Rokok Pt. 8 Perokok Pandai Manajemen Uang


Ngobrol dengan salah seorang pegawai honorer di tempat kerja. Kebetulan baru pulang dari lapangan, cek pembangunan jalan. Di dashboard mobil terdapat beberapa bungkus rokok, padahal ketika berangkat tidak ada.

Terjadilah dialog:

IM = Saya; PH = Pegawai Honorer

IM : “Deneng akeh rokok?” (kok banyak rokok)

PH :”Iya mau diwei nang wong lapangan.” (iya tadi dikasih sama orang lapangan)

IM :”Siki rokok se-pes pira sih?” (sekarang rokok sebungkus berapa sih)

PH :”Sepuluh ewu.” (sepuluh ribu)

IM :”Nek sedina sebungkus berarti sewulan 300 ewu, nek si A itu sekang umah meng kantor 50 km, nggo bensin sedina 10 ribu berarti sewulan 200 ewu-5 dina kerja, sewulan ya entong 500 ewu yah?” (kalo sehari sebungkus berarti sebulan 300 ribu, kalo si A itu dari rumah ke kantor 50 km, untuk bensin sehari 10 ribu berarti sebulan 200 ribu-5 hari kerja, sebulan habis 500 ribu yah)

PH :”Iya urung servis turin motore.” (iya belum termasuk servis motornya)

Sampai di sini saya termenung… Pegawai honorer sebulan habis 500 ribu untuk rokok dan bensin. Padahal gaji pegawai honorer itu setahu saya tidak jauh dari angka itu. Belum lagi untuk biaya hidup dan kepentingan keluarga lain. Tidak habis pikir bagaimana mereka mengatur pengeluarannya?

Kalo dipikir-pikir para perokok itu mempunyai kemampuan me-manage uangnya dengan baik…

Iklan

19 pemikiran pada “Rokok Pt. 8 Perokok Pandai Manajemen Uang

  1. saya pernah mudik tengah malem..jam 1 dini hari jalan kaki nyari tukang betjak n akhirnya dcegat sekuriti ruko dket kost..dia nawarin ojekan k saya..saya bersdia n sepanjang jalan curhat gajinya minim..cuma 500 ribuan padahal ud punya anak istri..buat nambh2 akhrnya nyambi ngojek
    tp anehnya dia jg ngrokok yg harga per bungkusnya 11 ribuan..wkt saya tanya knp uangny malah dhbisin buat ngrokok,dia hany menjwb kalo pengen stop tp susah n sbnerny jg menyesal..hahaha..
    emang perokok hebat..

    Suka

  2. saya pernah mudik tengah malem..jam 1 dini hari jalan kaki nyari tukang betjak n akhirnya dcegat sekuriti ruko dket kost..dia nawarin ojekan k saya..saya bersdia n sepanjang jalan curhat gajinya minim..cuma 500 ribuan padahal ud punya anak istri..buat nambh2 akhrnya nyambi ngojek
    tp anehnya dia jg ngrokok yg harga per bungkusnya 11 ribuan..wkt saya tanya knp uangny malah dhbisin buat ngrokok,dia hany menjwb kalo pengen stop tp susah n sbnerny jg menyesal..hahaha..
    emang perokok hebat..:D

    Suka

  3. Mungkin ia bertahan dg gaji kecil jd honorer karena ada harapan diangkat jd PNS. Harapan itulah spirit hidup seorang honorer..

    Suka

  4. sebenarnya kata dokter ane ,ane tu dah g boleh ngeroko ,
    tp menurut bini ane bener tu kata dokter apalagi xlo ngeroko punya sendiri sangat2 diharam kan , malah dia nyaranin ambil ja roko temen,modal paru2 saja ,rokok minta korek pinjem .,., : D habis itu korek dikantongin (curanrex mode) qta untung dapur te2p ngebulll 😀 , hadwehhh cerita tetangga dibawa kemari .,.,

    Suka

  5. inget jaman kuliah, 1 bungkus 14-16$ (130-150 rebu) kalo sebulan bisa 8 bungkus yah itung sendiri. Ambil alternatif, bawa rokok dari jakarta maksimal 2 bos Sampurna (20 pak) sekitar 320 batang plus ditas jinjing dan kantong 4+1 bunguks (76 batang) (regulasi legal maksimal 200 batang)

    atur aja sehari maximal 3-4 batang, (abis makan siang, lagi ngopi sore, masing masing sebatang) sisain dua batang kalo pas ketemu temen nunggu tram sama sebelun tidur. jadi 1 bulan cuma 120 batang sekitar 7-8 bungkus.

    sisain 4-5 bungkus buat jualan. lumayan modal 13 rebu bisa jual 20 dolar (200rb) 4-5 bungkung bisa untung 800- juta 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s