Motor Heavy Duty


Di wilayah Cilacap yang berupa pegunungan, saya sering menemui motor-motor dengan modifikasi seperti gambar di bawah. Daerah tersebut seperti Karangpucung, Majenang, Wanareja dan Dayeuhluhur, untuk yang ini di daerah Sadabumi Majenang. Motor ditrondoli lalu dipasangi balok kayu memanjang, seukuran usuk. 

Buat apa sih? Ternyata motor seperti ini digunakan untuk mengangkut barang di medan-medan berat. Yang pernah saya temui adalah membawa karung beras depan belakang. Sampai penuh pokoknya. Yah semacam ojek barang begitu.

Ridernya tidak mikir kenyamanan, buktinya joknya dibuang dan digantikan oleh alas busa tipis diatas rangkaian balok kayu tadi. Ketika penuh muatan pun sang rider asal bisa “menaruh pantat” saja. Memang belum se-ekstrim Ojek Palang Cipatujah Tasikmalaya

Yang ini kebetulan menggunakan motor F1ZR bermesin 2 langkah yang mudah perawatannya.

Knalpot masih bagus, Rem  belakang nggak ada! 😯 tumben sekali, biasanya orang desa itu justru mengutamakan rem belakang. Pegas shock belakang menggunakan type heavy duty terus dibungkus karet. Suling shock depan juga sepertinya dipanjangkan. Karena tugas beratnya sepertinya motor seperti ini harus selalu prima kondisinya.

Selain F1ZR (dan kakaknya Force 1 tentunya) motor lain yang kerap dipakai untuk kerja semacam ini biasanya Yamaha RX series (K, S, King, Special) namun pernah saya lihat ada yang menggunakan Astrea Grand.

Tapi memang daerah-daerah gunung ini banyak motor yang dimodif untuk garuk tanah. Ajang lintas alam adventure dan grass track sepertinya juga jadi hal yang rutin. Motor harianpun tak luput kena wabah modif garuk tanah. Ojek barang ini sebenarnya salah satu korban modenya, namun digunakan untuk cari uang.

Iklan

17 pemikiran pada “Motor Heavy Duty

  1. Ping balik: Ketika Beat-pun Masih Terlalu Besar « Learning To Live

  2. Ping balik: Ojek Gerandong Di Daerah Datar | Learning To Live

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s