Rute Cilacap-Banyumas Via Gunung Depok


Sekarang kalo perjalanan menggunakan motor agak malas kalo harus alias nyalip-nyalip kendaraan lain. Penginnya jalan santai dan bisa dinikmati. Karenanya untuk kegiatan sowan wong tuwa rutin, saya memilih jalur-jalur sepi dan lewat desa-desa, walapun kadangkala menemui jalan yang rusak, yang penting pikiran santai.

Seperti awal puasa kemarin saya memilih rute melewati Gunung Depok Banyumas. Dulu sudah pernah lewat sekali dari Banyumas, sekarang menempuh arah sebaliknya.

Setelah melewati kota Sampang saya ambil jalur lurus di pertigaan Sawangan. Masuk jalan yang aspalnya sudah hampir hilang, setelah rel kereta api menemui jalan desa yang mulus. Kemudian belok ke kanan dan ke kiri (ada rambu petunjuknya) dan setelahnya melewati jalan menanjak.

Mulai menanjak ini jalannya sepi, melintasi perkampungan, kebun jati dan lalu hutan pinus. Di sini berhenti sebentar menyegarkan mata dan pikiran dengan memandangi yang ijo-ijo serta menikmati pemandangan kota Sampang dari atas.

Sebagai informasi, jalan di sini lebarnya kurang lebih 2,5 m dengn kondisi yang cukup baik, belum lama diaspal ulang. Masuk wilayah kecamatan Banyumas ketemu jalan yang sedang di aspal. Lalu lewat area tower, wilayahnya Cak Poer dan Kang Inung. Setelahnya jalan menjadi lebih lebar namun banyak yang rusak.

Rute ini juga melintasi SATE BINANGUN

Turun gunung ada jalur lurus, panjang dan mulus di desa Pasinggangan. Wah cocok buat ngetrek nih? Tapi kan tujuan awal mau perjalanan santai, masa ngetrek juga.

Sekalian merekam rute tempuh dengan My Tracks

Rute Sawangan – Banyumas – Rumah

Grafik kecepatan dan ketinggian tempat. Ternyata Gunung Depok tidak terlalu jauh tingginya dibanding desaku Yang Kucinta Pujaan hatiku Tempat ayah dan bunda dan handaitaulanku Tak mudah kulupakan Tak mudah bercerai Selalu kurindukan Desaku yang permai… :mrgreen:

Karena jalan santai maka hasilnya seperti di atas. Lho kok ada max speed 68.76 km/h, padahal sepanjang direkam kecepatan maksimal paling 50 km/jam versi speedometer.

Eh kalo ada yang mudik naik motor lewat jalur selatan, lalu ketemu macet boleh nih lewat sini. Terus ngaso di Banyumas hehehe…

Iklan

13 pemikiran pada “Rute Cilacap-Banyumas Via Gunung Depok

  1. Wuahaha ada error bro. Wah ada kata-kata “handaitaulan”. Kata yang pernah singgah sebagai kata bahasa indonesia ya bro. Kata itu diserap dari bahasa apa ya handaitaulan 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s