Candi Cetho – Sukuh, Inilah Ceritaku


Para koboys-er beberapa waktu yang lalu berwisata sejarah ke Candi Cetho dan Candi Sukuh, Karanganyar. Ingin ikut sebenarnya, namun jarak dan waktu yang tidak memungkinkan. Mengingat kedua candi tersebut, saya jadi teringat pengalaman saya tahun 2004 ketika menyambangi dua peninggalan sejarah tersebut.

Pertama-tama saya mendatangi Candi Sukuh, padahal tujuannya adalah Cetho. Penyebabnya adalah karena gagal melewati tanjakan sebelum Kebun Teh Kemuning. Aneh sekali..padahal tanjakan ke Sukuh juga sama curamnya.

Saya mencoba beberapa kali tetap saja tidak kuat. Motor yang digunakan adalah Honda Grand Impressa. Ada petani yang bilang “Mas pas menggok, ngebel (nglakson) dhisik.”

Akhirnya dicoba cara itu (padahal takhayul), tetap saja gagal. Akhirnya balik arah, daripada nggak kemana-mana ye Sukuh tujuannya. Candi yang katanya simbol seks ini sepi dan hanya dikunjungi oleh beberapa pasang anak sekolah berseragam SLTA.

Dua minggu kemudian, karena penasaran, saya dan calon istri pergi ke sana lagi (Candi Cetho). Kali ini sukses, padahal motor yang digunakan sama.

Tanjakan yang sebelumnya gagal dilalui, kali ini dengan mudah dilewati. Kebun teh kemuning yang justru rame karena tempat orang pacaran juga terlewati. Sampai tanjakan terakhir menuju lokasi Candi Cetho juga sukses ditaklukan.

Kesan saya, untuk dolan-dolan, candhi Centho lebih enak. Candi Sukuh cocok untuk study tour khususnya tentang sejarah.

Foto : group facebook koboys

Iklan

16 pemikiran pada “Candi Cetho – Sukuh, Inilah Ceritaku

  1. liwat kandang+sewu jalur normal kangmas…yang dari cetho lebih jos dan asri soale jarang yang liwat situ ( 8 jam sampe mbok yem )

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s