Motor Baru, Pelat Nomor dan Surat Jalan


Sodara ada yang membeli motor baru. Tapi maunya dibawa jalan ke jalan raya, antar anak sekolah. Pokoknya penginnya dipakai terus.

Kalo menurutku sih belum boleh. Karena belum ada pelat nomr dan STNKnya. Kita lihat aturannya dari UNDANG-UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN.

Pelat nomor:

Mengemudikan kendaraan bermotor tanpa plat nomor polisi Kurungan paling lama 2 bulan atau denda Rp. 500.000 Pasal 280

STNK:

Mengemudikan kendaraan bermotor tanpa STNK atau STCK Kurungan paling lama 2 bulan atau denda Rp. 500.000 Pasal 288 ayat 1

Ternyata kalo peraturan ini ditegakkan hukumannya ngeri juga.

Tapi sodara ini beralasan :”Kan sudah ada surat jalannya.”

Saya penasaran, surat jalan macam apa itu.

Oalah..ini sih surat jalan pengantaran motor dari dealer ke konsumen. Waduh! Kirain surat jalan dari kepolisian. Wah pelanggaran ini sepertinya sudah sangat umum.

34 pemikiran pada “Motor Baru, Pelat Nomor dan Surat Jalan

  1. sekarang ada plat putih sama stck masbro..itu udah kewajiban dealer,kalau ngga dikasih harus ditanyakan ke dealernya tu..malah kalau situ ngambil motornya pagi siang udah ada plat putih sama stcknya..kalau kesorean sih biasanya besoknya,soalnya berhubungan sama waktu kantor samsat.

    Suka

  2. STCK lazimnya hanya utk kendaraan built-up, seperti Honda CBR 150, krn proses pembuatan STNK motor built-up bisa makan waktu hingga 3 bln. Klo motor non built-up gag ngaruh, biasanya kurun waktu 2 minggu sdh jadi, so gag perlu STCK yg masa berlakunya hanya sebulan krn sebelum masa berlaku STCK habis STNK sdh jadi. Dan STCK ada biayanya perbulan makanya dealer tdk mau mengurus jika hanya motor non built-up.

    Suka

  3. surat jalan punyaku dulu sdh ada nopolnya yg sesuai dengan nopol asli,Pakdhe… jadi smbari nunggu keluarnya stnk dan plat yg bisa 2 minggu.. saya beli plat di pinggir jalan.. :mrgreen: tapi giliran stnk jadi..plat nomor aslinya lha koq suruh nebus 25 rb… 👿

    Suka

  4. kalau plat putih yg masa aktfnya sudah habis,,, minta di delernya..???ehhhh..?katanya belom jadi…????_~_~?mau ke surabaya nich….bahaya kena oprasi gak ya bro…?????dan untuk plat sementara n STNKnya belom jadi gman brow?kalau di bawa keluar kota ada prioritas untuk bebas dari oprasi gak brow?

    Suka

  5. sy barusan beli motor baru belum ada plat. kalo motor dipake ke pom bensin boleh ga sih? pom bensinnya ada dijalan raya. ngeri kena polisi. takut dikandangin.:/

    Suka

  6. ealah surat jalan dari dealer :v
    kalo masalah STCK, ada yang dikasih ada yang engga atau kalo ga sih biasanya dikasih surat jalan dari kepolisian.

    Kebetulan kemarin abis angkut mobil baru dapetnya surat jalan dari kepolisian n plat hitam (daerah Jogja). Tapi biasane kethok soale ada formatnya (AB **** X/AB **** X*) dadi kethok nek anyar wkwkwk :v

    btw kalo di Jakarta STCK sama Surat Jalan sih biasanya ga dikasih (cuma buat dealer/keperluan test drive, format nomornya biasanya B **** X**/B **** X)…

    Suka

  7. Saya barusan beli motor baru daerah Klaten (plat AD). Kata dealer-nya cukup pake surat jalan sementara nunggu 15 hari utk STNK dan Plat nomor jadi (kalo nggak molor). Kami tinggal skitar 17 km dari Klaten (tepatnya kecamatan Delanggu) dan setiap hari istri kerja di Klaten.

    Belum ngerti wujud surat jalannya (isinya apa saja), tapi kata petugas dealer-nya .. motor boleh dipakai di jalan raya asalkan utk daerah Klaten dan sekitarnya (bahkan berani bilang boleh dipake di seluruh eks karesidenan Surakarta plus Klaten – entah benar apa nggak kata2 yang ini)
    
    Cuman agak ngerti plus deg2-an aja mau makainya … sempat kepikir utk pake plat lama ketika 1,5 tahun lalu pernah beli motor baru (catatan: motornya sampai sekarang masih dipake. Kalo rencana nekat ini jadi, akan ada 2 motor dengan plat nomor SAMA :-D)
    
    Gimana menurut rekan2? Soalnya kalau mau pake motor tanpa plat, apalagi motor baru, agak ragu juga nanti banyak polisi ngelirik karena lihat ada kesempatan untuk nilang… thanks sebelumnya
    

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s