Ojek Gerandong Ternyata Lumayan Juga, Tertarik?


Masih ngomongin ojek yang ekstrem, yang belakangan baru tahu namanya ojek gerandong. Kebetulan sempat dijemput dengan mobil yang sopirnya merupakan mantan Ojeker Gerandong ini. Ternyata penghasilan ojeker ini lumayan juga, pas musim proyek atau musim tebang kayu, seorang ojeker pemula bisa mendapatkan uang 1 juta per minggu, bersih. 😯

Penghasilan 1 juta bersih, berarti dalam 1 bulan bisa dapat 4 juta rupiah. Saya aja kalah hehehehe…. Biaya perawatan motor dan bahan bakar sudah ada tersendiri. Bearti aslinya lebih dari itu nilai borongannya. Yaa tapi itu tergantung dengan musim, kalau sepi ya tidak tentu.

Yang rutin selalau ada adalah membawa hasil bumi dari kebun yang tidak terjangkau jalan aspal. Misalnya untuk daerah Cilacap bagian pegunungan utara, barang yang diangkut adalah kolang-kaling.

Kalo musim bongkar kayu, baik Albasia atau juga ada kayu pinus, maka borongan pun tiba…panen, panen  bagi ojeker gerandongs.

Juga ketika ada proyek pemerintah, biasanya berhubungan dengan irigasi. Maka gerandonger ini dibutuhkan untuk langsiran material. Karena proyek semacam saluran dan bendung banayk dibangun di area yang tidak terjangkau jalan besar. Nilai borongannya kalau tidak salah 300 ribuan, satuannya agak lupa apakah per-rit atau kubik.

Lha di atas disebut pemula, lha yang sudah expert berapa? Kata sopir yang mantan gerandonger tadi, ojeker ahli ketika musim angkut tiba bisa mengantongi 2 sampau 2,5 juta per minggu, bersih! Wow! Sebulan 10 juta! Mau?

Motor yang digunakan adalah bermesin 2 tak, utamanya adalah RX King, alternatif lain RX Special atau Suzuki GP. Namun ada juga Bebek F1ZR. Mesin 2 tak dikenal mudah perawatannya karena lebih sederhana, mudah diakali, mekanik pelosokpun mudah menangani.

Selain itu ternyata rem belakang dicopot. Hah! Iya karena dianggap mengganggu, bisa nyangkut ketika lewat medan berat atau bersemak-semak. Bayangkan naik motor dengan beban berupa batu split, medan curam, pakaian seadanya namun hanya mengandalkan rem depan saja. Berani?

Iklan

29 pemikiran pada “Ojek Gerandong Ternyata Lumayan Juga, Tertarik?

  1. keren dan lucu trus kreatif banged,yang awal nya cuma dikit muatan nya,ditambah kreatif nya kayu,jadi bisa bikin angkutan barang2 gede,waaww luar biasa sih

    Suka

  2. Pernah tinggal didusun timbang,desa jambu, kec. wanareja kab. clp ada tuh motor macem ini. Di daerah tasik juga ada khususnya didaerah gunung. Sadiz ya… berat motor ga sama dengan bebannya.

    Suka

  3. Ping balik: RK King Second Mahal, Cari Di Desa « Learning To Live

  4. Ping balik: Ojek Gerandong Di Daerah Datar | Learning To Live

    • lha kuwe diwaca link2 artikele, wis keh aku nulis ojeg gerandong.. daerah Dayeuhluhur & Majenang lewih ekstrim tinimbang Penyarang

      Pada 22 Agustus 2013 14.09, Learning To Live

      Suka

  5. Ping balik: Gerandong Yang Bukan Ojek | Learning To Live

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s