DP Minimal 25%, Saatnya Kembali Ke Selera Asal


DP 25 % untuk kredit sepeda motor ditetapkan pemerintah dengan berbagai tujuan. Barangkali ada dua tujuan utama yaitu : pertama, membatasi pertambahan jumlah sepeda motor dan kedua, mengurangi kredit macet. Karena dengan DP yang besar maka cicilan akan mengecil, sehingga diharapkan kemampuan mencicil konsumen akan lebih tinggi.

Terlepas dari ATPM (dan karyawan didalamnya) yang akan merasa dirugikan. Sebenarnya bagi para pembeli motor tidaklah terlalu masalah. Asalkan tujuan pembelian motor adalah untuk kebutuhan, bukan mementingkan gengsi. Tak bisa dipungkiri, sepeda motor walaupun sudah sangat umum namun masih saja menjadi barang untuk menunjukkan prestise. Makanya orang pilih motor baru, karena mengejar gengsi.

Sekali lagi, jika kebutuhan sepeda motor itu untuk alat transportasi, kenapa tidak kembali ke selera asal. Jaman dulu dimana leasing belum ada, memiliki sepeda motor baru itu adalah sesuatu yang luar biasa. Membeli sepeda motor second adalah hal biasa. Jika DP motor baru dianggap mahal, kenapa tidak melirik sepeda motor second.

Sekarang banyak sepeda motor yang kondisinya masih bagus di showroom motor bekas. Tersedia yang tinggal pakai tanpa perlu servis besar.

Maaf ini hanya sedikit ide bagi yang merasa bahwa DP 25% itu berat.

Iklan

12 pemikiran pada “DP Minimal 25%, Saatnya Kembali Ke Selera Asal

  1. sepeda motor walaupun sudah sangat umum namun masih saja menjadi barang untuk menunjukkan prestise. Makanya orang pilih motor baru, karena mengejar gengsi.
    ===================================================
    tepok jidat,garuk-garuk,guling-guling,lompat-lompat,gigit bantal dll dll

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s