Razia Polisi Dihilangkan, Terus Apa Gantinya


Foto : Edorusyanto

Membaca blog Amamali – yang notabene adalah orang Jawa Timur – tentang dihilangkannya razia oleh polisi di jalan umum di wilayah Jawa Tengah. Yah walau dibenci, namun operasi polisi alias mokmen, bisa menjadi shock teraphy agar orang patuh (setidaknya untuk sementara).

Karena kelengkapan kendaraan itu tidak cuma untuk menguntungkan si pengendara sendiri, tetapi juga orang lain. Misalnya di motor ada fitur sein, sebagai kode akan berbelok. Karena tidak ada lagi razia maka (orang yang tidak sadar keselamatan jalan) orang cuek saja walaupun seinnya mati. Ketika di jalan mau belok, ternyata pengendara di belakangnya menabrak karena tidak ada tandanya.

Jika tidak ada lagi shock teraphy maka orang tidak akan bilang lagi :“Nggak papa lewat sini nggak pake helm, nggak ada polisi kok.”

Karena tidak polisi seterusnya, ya udah bebas-bebas saj di jalan raya.

Jika razia memang dihilangkan, harus ada penggantinya yang sekiranya benar-benar efektif. Jika cuma kampanye safety riding sepertinya kurang efektif. Terkecuali harus amat sangat rutin dilaksanakan. Karena perilaku orang indonesia kalo tidak ada punishment alias damai-damai saja ya udah..tenang-tenang saja.

😦 :(—————-Horeeeeeeeeeeeeee…….kita bebassssss………..di jalan raya…..—————————– 😦 😦

Iklan

10 pemikiran pada “Razia Polisi Dihilangkan, Terus Apa Gantinya

  1. perbanyak aja CCTV kyk dichina dan korea, polisi jarang disono, klo ada pelanggaran, pointnya dari simnya berkurang, tapi disana bikin SIM susahnya setengah mampus, makanya klo SIMnya di cabut 3 tahun ngak boleh nyetir..:)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s