Soto Bonjok, Standar Tapi Nikmat


Soto bonjok, sudah sering dengar katanya enak. Mungkin ini salah satu Soto di seputaran Banyumas kota lama yang belum saya cicipi. Akhirnya liburan 3 hari kemarin kesampaian juga ke sini. Overall, kesan saya mengenai soto ini adalah : Standar atau bisa dibilang biasa saja, namun rasanya enak dan recommended.

Datang ke warung ini, terlihat memang hanya rumah tinggal model lama ditambah papan nama. Pemiliknya ternyata saya kenal, dia mantan sopir angkutan pedesaan.

Tampak dalamnya juga merupakan rumah kayu yang dulu banyak ditemui di desa-desa. Rumah model ini memang mempunyai ruangan yang luas dengan 4 buah tiang sebagai saka guru-nya. Atapnya terbuat dari rangkaian bambu yang disebut rangken.

Meja kursi yang digunakan juga cuma meja kayu ndeso dengan lincak sebagai tempat duduk.

Mari kita ulas sotonya. Sotonya khas banyumas yang seperti saya bilang di atas standar sekali, dengan ketupat ditambah dengan kacang tanah goreng. Sambalnya dari kacang dan di warung ini kebetulan sambalnya tidak pedas. Jadi kita bisa menambah banyak sambal agar makin mbleketaket, tanpa takut gangguan pedas dan gangguan perut.

Lha standar kok rame. Memang standar, tidak ada penambahan daging khas seperti Soto Sekengkel misalnya, atau daging yang banyak seperti Soto Tiwen. Porsinya juga standar tidak terlalu sedikit ataupun terlalu munjung. Namun racikan bumbunya memang…nikmat….

Buktinya pengunjungnya banyak, rame, bermobil. Dan kadang masih siang sudah habis. Seperti yang dialami kang Chubby, sudah susah-sudah nyari alamatnya, sampai sana sidah habis.

Ngomong-ngomong dimana sih alamatnya?

Di desa memang dan bagi yang tidak akrab daerah Banyumas akaan susah. Tapi tenang, disini Garcem alias GPS Cangkem :mrgreen: berfungsi dengan baik. Tanya di Banyumas dijamin orang tahu.

Rute ke Soto Bonjok ini kalo dari Banyumas: Alun-alun ke timur, sampai pertigaan SMKI maih ke timur. Sampai pertigaan lagi lurus lalu belok kanan. Ikuti jalan kecil, terus ada pertigaan kecil belok kiri–kalo susah menemukan pertigaan kecil tanya orang saja, bilang mau ke Bonjok atau sekalian Soto Bonjok. Ikuti jalan sampai pertigaan SD Negeri Sokawera (SD berapa saya lupa). Dari pertigaan SD tapi ke Timur kurang lebih 300 meter. Bisa dilihat di peta, klik untuk membuka ukuran aslinya.

Atau kalo anda dari arah Banjarnegara atau dari selatan lewat jalur alternatif Wijahan – Sokawera, sampai di Pasar Sokawera langsung ke utara, nanti akan bertemu pertigaan SD Negeri seperti diterangkan di atas.

Soto-soto lain seputaran Banyumas (kota lama)

=================================================================

Memang ada informasi dan desas-desus yang agak mistik, seperti komentar teman saya di facebook;

lah jane tulih ra enak..kenang sawabe bakule kue..anu dukunan..deleng bae bakule sekeluarga mlebu warung tuli nyeker..ra sandalan..

(lah sebenarnya nggak enak…kena efek penjualnya itu..pake dukun…coba lihat penjualnya sekeluarga kalo masuk warung nyeker…nggak mau pake sandal)

Wallahu a’lam

WordPressed by Samsung GT-S5830

Iklan

15 pemikiran pada “Soto Bonjok, Standar Tapi Nikmat

    • aku nggak perhatian dan nggak tahu tentang itu. tapi katanya itu semacam persyaratan dari ‘penasehat spiritual’ biar tetap laris. aku ngertine malah nembe ngesuke, kancaku ana sing crita

      Suka

  1. soto sangka wis tau. soto sekengkel wis tau. gari soto ni tiwen karo bonjok kiye.
    dadi rajin kuliner soto banyumas berkat dirimu, mam.
    kapan ya mudik maning…

    Suka

  2. Ping balik: Soto Sutri Sokaraja, Slurp…. | Learning To Live

  3. Ping balik: Soto Kecik | Learning To Live

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s