Makhluk [Biasa] Yang Bikin Gempar, Indonesia Yang [Sok] Heboh


Di era keterbukaan informasi ini, banyak hal sepele yang jadi besar dan seolah-olah hal aneh. Baru baca di media online tentang ular berkaki empat, seperti gambar dibawah ini:

Sewaktu kecil, hewan semacam ini sering saya temui di tumpukan daun atau di dekat kandang hewan. Bahkan walaupun agak geli, sering saya buat mainan bersama teman-teman. Jadi kenapa mesti heboh? Coba cari di Wikipedia, hewan ini disebut Kadal ular.

Tidak cuma kadal ular ini yang seolah-olah jadi sesuatu yang heboh, simak beberapa contoh lain:Sempat heboh muncul bunga bangkai di perkampungan penduduk seperti foto dibawah ini:

Halah….ini sih cuma bunga suweg /sluweg (Banyumas). Bunga ini adalah fase Generatif dari tanaman ini, setelahnya muncul tanaman suweg yang berbentuk batang lurus dengan daun menyebar di atas. Saya dulu waktu masih di desa sering disuruh menebang bunga ini karena memang berbau busuk dan di kerubungi lalat. Silahkan cek di Wikipedia lagi : Suweg.

Atau barangkali biar terkesan keren, ada makanan dari Jepang yang berbahan konyaku. Konyaku ya Suweg versi sana, tidak lebih. Sluweg ini enak lho, umbinya lebut. Apalagi kalo dicimplung di rebusan nira. Tapi kalo mencucinya kurang bersih bisa menyebabkan gatal di lidah.

Pernah baca lagi tentang ditemukanya Naga Mini di Sulawesi. Wow! Naga? Cck…. Gambarnya semacam ini:

Ini sih salah satu mainan saya waktu kecil. Kalo di kebun sering saya kejar-kejar dan ditangkap. Namanya Tlérép, semacam kadal kecil yang mirip bunglon tapi jauh lebih kecil dan punya keunikan punya lapisan semacam sayap diantara kaki depan-belakangnya. Sehingga dia bisa melayang dari pohon ke pohon.

Kadal ini juga punya ciri khas lain yaitu janggutnya ada semacam kulit berbentuk segitiga yang ditegakkan pada saat tertentu. Kami menyebutnya “Kadal sing ana kacune” (kadal yang ada kacu/sapu tangan nya). Kalo di Wikipedia namanya Cicak terbang, walaupun dia bukan cicak sama sekali.

Ada lagi hewan yang pernah saya baca jadi suatu “kehebohan”, yaitu tokek terbang.

Kalo yang ini memang agak unik dan langka. Saya pernah memeliharanya sebentar karena merasa heran ada tokek  dengan “stripping” :mrgreen: berbeda dengan tokek biasa, serta mempunyai “fairing” 😆 di tubuhnya. Tokek biasa berwarna totol-totol abu-abu dan merah.

Hewan yang saya temui di pohon kelapa ini berwarna mirip kayu lapuk, “berstripping tribal” :mrgreen: karena motifnya lancip-lancip. Selain itu tokek ini juga mempunyai “fairing” berupa lapisan kulit yang mirip sayap, diekornya juga ada kulit tambahan berebntuk pipih.

Masih ada?

Yang baru-baru saya heboh dan jadi wabah nasional : tomcat

Hewan ini sebenarnya mudah kita di jumpai di sawah, lapangan rumput dan semacamnya. Karena hebohnya pemberitaan, saya pernah bertemu dengan orang yang dengan hebohnya bercerita habis bertemu tomcat, kalo Tom-terong barangkali menarik :mrgreen: lha tomcat itu di lapangan sebelah rumah juga banyak.

Selain Tlerep dan Tokek terbang, ada lagi yang agak mirip, namun ini dari jenis mamalia yaitu Tupai Terbang. Yang ini sepertinya tidaklah terlalu heboh. Di desa saya dulu orang suka memeliharanya kalo pas menemukannya. Di desa saya tupai terbang dinamakan : “Walang Kopo”. Entah darimana asalnya kok disebut walang/belalang.

Maaf bukannya sombong atau sok pintar karena tahu makhluk-makhluk tersebut. Namun kehebohan itu menandakan bahwa banyak hal yang dimiliki bangsa ini namun tidak dikenal. Dan kadang bangsa ini terlalu heboh mengurusi hal yang kurang penting. 👿

Iklan

33 pemikiran pada “Makhluk [Biasa] Yang Bikin Gempar, Indonesia Yang [Sok] Heboh

  1. huahahaha.ngakak banget aku kalo ada tipi yang nyiarin ditemukan bunga bangkai.
    la mbok kalo mau ke wonogiri aja.mau berapa karung.tiap musim hujan pasti bermunculan tuh.bunga bangkai/suweg.dari yang kecil 20cm tingginya ampe yang tinggi gede sampe 70cm juga pernah ada.
    kalo si cicak terbang buanyak tuh di pohon2 kalo dikampungku namanya clarat.

    Suka

  2. wa..berarti masyarakat indonesia banyak yang tidak mengerti internet.. akibatnya kurang informasi.ha.a…a.a internet jendela dunia..tapi sayang..gak bisa nyari kambiku yang hilang..

    Suka

  3. jadi inget dulu juga ada heboh sampe disiarin di tv nasional… disebutkan ada naga air bertanduk… ditemukan di danau cibubur… ane dirumah ngakak… padahal cuma salamander… mungkin ada orang iseng yg buang di danau… tapi presenter tv bener2 keterlaluan blo’onnya… mengiyakan dan menyajikan informasi mentah2 tanpa melakukan investigasi… (insang eksternal disebut tanduk…wkwkwkwk)

    Suka

  4. yg paling atas itu bukannya tobil (anak kadal) ya?

    wartawane kiy wong kuto ya’e, masa kecile kurang petualangan, mung sobo kuto wae………dadi nak weruh kyk ngono kui yo gumunan…..
    gkgkgkkkk

    Suka

  5. Ping balik: Ternyata Masih Ada Postingan Blog Ini Yang Menempati SERP Tertinggi | IM Blog

  6. bukan … saya cuma mau ikut menanyakan tentang tabung kreasi reaksi maskur punya , saya tertarik dan ingin rasanya mendapatkan tabung reaksi kreasi tersebut , pertanyaannya dapatkah dan dimana saya dapatkan tabung kreasi raksi yang sama seperti maskur punya ? …

    Suka

Tinggalkan Balasan ke 1001nickname Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s