Kontradiksi Di SPBU


Bukan kontradiksi dimana ada mobil mewah dengan motor butut yang sama-sama ngisi premium. Tapi masalah mematikan mesin. Motor sebelah kiri (Abs. Revo) masih meyalakan mesin ketika mengantri bahkan hingga tinggal 2 motor lagi di depannya. Sementara yang kanan (Blade) sudah mematikan mesinnya sejak dia datang mengantri. Eits.. motor di belakang Abs. Revo juga sudah mematikan mesin dari awal lho.

Sebenarnya kenapa sih orang suka malas mematikan mesin ketika mengantri? Malas dorong motor? Biasanya pelakunya memang wanita remaja, namun setelah diperhatikan tidak ada batasan jelas mengenai pelaku itu. Kadang laki-laki kekar juga mengantri bensin dalam keadaan mesin hidup.

Lho yang dilarang kan ketika mengisi BBM, waktu ngantri tidak dilarang kok!

Kita coba bersikap bijaksana. Ada minimal 2 keuntungan kalo kita mematikan mesin ketika mengantri:

  • Irit

Dengan mematikan mesin kita menghemat bahan bakar yang akan terbuang percuma. Lho kok percuma? Lha jelas percuma wong motor diam kok mesin dihidupkan.

  • Meminimalisir bahaya

SPBU itu wilayah yang rawan terbakar karena berisi bahan bakar. Kalo sampai terjadi kebocoran atau tumpahan maka yang akan “dikejar” bahan bakar adalah yang mengeluarkan api atau panas seperti halnya mesin yang sedang hidup.

Selain itu coba kita pikir, dengan mesin yang hidup dalam keadaan diam maka pendinginan tidak optimal, untuk mesin berradiatorpun, setidaknya hal ini akan mengurangi umur onderdil motor. Hal lain adalah polusi asap, selain menambah “sampah” udara juga bisa menimbulkan “sumpah serapah” ketika asap motor mengenai orang di belakangnya.

Hehe..kadang kalo lihat orang menghidupkan mesin ketika mengantri dalam hati misuh-misuh :”Wong kok ora mikir!”

32 pemikiran pada “Kontradiksi Di SPBU

  1. Pernah liat metik gak dimatiin n hampir ndlosor krn anaknya puter gas..untung tangan kiri si bapak msh pegang kemudi jd bs rem kl gak bs beruntun ndlosornya.

    Suka

  2. sip…. nambahin aja, alangkah baiknya motor di matiin. tapi poto-poto sebenarnya gk boleh juga lo. xixixixixi. hp juga di matiin sebaiknya. 😀

    Suka

  3. mengidupkan mesin saat mengantri ada tujuannya, kalo spbunya kebakaran kan kita bisa langsung kabur, nggak perlu susah-susah nyelah motor :mrgreen:

    Suka

    • Lho kan gambarnya kamera dan ponsel.

      Lha ini kan kamera ponsel. Hehehe ngeyel mode …

      Nggak, setahuku yang dilarang itu Blitz atau flash kamera dan menelpon…..

      Suka

Tinggalkan Balasan ke mas wahyu Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s