Motor Jejak “Orang Mampu” Waktu Itu


Dari acara silaturahmi, kunjung mengunjungi sodara, kadang kita menemukan hal menarik. Salah satunya ketika saya sekeluarga mengunjungi salah seorang sodara yang dulunya adalah lurah sekaligus anak lurah di kelurahan saya. Lurah jaman dulu adalah seorang “priyayi”. Di sana terdapat salah satu jagoan Yamaha 2 tak berkubikasi 135 cc, full fairing.
image

Yamaha RZR ini dulunya hanya dimiliki oleh orang yang punya uang, kalo sekarang ini barangkali sekelas Ninja 250 atau CBR 250.

Ah kalo ninja ama CBR sih udah banyak, orang biasa juga ada yang punya.

Tapi ingat! jaman dulu orang masih sayang mengeluarkan duit banyak untuk sebuah motor. Makanya motor-motor mahal jaman dulu populasinya sedikit.

Sekarang sang RZR sudah tidak berkelas lagi. Barangkali dirawatpun tidak, sekedar jadi kenangan bahwa dulu sang pemilik adalah anak orang yang “pernah” kaya.

image

Kok “pernah”?

Iya sekarang bukan lurah lagi, bukan priyayi lagi. Memang masih “dihormati’ sebagai tokoh masyarakat. Namun secara finansial sudah jadi “orang biasa” lagi. Sang anak pemilik motor tadi juga tidak mewarisi “tahta” lurah, namun hanya pekerja biasa.

Yang tertinggal adalah rumah  tua berbentuk pendopo yang kali di daerah Banyumas dan sekitarnya hanya dipunyai oleh “priyayi”.

 

 

 

27 pemikiran pada “Motor Jejak “Orang Mampu” Waktu Itu

    • kalo Kepala desa sih iya, kalo lurah nggak tahu… nggak dapat, sama-sama dapat, atau dapet lebih banyak ya? soalnya Lurah kan PNS, kalo Kepala desa nggak… Soalnya aku asli desa sih…

      Suka

  1. Aduh…
    Menyedihkan sekali kalo ga dirawat. Pesen buat yang punya motor 2 tak :
    Rawatlah motor kalian sebaik2nya karena sebentar lagi motor kalian itu akan termasuk jadi motor antik.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s