Eredivisie Dan Merah Putih


image
Ngomongin bola lagi nih. Eredivisie itu level tertinggi kompetisi sepakbola di Belanda. Walaupun mungkin kalah kelas daripada Liga Inggris, Spanyol, Itali dan Jerman, namun dari liga ini muncul tim dan pemain hebat. Saya tidak akan membahas pemain dan tim hebatnya, cuma mau membahas kostum alias jersey klub sepakbolanya.

Ada satu pertanyaan selama ini, kenapa tim bola elit di Eredivisie menggunakan warna dasar yang sama : merah putih?
image
Ajax Amsterdam, tim dengan koleksi juara terbanyak ini mempunysi jersey berwarna merah di bagian tengah badan, kombinasi warna putih di sisi dan lengan.

image
Tim kedua adalah PSV Eindhoven. Jerseynya juga merah putih, namun berupa kombinasi garis-garis vertikal, entah merah di atas putih atau sebaliknya.
image
Tim elit selanjutnya adalah Feyenoord Rotterdam, kostumnya merah putih tapi kombinasi warnanya kontradiksi. Setengah badan merah, setengah putih. Lengan yang satu merah, satunya putih. Pernah juga model per-empatan yaitu di bagian badan dibagi 4 bagian, merah diagonal dan sebaliknya.
image
Kalo ini AZ Alkmaar, juara 2 musim yang lalu. Merah di badan dan putih di lengan, mirip jersey Arsenal.

image
Sparta Rotterdam, sekarang ada di Eerste Divisie alias divisi satu. Namun tim sekota Feyenoord ini masuk 1 dari 8 tim yang pernah juara Eredivisie. Warna kostumnya mirip PSV.

Kenapa ya tim-tim elite Eredivisie suka kombinasi merah dan putih? Di liga lain cuma Arsenal dari Premier Liga yang menonjol. Di Spanyol ada Athletic Bilbao dan Atletico Madrid yang terkenal.

WordPressed by Samsung GT-S5830

Iklan

6 pemikiran pada “Eredivisie Dan Merah Putih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s