Ban-ku Krowak


Hmm..seaktu ada servis gratis dari Suzuki, saya sempat menyampaikan keluhan sambil mengecek ban belakang yang makin geal-geol saja. Jangankan lebat jalan cekung, cuma motong marka jalan saja sudah sempoyongan. Lha ternyata ada bagian ban belakang sepanjang kurang lebih 15 cm yang krowak! Bahkan di ujungnya kalo disentuh sudah mendut-mendut. Waduh bahaya nih, takut makenya. Seharian di garasi saja.

Besoknya segera sambangi bengkel variasi, nyari ban 16″, sukur dapat yang tubeless, kalo terpaksa tube tyre Ya Sudahlah..

Ternyata di Ariel Motor ada dan kebetulan tipe yang sama dengan ban sebelumnya yaitu Swallow Venom ukuran 80/90, mau naik 1 step selisih harganya lumayan, jadi standar sajalah.

Cukup murah dibanding ketika saya beli di Aneka Ban Ciputat tahun 2010 lalu yang cuma selisih 20 ribuan. Ongkos ganti juga cuma 5 ribu menggunakan alat khusus ganti ban.

Nggak kayak Rosso bapaknya Aura yang nggati bannya di tukang tambal ban. :mrgreen:

Setelah ganti ban, ban lama saya bawa pulang untuk di analisa ūüėĮ

Ternyata bagian yang sudah mendut-mendut itu masih lumayan tebal. Mungkin benar ini cacat produksi seperti kata Pak Camat, soalnya sepertinya lapisan luar dan dalamnya tidak menyatu. Namun bagaimanapun tetap ada efek ke lapisan dalam, buktinya sudah ada bercak tanda gesekan di bagian dalam ban.

Ternyata lur ban memang sudah menipis, maklum sudah 2 tahunan umur ban. Walaupun pemakaiannya tidak terlalu sering, maklum motor ibu rumah tangga kadang seharian tidak dipake. Di sini juga ditemukan beberapa paku yang “nyantol”, untungnya pake tubeless. Kalo pake tube tyre pasti sudah langganan ke tukang tambal ban. Bahkan bekas paku 8 centi tidak saya temukan.

Bisa jadi ban krowak itu karena cacat produksi. Orang di bengkel juga bilang bisa jadi karena ban terkena oli/cairan lain yang memperlunak. Bisa jadi memang benar, yang jelas setelah ganti ban, gejala megal-megol dan sempoyongan hilang sama sekali.

 WordPressed by Samsung GT-S5830

Iklan

18 pemikiran pada “Ban-ku Krowak

  1. kalo nanti pas malem2 mengalami hal yang sama, coba lagi kang. kalo sama kejadiannya bisa disimpulkan ada sentuhan non mekanikal yang bikin si motor sembuh. duh bisa jadi aritikel merinding series tuh. :mrgreen:

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s