Jalur Keluar Purwokerto Via Gunung Tugel


Tulisan lokalan nih…

Keluar dari Kota Purwokerto menuju arah selatan umumnya melalui Sokaraja (timur) dan Patikraja (barat). Kedua jalur utama itu ramai dengan lebar jalan yang cukup lebar. Karena ramai jadi kurang nyaman untuk pesepeda motor yang ingin sedikit bebas dan melakukan perjalanan dengan santai.

Akhir-akhir ini saya memilih jalur Patikraja – Gunung Tugel – Purwokerto  jika melakukan perjalanan Cilacap – Purwokerto dan sebaliknya.

Untuk lewat jalur ini dari Andang Pangrenan/Eks terminal tinggal lurus ke selatan. Jalan mula-mula mulur dan lumayan lebar khas perkotaan. Setelah menanjak dan mulai menyempit. Setelah lewat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gunung Tugel, jalan agak rusak (kondisi sekarang), banyak lubang-lubang namun masih bisa dipilih – kan statusnya perjalanan santai-. Kemudian masuk jalur pedesaan kurang lebih 1 km, jalan berkelok-kelok sedikit, lalu masuk turunan yang juga masih berlubang, kemudian datar.

Setelah datar ini kita akan diberi “bonus” berupa trek lurus, mulus dan lebar dengan kanan kirinya sawah. Panjangnya saya ukur dengan odometer kurang lebih 800 meter.

Silahkan test topspeed anda di sini. :mrgreen:

Setelah jalur “cepat” ini kita akan masuk jalur Banyumas – Patikraja, tepatnya di desa Pegalongan. Jika akan kebarat bisa belok kanan menuju Patikraja. dari Patikraja ini kalo mau ke barat (Wangon dan Jawa Barat) bisa pilih jalur Rawalo yang menantang. Atau kalo mau santai ke selatan (Sampang) bisa lewat Kebasen.

Atau jika ke timur (Banyumas) kita belok kiri dari “trek lurus” di Pegalongan tadi.

Kita hitung jaraknya

8.3 kilometer dari perempatan Eks terminal Purwokerto sampai Patikraja. Kalo lewat jalur utama?

Ternyata lebih jauh kurang lebih 1 kilometer, lumayan. Pikiran bisa santai lagi.

Kalo dari Purwokerto (Eks Terminal lama) – Banyumas saya ukur via Google Map (jalur utama) = 16 km. Jika lewat Pegalongan = [6,4 (Purwokerto – Pegalongan) + 10,4 (Pegalongan – Banyumas)] = 16,8 kilometer. Lebih jauh 800 meter, namun jika lewat jalur utama, kita akan bertemu macet di Sokaraja serta jalur “penuh emosi” Sokaraja – Banyumas. Sedangkan jika lewat Gunung Tugel – Pegalongan – Banyumas, kita 95% melalui jalur sepi.

WordPressed by Samsung GT-S5830

Iklan

33 pemikiran pada “Jalur Keluar Purwokerto Via Gunung Tugel

  1. sayange setelah keluar dari pertigaan pegalongan, kalo ke arah banyumas (kiri) sekarang kendaraan2 besar juga suka lewat situ jadi ujung2nya macet juga a.k.a sabar nunggu dibelakang (mau nyalip lebar jalan sempit) 🙄

    Suka

  2. 3 minggu kemarin saya lewat jalur situ. niatnya mau nyante, tapi jalanan rusak di daerah tpa bikin gak bisa santai, sibuk milih2 jalan. apalagi shockbreaker depan blakang si gabby udah mati 😦

    masih mending jalur konvensional via sokaraja. apalagi setelah kalibagor udah diaspal mulus…

    Suka

    • ya Klampok, Somagede, Banyumas… Habis jembatan Serayu Banyumas belok kiri … tapi rute ini masih diperbaiki dan bermasalah, jadi rute nya sementara medan off road

      Suka

  3. Ping balik: Jalur Gunung Tugel Sekarang Mulus | Maskur's blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s