Persimpangan Yang Tidak Biasa


Di dekat Pabrik Semen Holcim kota Cilacap, ada satu persimpangan yang desainnya tidak biasa. Persimpangan yang perpotongannya tidak tegak lurus namun berbentuk seperti huruf “S” atau seperti 2 tikungan yang bersinggungan. Jalur “S” adalah Jalan Juanda, sementara yang lurus adalah Jalan Rinjani dan Damar.

Di persimpangan seperti ini karakternya termasuk rawan kecelakaan, terutama bagi yang tidak biasa melewatinya. Apalagi di sini hanya diterapkan 2 fase.

Fase adalah suatu rangkaian dari kondisi yang diberlakukan untuk suatu arus atau beberapa arus, mendapatkan identifikasi lampu lalu lintas yang sama. Mudahnya, satu fase adalah dimana lampu lalu lintas menyala dengan warna yang sama, misal sama-sama hijau atau sama-sama merah.

Untuk persimpangan di Cilacap ini fase-fasenya adalah sebagai berikut:

Jalan Juanda

Jalan Rinjani – Jalan Damar

Di masing-masing fase terdapat dua perpotongan jalur (lihat titik merah pada gambar). Intinya adalah “jalur lurus dari suatu arah berpotongan dengan jalur kiri dari arah beralawanan”. Sebenarnya hal ini hal yang sama terjadi di setiap persimpangan ber-fase 2. Yang membedakan adalah area persimpangan yang memanjang.

Sudah umum, banyak kendaraan yang memacu kecepatan selepas lampu merah. Dipersimpangan 2 fase yang umum, sebelum sempat memacu kecepatan, maka suatu kendaraan akan bertemu dengan arus dari arah berlawanan. Sedangkan di persimpangan “tidak biasa” ini selepas lampu merah ada kesempatan memacu kendaraan sebelum bertemu dengan arus dari arah berlawanan.

Hal ini ditambah dengan karakter orang yang menggampangkan. Sudah jelas ada tanda “belok kiri mengikuti lampu lalu lintas” namun tetap saja dilanggar. Sebagai contoh di fase 1, ditambah kendaraan dari Jalan Rinjani dan Damar yang belok langsung. Demikian juga ketika fase 2, kendaraan dari Jalan Rinjani dan Damar langsung belok kiri. Keduanya akan menambah titik perpotongan jalur.

Sekedar saran, sebaiknya persimpangan seperti ini memang menggunakan 4 fase untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Dan pengendara yang lewat akan lebih tenang menjalankan kendaraannya.

Iklan

10 pemikiran pada “Persimpangan Yang Tidak Biasa

  1. Ping balik: Nyaris! Adu Kambing | IM Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s