harga 70 jutaan. Beliau memilih mobil ini karena tergoda dengan kenyamanan mobil eropa yang sudah terkenal mutunya. Juga karena dia prefer ke mobil bertransmisi otomatis.

Tapi akhirnya barangkali karena pemilik sebelumnya kurang merawatnya, maka dalam waktu sebentar saja sang pemilik sekarang sudah mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki kerusakannya. Diantaranya: Ganti radiator, Tie Rod, Shockbreaker, Waterpump. Walaupun mobil memang nyaman dikendarai, lari 120 km/jam masih nyaman. Namun harga sparepart yang lumayan membuat mobil ini sementara “dikandangkan”.

Pesan yang bisa diambil adalah bahwa ketika membeli mobil second-hand, kita harus mempertimbangkan riwayat servisnya. Kedua adalah walaupun mobil eropa itu nyaman namun harga sparepart dan juga ketersediaannya harus menjadi pertimbangan. Apalagi jika bertempat tinggal di daerah dan jauh dari Ibukota, pasti akan kesusahan jika perlu ganti sparepart.

Ditulis dari pengalaman seorang teman

WordPressed by Samsung GT-S5830

Iklan

45 pemikiran pada “Memelihara Gerobak Eropa

  1. ya begitulah baik mobil or motor klo beli bekas memang lebih banyak pertimbangan dan ceklistnya, sebaiknya beli nya juga santai ga nafsu pengen segera dapet mobil, apalagi tuh mobil cuma satu satunya ntar drmh, beda cerita klo udah punya mobil yg lain dan beli bekas buat ‘koleksi’ hahha

    Suka

  2. Banyak keluhan dengan Chevy Zafira ini, bahkan temen saya kelimpungan dengan problem ECUnya, yang sangat susah untuk di reset walaupun sudah di dealer resmi….
    Tapi kalo selain jenis Zafira, tak ada problem tuh pakde… seperti Spark, Tavera, Opel, Captiva…. dan setahu saya hanya Zafira yang sering probelm…

    Suka

  3. Namanya beli mobil bekas ya gitu deh, untung-untungan. Jadi jangan mendiskreditkan mobil buatan Negara / Merek tertentu, itu namanya ga fear. Meskipun kita beli mobil dari baru (Buatan jepang, eropa, korea) kalau sudah lima tahun ya siap2 saja keluar biaya lebih. Kalau mobil kita agar tetap sehat dan ga keluar duit banyak, ya baiknya ntu mobil digantung aja dirumah…..ane jamin mobil akan tetap mulus dan ga keluar duit seperakpun. he he

    Suka

  4. Salam kenal Maskur,
    Artikelnya sangat menarik ttg Zafira. Dan saya sendiri adalah pemilik mobil ini keluaran tahun 2004 (tahun produksi 2003) dan telah menggunakan sejak tahun 2007 sampai sekarang dan belum terbesit untuk menggantinya dengan mobil lain.

    Sekedar sharing saja, saya adalah penggemar mobil eropa tapi perkenalan saya dengan Zafira terbilang aneh, krn pertama saya memiliki tidak mempunyai pengetahuan apapun ttg mobil ini. Beruntung saya bergabung dengan komunitas mobil ini di “Zafira Indonesia Community” yang banyak membantu saya. Akhirnya, banyaknya pengetahuan saya ttg mobil ini dan menjadi begitu sayang.

    Sekedar informasi, bahwa mobil tergolong mobil uzur untuk masa sekarang namun kehandalan dan teknologinya tidak lagi ketinggalan bahkan terbilang maju untuk kelasnya, sampai-sampai mobil ini di cloning beberapa perusahaan mobil termuka di dunia seperti, Holden, Subaru, Vauxhall, bahkan VW.

    Kebiasaan dan paradigma pemilik mobil indonesia yang kadang menjadi kendala. Karena karakter mobil Jepang memang sangat beda dengan mobil Eropa. Untuk saat ini beberapa sparepart Zafira di pasaran after market sangat banyak dan bervariasi, jadi menurut saya tidak ada kendala lagi dari segi perawatan yang sebanding dengan kemampuan dan kenyaman.

    Dukungan di komunitas yang menyediakan perawatan di bengkel rumah yang rekomen membuat kami tidak lagi bergantung pada Bengkel Resmi. Apalagi dengan harga yang terjangkau dan kekeluargaan.

    *sekali lagi mohon maaf, dan tidak ada maksud apapun. Salam kenal dari saya.

    Suka

  5. saya pernah pake hanya 10bulan, asli ga kuat spare partnya…..kalau dipake udah saya coba bandingkan dengan grand livina 1.8 & inova 2010…jauh gan makenya…kalau lagi sehat ini mobil nyaris perfekct buanget….nyaman & tarikannya muanteb…tp kalau udh kena salah satu komponen siap2 aja rogok kantong..hwa hwa hwa……

    Suka

  6. Saya baru aja beli zafira tahun 2001, dan baru pertama kenal mobil eropa dan matik, saya ada kendala, dimana lampu indikator menyala terus (yang gambar mobil slip). selain itu setelah indikator tsb nyala, ternyata tarikannya jadi berat. Mas-Mas kenapa ya? ada yang bisa bantu? Trims

    Suka

    • Indkator gambar mobil slip adalah indikator ABS (auto break system), mungkin ada sensor ABS yg terbaca saat mobil berjalan atau kotor atau sensor ga berfungsi, sehingga mobil di baca berhenti. Utk lebih jelas silahkan ke bengkel alernatif pak atau kalo mau lebih jelas silahkan join di mils id-zafia@yahoogroups.com, di sana banyak rekan” yg ahli yg siyap dan rela membantu permasalahan yg bersifat teknis.
      salam,
      mah[e]sa|zic044|b 2600 ky|jatiasih
      Sent from Sapi Djenar®

      Suka

      • Matur nuwun Mas…..sekarang malah tambah nih…..mesin mbrebet dan nggak ada tenaga, apa mungkin businya atau masalahnya terkait dengan ABS ya….soalnya kalau lampu ABS nggak nyala, tarikannya jadi bagus…..

        Suka

  7. aku punya masalah seperti mas Sugeng, daya loyo, sensor ABS nyala. Ternyata problemku adalah seal transmisi yang sudah keras (bahkan waktu dibuka satu sudah pecah, maklum lebih 10 tahun). Setelah ganti (habis 900rb kira2 untuk 4 set – 8 benda) jadi kuat lagi. Kata montir, itu tekanan oli transmisi tidak segera muncul sehingga mobilnya tidak mau jalan (loyo)… sekarang lari 120km/h sudah oke lagi…

    Suka

    • Sudah gabung di milis zafira (di id-zafira@yahoogroups.com) Om Khairulu, bisa saling share ttg masalah sapi (panggilan akrab zafira kita) dan silahturahmi di antara penggembala sapi yg bisa menginspirasikan kita semua.
      Kita tunggu Om Khairulu.
      salam,
      Sapi Djenar|044|B2600KY|Jatiasih®

      Suka

  8. semua itu tinggal uangya.kalau kita punya uang banyak jangankan hanya mobil bekas dan partnya, pabriknya pun bisa kita beli. ndak ada pabrikan apapun didunia ini yang memproduksi barang berkualitas dengan harga murah, pasti pabrik tersebut tidak lama akan gulung tikar. jadi kesimpulannya, kalau kita suka apapun yang kita inginkan bisa kita miliki. jangankan uang nyawa pun jadi taruhananya.semua barang2 produksi pasti punya nilai kualitas yang berbeda, “REGO NGGOWO RUPO”

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s